Inilah yang Dirasakan Saat Fitur Add-drop Menghilang dari SIAK-NG

Yang mau didiskusikan di sini adalah bagaimana add-drop itu sebenarnya menguntungkan sekaligus mengasyikkan–karena yang bikin untung gak selalu asyik, serius –untuk mahasiswa. Seberapa menguntungkan slash mengasyikkan sih add-drop itu?


0
Persetujuan PA via commdept

Hah? Add-Drop Udah Ilang? Add-Drop Dihapus? Kenapa?! Kenapaaaa??!!

Ya, itu yang terjadi pada sebagian besar mahasiswa ketika mengetahui fitur add-drop pada NPC master alias SIAK-NG tak lagi senyaman dulu. Kenapa deh? Entahlah.

BACA JUGA: Apa Jadinya Ya Kalau Kelas-kelas Ini Dibuka di SIAK-NG?

Yang mau didiskusikan di sini adalah bagaimana add-drop itu sebenarnya menguntungkan sekaligus mengasyikkan–karena yang bikin untung gak selalu asyik, serius –untuk mahasiswa. Seberapa menguntungkan slash mengasyikkan sih add-drop itu?

 

The beauty of it? Tutorial class

kamu bisa nyicip kelas yang kamu ambil via commdept
kamu bisa nyicip kelas yang kamu ambil via commdept

Keindahan dari fitur add-drop adalah kamu bisa nyicip kelas yang kamu ambil. Simple, elegan, cerdas. Ibarat main game, itu tuh tutorialnya. Ada berbagai alasan kenapa nyicip kelas itu enak. Mulai dari kamu bisa tau apakah si dosen ini menyenangkan atau malah menyengsarakan kamu selama satu semester ke depan. Iya dong? Cicip aja dulu sekali dua kali, kalo tobat ya drop aja. Kalo materinya susah kamu gak ngerti atau kamu gak suka, bisa drop juga. Daripada di akhir semester IPK terjun bebas gegara kuliah belanja nilainya D? Ya, gak?

BACA JUGA: Tujuh Macam Grafik IPK di SIAK-NG

Yang lebih indah lagi adalah buat kamu-kamu yang iseng cari jodoh di kelas-kelas campuran. Males sama temen sejurusan, akhirnya kamu melalangbuana menebas batas sana-sini nyicipin kelas sampe lintas fakultas. Kalo ternyata subyek yang ada tidak menjanjikan, kamu bisa drop itu kelas dan add kelas lain yang lebih menjanjikan kamu peluang menanggalkan status jomblo.

Menguntungkan sekaligus mengasyikkan.

 

Bad side–terhitung absen

Terhitung absen via commdept
Terhitung absen via commdept

Ya ya ya, bahkan yang paling cantik pasti punya flaw. Yang menyengsarakan dari add-drop masa lalu adalah ketika kamu drop satu kelas dan nge-add kelas satunya, kamu kehilangan jatah absen kamu di kelas baru karena kamu gak hadir beberapa pertemuan sebelumnya. Kehadiran di kelas sebelah gak diitung. Yah, sebel.

 

Even more bad side–drop and don’t get replacement

Even more bad side–drop and don’t get replacement via
Even more bad side–drop and don’t get replacement via Photo Credit: Jirka Matousek via Compfight cc

Hey hey hey, kok ada bad side lagi?

Bagian paling menyedihkan dari skenario add-drop adalah kamu ngedrop tapi gagal nge-add. Kamu berhasil drop kelas yang gak menjanjikan namun ternyata kamu gak dapet kelas sama sekali yang bisa di-add gegara kelasnya pada penuh semua. Melayang sudah tuh sks.

BACA JUGA: Akankah Kita Akan Menjadi Koruptor Selanjutnya?

Melayang sudah upaya menaikkan nilai sambil nyari jodoh. Skenario ini sedih banget karena secara konsep sama kaya kehidupan asmara. Kamu putusin si dia, tapi akhirnya jadi jomblo merana karena gebetan gak ada yang mau sama kamu.

 

Persetujuan PA

Persetujuan PA via commdept
Persetujuan PA via commdept

Ini mungkin—mungkin loh ya, saya cuma nulis di anakui.com, bukan system developer SIAK-NG –yang jadi alasan kenapa add-drop gak senyaman dulu. Karena gak semua PA bisa dihubungi macam pacar kamu, gak semua PA bisa gak punya kesibukan lain selain ngurusin kamu. PA itu dosen, dan mereka gak selalu punya waktu luang untuk ngurus kutu loncat kaya kamu yang kerjaannya add-drop kelas udah kaya main tambah-tambahan di kalkulator. Ya, kadang mahasiswa emang suka gitu, berasa turis mancanegara yang bisa sembarang mengunjungi lokasi wisata.

Persetujuan PA ini jadi perkara yang runyam karena bisa aja masa add-drop sudah berlalu tapi kamu belum juga disetujuin IRSnya. Atau kamu belum menyelesaikan add tapi malah bapak/ibu PA hiperaktif proaktif ngasih kamu persetujuan. Runyam deh tuh perkara.

Sebentar, katanya kita ngomongin keuntungan dan asyiknya add-drop? Kok jadi malah banyak yang ga asiknya sih? Lah iya, emang ada untungnya, tapi gak semua yang menguntungkan itu asyik. See? I made my point.

Ayo, share tulisan ini via Facebook, Twitter dan Line, berbagi ‘keasyikan’ dan ‘keuntungan’ add-drop sama penggemar add-drop di seantero UI!


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

like like
0
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf
Admin anakUI.com
Semua postingan resmi dari anakUI.com, baik itu pemberitahuan, info, dan lain-lain, hanya diposting dari akun ini. Follow juga twitternya @anakuidotcom dan FB Fanpagenya.

0 Comments

Leave a Reply