Ironi di Tengah Peradaban


0
Pak Polisi menggunakan mesin ketik
Pak Polisi menggunakan mesin ketik

Apa yang anda lihat dari gambar di atas? Yap, tepat sekali. Seorang Bapak Polisi yang sedang mengetik dengan mesin tik.

Apa? Mesin ketik? Iya, mesin ketik..

Perlu teman-teman ketahui, foto ini saya ambil secara iseng dengan kamera hp 2.0 Mp (jadi maklum aja klo gambarnya agak burem, soalnya membelakangi arah datang cahaya juga) pada selasa 19 Mei 2009 ketika saya harus mengurus surat keterangan kehilangan untuk mengganti kartu ATM saya yang memang saat itu sedang hilang di gedung biru Pocin.

Alhamdulillah pelayanan disana sangat baik, dan kita tidak dipersulit.

Pertama kali melihat bapak polisinya mau ngetik pakai mesin ketik, saya agak kaget juga.

Hari gini masih pake mesin ketik??!!

Saya mencoba mengobrol dengan bapak juru ketiknya, dan saya bertanya”Pak, kenapa masih pake mesin ketik sih? Kan sekarang sudah ada komputer”

“Haha, kita sih juga maunya pake komputer mbak, tapi dari UInya belom ngasih.”

wow, betapa ironi sekali. Di tengah peradaban yang dimana semua orang sudah menggunakan komputer, polisi masih harus menggunakan mesin ketik yang penggunaannya bisa dikatakan lumayan ribet. Padahal jika kita bandingkan dengan menggunakan komputer, efisiensi waktunya akan sangat signifikan. Mungkin untuk saat ini belum menjadi begitu masalah karena memang yang membutuhkan pelayanan ini tidak begitu banyak, dan mungkin hanya datang satu-satu. Tapi bisakah teman-teman bayangkan jika pelayanan kepolisian yang membutuhkan urusan ketik mengetik membludak dan mengantri panjang?

Hhhmm.. tanggung jawab siapa yah ini? Rektorat UI? Atau kepolisian Depok? Atau bahkan keduanya?

Kika


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

like like
0
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf
kika

8 Comments

Leave a Reply

  1. sungguh memprihatinkan ya. mungkin juga terjadi di tempat pelayanan publik lainnya, seperti puskesmas, kelurahan dan kecamatan(?)
    saya yakin pak polisi itu tak ‘gatek’ soal komputer minimal untuk mengetik file dokumen.

  2. Hi,,hi..
    Jadi inget, beberapa waktu lalu saat silahturrahim dengan seorang teman ke ‘gedung biru’ yang biasanya hanya sekedar lewat dan melintas di depannya.
    Tadinya mau cerita, tapi akhirnya dah ada yang ceita di sini.
    Hiya, bener banget awalnya saya juga sempet kaget kalo ternyata masih ada mesin ketik di zaman begini yang katanya sih dah techno punya..!!
    Kalo dipikir2, kasihan juga ya aparatur kita, bener2 jauh tertinggal dengan beberapa negara2 tetangga kita..!!
    Tapi, gak pa2 juga deh..!! Anggap aja, itu sebagai langkah melestarikan barang2 langka dari kepunahan. Saya aja sempat bernostalgia dengan masa kecil saya yang belajar ngetik pake mesin tik dengan jurus sebelas jari, dan banyak banget di tip-ex saking sering salahnya.
    Tapi, so far..pelayanan di sana gak berbelit kayak di kantor polisi lain yang pernah saya datangi (hola…pengalaman banget keluar-masuk kantor polisi), bapak2nya juga ramah2. Hoo..ho..ho..

  3. wah, miris banget Liatnya..
    padahaL,, saat ini dimana-mana kita udah biasa banget Liat orang pegang bLackberry,, onLine di cafe pake Laptop,,
    tapi pak poLisi kita masih pake mesin tik..
    ckckk..
    ini yang saLah siapa ya?
    pemerintah yang gak nyediain fasiLitas ato pak poLisi yang gak bs pake komputer?

  4. Salah sendiri, anggaran banyak, kok beli komputer g bisa. Salah sendiri, waktu banyak, kok gak mau belajar.

    Atau mereka tidak salah? Karena untuk dokumen tertentu harus menggunakan mesin ketik?

  5. kalo memang dengan mesin ketik pekerjaan lebih cepat hemat sumber daya kaya listrik dsb..kenapa harus pake komputer daya yang sedemikian besar…

    lagian juga hanya untuk mengisi formulir kaya misalnya kehilangan dan sebagainya…

    penggunaan mesin ketik ribet?…ah siapa bilang, gw juga punya mesin ketik, ringan ko….belum pernah nyoba aja …

    kita kadang tertipu oleh silau teknologi…..padahal dengan sesuatu yang sederhana bisa langsung mengatasi masalah…..[contohnya mengisi formulir dengan mesin ketik]

  6. masih banyak polsek – polsek yang menggunakan mesin tik untuk melayani pembuatan surat kehilangan. anggaran yang di usulkan oleh para kapolsek belum turun – turun. sehingga tidak bisa membeli komputer selain itu ada juga komputer tetapi tak ada anggaran untuk perawatannya.

  7. Boleh juga pendapatnya ozenk.. Bner bgt, computer itu bukan sekedar alat ketik. Justru klo luw pake laptop tapi cuma buat ngetik word, excel, ppt, itu sangat patut dipertanyakan. Klo butuhnya ngetik doank, ya cocoklah mesin tik. Mgk kita perlu berpikir lebih luas lagi, tu gedung biru butuhnya kperluan apa aja.

Choose A Format
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals