Inspirasi dari Buku #KENdanKASKUS (Biografi @KenDeanLaw, CEO Kaskus)


0

Kamis, 27 Juni 2013 yang lalu, anakUI.com dapet undangan dari Kaskus. Ya Kaskus yang The Largest Indonesian Community itu loh, undangan buat main ke kantornya di daerah Kuningan.  anakUI.com diwakili oleh founder-nya, @ilmanakbar dan web adminnya, @dedeobi.

Ngapain anakUI.com ke sana? Kita diundang untuk menghadiri peluncuran buku Ken Dean Lawadinata, CEO Kaskus, yang berjudul “Ken & Kaskus: Cerita Sukses di Usia Muda“. Btw, yang tahu Andrew Darwis atau Mimin, Andrew adalah pendiri Kaskus. Namun Ken ini yang jadi CEO alias pemimpin bisnis di perusahaannya.

Singkat cerita, buku Ken & Kaskus ini udah di tangan saya dan segera saya baca. Kesan pertama ngeliat cover buku berwarna kuning ini “wuih, bener2 pede si Ken ini, covernya aja fotonya dia sendiri!”.

Buku Ken & Kaskus
Buku Ken & Kaskus

Jangan heran, Ken emang udah dikenal di mana-mana kok. Dia sering sharing ke kampus-kampus (hmm, UI pernah ga sih?), ngomong di berbagai event, dan yang paling bikin namanya dikenal itu waktu Kaskus dapet suntikan dana investasi dr GDP Venture (grup Djarum) belum beberapa tahun lalu.

Kembali ke bukunya, buku ini ditulis oleh mbak Alberthiene Endah (biasa dipanggil mbak AE). Mbak AE ini emang spesialis penulis biografi orang-orang sukses dan tokoh publik, seperti Chrisye, Krisdayanti, Jokowi, dan sebagainya.

“Lho, Ken kok udah diprofilin, emang dia siapa? Emang selevel dengan mereka-mereka yg lain?”

Nah, ini alasan mengapa kamu harus beli & baca buku Ken & Kaskus ini: Ken udah memimpin Kaskus, sejak usianya 22 tahun! Sekarang usianya 27, dan dia adalah salah satu CEO muda Indonesia yang perjalanan hidupnya sangat unik dan bisa menginspirasi kita! Umur 22 kita bisa ngapain sih? Paling juga baru lulus atau masih nulis skripsi.. Nah Ken di usia 22 udah memimpin Kaskus, hingga sampe sekarang bisa jadi situs lokal yang membanggakan.

Seperti buku biografi yg lain, isi buku ini ya perjalanan hidupnya Ken. Satu hal yang palin menarik perhatian saya adalah kehiupannya masa kecil di keluarga dan sekolah. Kita tahu kan, kehidupan kita di masa kecil itu adalah yang membentuk diri kita terbawa hingga dewasa.

Ken bisa seperti sekarang, jadi anak muda yang kreatif, sukses dan pastinya BEDA dengan anak-anak muda lain seumurannya, karena dia punya masa kecil yg BEDA juga. Dia cerita bawa ia belajar ilmu bisnis dari kakek dan papinya yg keduanya punya watak yang berlainan. Hasilnya ia punya insting bisnis seperti sekarang. Dia juga cerita bahwa dia bandel di sekolah. Bandel dalam arti, ia selalu mmpertanyakan “kenapa begini, kenapa begitu?” Seakan-akan kalau anak mau sukses di hidup, mereka harus jago menghafal, matematika, dsb.

Sikap rebel Ken membawanya pindah-pindah sekolah, hingga pindah ke Perth, Australia dan akhirnya dikuliahkan ke Seattle, Amerika Serikat. Aslinya, papinya mengharapkan Ken meneruskan perusahaan yang didirikan kakeknya (sekarang sudah berkembang sangat besar dengan berbagai anak perusahaan). Tapi sifatnya yang menyukai tantangan membuatnya tidak teratrik dengan perusahaan keluarga.

Seattle mengubah hidupnya karena di sanalah ia pertama kalinya bertemu Andrew Darwis, sang Mimin Kaskus (bocoran: ternyata Mimin masih sepupu jauhnya Ken!). Sejak Ken bertemu Andrew tahun 2004, dirinya berubah, dan Kaskus pun berubah. Bisa dibilang, pertemuan Ken & Andrew itu adalah “titik balik” Kaskus.

Singkat cerita, berkat perjuangan Ken dan Andrew (beserta para karyawan serta dukungan Kaskuser serta pihak-pihak lain tentunya), Kaskus bisa sebesar sekarang. Mengetahui suatu kesuksesan cuma membuat kita bilang, “ooh, begitu” dengan nada datar. Tapi mengetahui cerita perjuangan di balik kesuksesan itu akan membuat kita berseru, “aha! ternyata begitu!”, dengan nada bersemangat karena kita mendapatkan banyak pelajaran dan inspirasi yang bisa kita terapkan.

Entah kamu cuma pengen tahu kisah awal Kaskus, atau emang pengen dapet inspirasi dari Ken, serius, ini buku yang sangat berharga buat dibaca!

 


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

like like
0
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf
Admin anakUI.com
Semua postingan resmi dari anakUI.com, baik itu pemberitahuan, info, dan lain-lain, hanya diposting dari akun ini. Follow juga twitternya @anakuidotcom dan FB Fanpagenya.

0 Comments

Leave a Reply