Inilah Profesi yang Bisa Ditekuni Setelah Lulus dari Jurusan Sastra Indonesia

Banyak profesi yang bisa ditekuni setelah lulus dari jurusan Sastra Indonesia, loh. Terlebih lagi, dunia kerja saat ini kebanyakan terbuka untuk semua jurusan, asalkan memiliki kemampuan yang kompeten. Jadi, lulusan Sastra Indonesia tidak bisa dipandang sebelah mata lagi. Berikut ini ulasan lima dari sekian banyak prospek kerja dari jurusan Sastra Indonesia. Ada “bocoran” mata kuliahnya yang bisa menjadi bekal dari profesi tersebut, loh.


0

Tidak bisa dimungkiri bahwa banyak orang awam yang meragukan jurusan Sastra Indonesia. Pertanyaan yang sering muncul adalah “Mau jadi apa?” Padahal, ada banyak profesi yang bisa ditekuni setelah lulus dari jurusan Sastra Indonesia, loh. Terlebih lagi, dunia kerja saat ini kebanyakan terbuka untuk semua jurusan, asalkan memiliki kemampuan yang kompeten. Jadi, lulusan Sastra Indonesia tidak bisa dipandang sebelah mata lagi.

Berikut ini ulasan lima dari sekian banyak prospek kerja dari jurusan Sastra Indonesia. Ada “bocoran” mata kuliahnya yang bisa menjadi bekal dari profesi tersebut, loh.

1. Penulis

Sumber gambar: pixabay.com

Penulis ini konteksnya luas, loh. Secara umum, penulis dibagi menjadi dua, yaitu penulis fiksi dan nonfiksi. Untuk penulis fiksi, kalian bisa menekuni bidang penulisan novel, puisi, naskah drama, sampai naskah film. Sementara itu, untuk penulis nonfiksi, kalian bisa menemuki bidang penulisan konten kreatif atau copywriting.

Sastra Indonesia UI memiliki mata kuliah Kemahiran Bahasa Indonesia dan Penulisan Kreatif yang bisa menjadi dasar kalian untuk menulis. Dari kedua mata kuliah tersebut, kalian akan diajarkan menulis dengan metode deskriptif, naratif, argumentatif, hingga persuasif. Pastinya ini akan berguna banget kalau kalian mau menekuni dunia tulis-menulis.

BACA JUGA: 5 Hal Yang Bisa Kamu Lakukan Untuk Cari Uang Sambil Kuliah

2. Jurnalis

Sumber gambar: pixabay.com

Dengan kemampuan menulis yang kalian punya, kalian bisa menekuni profesi di bidang jurnalistik, baik di media cetak maupun media daring. Sastra Indonesia UI memiliki mata kuliah Bahasa Indonesia Jurnalistik yang akan memberi kalian pengetahuan mengenai penulisan berita sesuai kaidah bahasa Indonesia.

Namun, karena basic-nya adalah menulis, kalian harus mengembangkan kemampuan wawancara dan kemampuan pendukung lainnya melalui kegiatan di luar kampus jika ingin lebih serius pada profesi tersebut, seperti bergabung dengan UKM pers atau mengikuti kelas dari jurnalistik. Dengan demikian, kalian bisa mendapat insight lebih banyak yang akan mendukung profesi kalian.

3. Penyunting / Editor

Sumber gambar: pexels.com

Bukan rahasia umum lagi kalau anak Sastra Indonesia itu gatel banget kalau ada tulisan typo atau susunan kalimat yang salah. Bagaimana tidak, sebagai mahasiswa Sastra Indonesia, mereka memang dituntut untuk lebih teliti pada penulisan. Nah, ini bisa jadi peluang bagi kalian yang ingin menekuni bidang penyuntingan atau editing teks.

Sastra Indonesia UI memiliki mata kuliah Penyuntingan yang akan mengajarkan hal-hal yang berkaitan dengan penyuntingan teks. Apalagi, pada akhir semester, kalian akan ditugaskan untuk menyunting kumpulan teks dan mencetaknya menjadi bunga rampai atau antologi. Hal tersebut bisa menjadi latihan buat kalian dalam menyunting teks.

BACA JUGA: 15 Pekerjaan Sampingan Mahasiswa dengan Penghasilan Menjanjikan

4. Penyusun Kamus

Sumber gambar: pixabay.com

Seiring berjalannya waktu, sebuah bahasa akan terus berkembang dan mungkin menghasilkan kata-kata baru. Kata-kata baru tersebut tentunya perlu diklasifikasi, didefinisikan, dan dimasukkan ke dalam entri kamus. Selain itu, kata-kata yang sudah ada mungkin juga perlu didefinisikan ulang atau ditambahkan definisinya sesuai dengan penggunaannya yang mutakhir.

Nah, itulah tugas penyusun kamus secara umum. Setelah lulus dari Sastra Indonesia, kalian bisa menekuni profesi tersebut, loh. Apalagi, di Sastra Indonesia UI terdapat mata kuliah Pengantar Leksikografi yang akan mengajarkan kalian mengenai penyusunan kamus. Dengan dasar ilmu tersebut, mungkin saja kalian bisa bergabung dengan tim penyusun kamus atau bahkan membuat kamus versi kalian sendiri.

5. Aktor / Aktris

Sumber gambar: pixabay.com

Jangan kaget, Sastra Indonesia (khususnya di UI) bisa melatih kalian untuk menjadi aktor atau aktris, loh. Kok bisa? Soalnya jurusan ini punya mata kuliah Pengkajian Drama Indonesia yang akan mengajarkan kalian mengenai seluk beluk drama, mulai dari teorinya hingga bagaimana cara bermain drama yang baik dan benar.

Pada akhir semester, kalian akan diberi proyek untuk membuat penampilan drama. Eits¸ jangan dibayangin kalau penampilan dramanya cuma di depan kelas aja, ya. Kalian bakal diarahkan oleh dosen untuk membuat penampilan drama yang profesional, mulai dari menyiapkan panggung, tata musik, tata cahaya, tata rias dan busana, hingga cara akting yang baik. Wah, kebayang kan serunya membuat penampilan drama bersama teman-teman seangkatan.

BACA JUGA: Ini 5 Artis Alumni UI yang Turut Ramaikan Tagar #WisudaLDR2020

***

Nah, itu tadi lima di antara banyak profesi yang bisa kalian tekuni setelah lulus dari jurusan Sastra Indonesia. Masih banyak lagi profesi yang bisa kalian tekuni setelah lulus dari jurusan tersebut, misalnya pengajar bahasa, kritikus sastra, dan peneliti bahasa. Oh iya, mata kuliah tadi berdasarkan mata kuliah yang ada di UI, ya. Masing-masing kampus tentunya punya mata kuliah yang berbeda.

Apapun itu, kalian nggak boleh minder kuliah atau jadi lulusan Sastra Indonesia karena kalian punya ilmu tentang kemampuan basic yang digunakan oleh manusia, yaitu berbahasa. Ilmu tersebut tentunya bisa kalian aplikasikan pada banyak hal atau profesi. Jadi, masih ragu sama jurusan Sastra Indonesia?


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

like like
0
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf
Aniesa Rahmania Pramitha Devi
Language and Writing Enthusiast. Temui saya secara pribadi di aniesapramitha.medium.com . Baca artikel saya lainnya.

0 Comments

Leave a Reply