It’s Time to Blast! Cara Belajar yang Menyenangkan untuk Persiapan Ujian


0

Waktu berputar mengantarkan kita ke penghujung tahun.
Banyak hal menunggu kita, salah satunya ujian akhir!

Wuhuw…setelah satu semester penuh kita berkutat dengan kelas-kelas, tugas-tugas, proyek-proyek, praktikum-praktikum, dan berbagai asistensi, sekarang waktunya kita untuk unjuk aksi kita bertarung dengan uji kemampuan displin ilmu yang kita dalami.

Sebelum memulai, ada baiknya kita berbagi informasi dan pengalaman cara belajar yang menyenangkan untuk persiapan ujian…

Ada beberapa hal yang bisa dibagi nih…

  1. Beri stimulus ke hati dan pikiran kita dengan memasang wewangian yang kita sukai di ruangan tempat belajar. Bisa wewangian yang segar dan memicu semangat, seperti buah lemon, lime, apel, atau mineral oil; atau juga yang bisa buat kita rileks dari stres sindrom pra-ujian, seperti lavender, cokelat, atau melati. Atau punya wewangian favorit pribadi? Name it!
  2. Kenali cara belajar yang efektif bagi diri sendiri. Perlu baca bahan kuliah di tempat yang tenang? Suka diskusi dengan teman-teman untuk bahas soal atau kasus? Biasa latihan ngoding di komputer sambil dengerin musik? Lebih sering nge-resume lagi catatan, bahan presentasi, dan buku-buku referensi dalam semalam? Atau justru perlu melafalkan hafalan catatan? Itu semua tergantung pribadi masing-masing, dan pastikan cara apapun yang kita gunakan tidak mengganggu orang lain yang punya cara belajar berbeda.
  3. Ingat istirahat dan tidur. Seberat apapun ujian besok, sebanyak apapun bahan yang harus kita baca ulang, segila apapun kasus yang kita pikirkan dosen akan berikan ke kita, yang kita butuhkan adalah istirahat di sela-sela kesibukan belajar kita. Istirahat bisa berupa dengerin musik favorit, iseng update status di Facebook, olahraga kecil, makan cemilan, atau apapun. Ingat tubuh kita harus disayangin… tidur juga wajib. Atur waktu belajar dengan baik sehingga kita punya waktu untuk tidur biar esok harinya kita sehat.
  4. Makan teratur tetap masuk to-do-list. Jangan sampai aktivitas belajar kita buat kita lupa untuk makan, ibadah, dan mandi…
  5. Jangan lupa berdoa. Semoga yang kita lakukan itu diridhoi, dimudahkan, dan dinilai sebagai ibadah. Dia-lah pemilik ilmu pengetahuan dan pada dialah kita berserah diri setelah berusaha…
  6. Jika semua sudah disiapkan, hal teknis dan non-teknis pra-ujian terpenuhi…sekarang waktunya untuk ‘perang’! It’s time to blast, pals!

Mudah-mudahan nilai ujian kita sebanding dengan usaha kita. Target dan ambisi untuk dapat nilai bagus itu perlu, tapi jangan sampai buat kita jadi gila dan tidak manusiawi. Beberapa hal yang disebutkan sebelumnya mungkin perlu ditambah dan dilengkapi, karena Penulis hanya berbagi hal-hal yang kadang kita lupakan…

Selamat ujian teman-teman…


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

like like
0
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf

2 Comments

Leave a Reply

  1. Sbnrnya sy bukan anak UI,tp sy punya ambisi dr kecil msuk UI.sy dari sma neg 1 campalagian sulbar.trimakasih.artikel yg anda buat sgt membantu sy untuk trus smgt belajar.semoga sukses.