Introvert Masuk Jurusan Ilmu Komunikasi? Bisa Nggak, Ya?

Tapi sebenarnya, apakah Ilmu Komunikasi benar hanya untuk orang-orang ekstrover yang senang bergaul dan bersosialisasi? Terus gimana dong kalau misalnya kalian seorang introvert, dan ingin melanjutkan pendidikan di jurusan ilmu komunikasi?


0

Apa sih hal-hal yang pertama kali terlintas di benak kalian ketika mendengar mengenai jurusan “Ilmu Komunikasi”? Jujur aja, pasti nggak jauh-jauh tentang perkumpulan orang-orang yang suka ngomong dan berhubungan sosial dengan orang lain. Gak heran, banyak anak komunikasi yang supel, sering tampil di depan umum, bahkan aktif menjadi influencer.

Tapi sebenarnya, apakah Ilmu Komunikasi benar hanya untuk orang-orang ekstrover yang senang bergaul dan bersosialisasi? Terus gimana dong kalau misalnya kalian seorang introvert, dan ingin melanjutkan pendidikan di jurusan ilmu komunikasi?

Ternyata bisa aja loh guys, seorang introvert menekuni ilmu komunikasi. Ada beberapa hal yang perlu kalian ketahui mengenai introvert dan kenapa seorang introvert juga cocok untuk masuk ilmu komunikasi. Yuk kita bahas bareng!

1. Ilmu itu bisa dipelajari siapa saja

Siapa aja bisa belajar ilmu komunikasi, termasuk para introvert! (Sumber: edukasi.kompas.com)

Pada dasarnya, semua ilmu itu bisa dipelajari oleh siapa saja, kan? Termasuk seorang introvert maupun ekstrover. Memang, skill komunikasi itu merupakan salah satu yang dibutuhkan banget ketika menjadi mahasiswa Ilmu Komunikasi. Namun, hal itu pasti banget bisa dipelajari dengan ketekunan dan passion. Jadi, kalau kalian memang mau, sikat aja!

2. Introvert berbeda dengan pemalu

Kalau ngomongin tentang kepribadian introvert, pasti yang kita ingat adalah seseorang yang super pendiam dan malu-malu. Padahal, introvert gak selalu seorang pendiam loh, guys! Memang, orang-orang dengan kepribadian introvert akan cenderung untuk menutup dirinya dari orang lain dan lebih terbuka kepada beberapa orang yang dia percaya aja. Namun, hal itu gak menjadikan dia seorang pendiam. Mungkin saja dia memang gak terbuka tentang dirinya, namun mau berbicara untuk menyampaikan pesan atau mendengarkan pembicaraan orang lain.

BACA JUGA: Rasa Kesepian Memuncak di Masa Kuliah, Wajar Nggak Sih?

Seorang introvert juga akan menemukan energi ketika mereka menghabiskan waktu sendiri. Tapi, gak berarti mereka gak suka untuk bertemu dengan orang lain, loh. Setelah energi mereka terisi, tentu ada beberapa introvert juga yang memilih untuk bersosialisasi dengan orang lain meski tidak seekstrim para ekstrover. Kalau kalian gimana, nih?

3. Ilmu Komunikasi gak hanya soal berbicara, namun mengenai menyampaikan pesan

Ilmu komunikasi itu tentang menyampaikan pesan. (Sumber: freepik)

Sebelum menyimpulkan kalau Ilmu Komunikasi itu khusus untuk orang-orang yang senang berbicara dan bersosialisasi (atau istilah kerennya social butterfly), kita perlu tau dulu nih definisi dari “komunikasi”. Nah, komunikasi itu apa sih?

Komunikasi (KBBI) n pengiriman dan penerimaan pesan atau berita antara dua orang atau lebih sehingga pesan yang dimaksud dapat dipahami; hubungan; kontak

Artinya, menyampaikan pesan itu gak harus dari berbicara, kan? Dari desain, dari tulisan, dari foto, artikel atau konten yang kita buat, kita bisa menyiratkan sebuah pesan didalamnya. Di Ilmu Komunikasi, kita akan belajar gimana cara menyampaikan pesan tersebut dengan efektif dan maksimal. Makanya, untuk kalian yang gak begitu suka ngomong tapi punya banyak ide-ide kreatif untuk mengefektifkan penyampaian pesan, jurusan Ilmu Komunikasi itu cocok banget buat kamu!

4. Introvert bisa jadi pendengar yang baik

Introvert dapat dengan mudah memahami sebuah pesan. (Sumber: freepik)

Introvert itu terkenal gak banyak ngomong. Namun, itu bukannya kekurangan loh! Malah, itu jadi kelebihan karena artinya introvert bisa lebih diam dan fokus dalam mendengarkan pesan yang disampaikan lawan bicaranya. Jadi, pesan bisa tersampaikan dengan efektif.

Dan gak hanya itu saja! Introvert juga terkenal sebagai pribadi yang sangat fokus, jadi akan lebih mudah bagi introvert untuk memahami sebuah pesan baik dalam bentuk visual, audio, maupun audiovisual.

BACA JUGA: Teruntuk Kamu yang Introvert: Jangan Minder, Sesungguhnya Kamu itu Berharga.

5. Introvert bisa menganalisa dan memecahkan masalah dengan baik

Nah, ini yang paling keren. Dengan kemampuan fokus yang dimiliki oleh para introvert, mereka dapat menganalisa sebuah masalah dan memecahkannya dengan baik. Introvert lebih fokus dan lebih teliti dalam berpikir, jadi mereka akan lebih hati-hati dalam bertindak dan memikirkan segala kemungkinan.

Selain itu, introvert juga akan lebih kooperatif ketika menyelesaikan masalah sebuah kelompok, karena mereka tidak akan terlalu dominan dan mencoba untuk memahami banyak hal dari berbagai sisi dengan mendengarkan anggota timnya yang lain.

6. Banyak tokoh terkenal yang merupakan seorang introvert

Bunda Maia ternyata juga seorang introvert yang cuek, loh. (Sumber: Tribunnews.com)

Nah, untuk membangkitkan semangatmu lagi, banyak loh tokoh-tokoh terkenal yang seorang introvert. Beberapa di antaranya ada Ir. Soekarno presiden pertama Indonesia, Bill Gates, J.K. Rowling, hingga mantan presiden Amerika Serikat, Barack Obama. Gak hanya tokoh-tokoh tersebut saja, loh. Banyak juga artis-artis pekerja dunia hiburan (yang tentu membutuhkan skill public speaking yang baik) yang ternyata seorang introvert, seperti Emma Watson, Zayn Malik, Lady Gaga, hingga Maia Estianty yang merupakan lulusan Komunikasi UI, loh! Artinya, menjadi introvert bukanlah suatu halangan untukmu menjadi seorang pemimpin dan berprestasi, loh.

***

Menjadi introvert itu bukan suatu kekurangan. Malahan, itu merupakan suatu keuntungan karena kalian memiliki kemampuan fokus yang lebih baik serta lebih mudah memahami pesan dari orang lain. Untuk kalian para introvert yang ingin mencoba masuk jurusan Ilmu Komunikasi, gunakanlah kepribadianmu untuk memaksimalkan kemampuanmu. Semangat!

Sumber gambar Ilustrasi Introvert. (Sumber: freepik)

BACA JUGA: 5 Tempat di UI Ini Ramah untuk Kamu yang Introvert


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

like like
0
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
1
sumringah
wtf wtf
0
wtf
Ameni Nazaretha
Mahasiswa Ilmu Komunikasi UI yang suka menulis dan bermusik. Connect with her on LinkedIn.

0 Comments

Leave a Reply