Nonton film merupakan salah satu cara cepat untuk belajar bahasa Inggris. Melalui film dengan bahasa Inggris, kita bukan saja belajar tata bahasa atau grammar, tetapi kita juga melatih indera pendengaran kita. Tidak itu saja, kita juga ikut dapat berlatih bicara dalam bahasa Inggris, seperti yang dilakukan para pemeran dalam film yang kita tonton. Tulisan ini akan menjelaskan cara cepat belajar bahasa Inggris lewat nonton film.

Memang betul bahwa nonton film adalah cara cepat belajar bahasa Inggris yang mengasyikan. Tetapi, Anda harus pastikan bahwa jangan asal nonton saja. Tentunya, ada hal-hal yang wajib Anda lakukan supaya kegiatan nonton film tidak hanya sekadar nonton film.

Persiapan Sebelum Nonton Film

Persiapan Sebelum Nonton Film. (Sumber:)

Persiapan Sebelum Nonton Film. (Sumber:Photo Credit: amacedo via Compfight cc)

Sebelum Anda nonton film dengan tujuan untuk belajar bahasa Inggris, Anda harus menentukan terlebih dahulu, aspek kemampuan listening mana yang ingin dipelajari. Misalnya, ingin mempelajari perbendaharaan kata atau memperbanyak kosakata yang dalam bahasa Inggris dikenal dengan istilah vocabulary. Berarti, Anda harus memperhatikan kata per kata pada percakapan yang berkaitan dengan suatu topik tertentu.

advertisement

Berbeda halnya, jika Anda ingin memperluas kemampuan dalam memahami bahasa lisan atau spoken english. Jika seperti ini, Anda harus memperhatikan bagaimana pengucapan atau pelafalan para pemain dalam film tersebut. Tentukan hal mana yang ingin Anda pelajari ketika menonton film bahasa Inggris. Bisa memperluas kosa kata, kemampuan pelafalan atau bahkan keduanya.

 

Memilih Film

Memilih film. (Sumber:)

Memilih film. (Sumber:Photo Credit: Dave – aka Emptybelly via Compfight cc)

Setelah tau apa yang ingin Anda pelajari, mulailah memilih film apa yang ingin Anda tonton. Cari juga informasi mengenai para pemeran tokoh dalam film tersebut, lalu bagaimana jalan ceritanya atau sinopsisnya. Menonton film dengan pemeran tokoh atau genre favorit Anda, tentu akan membuat belajar bahasa Inggris melalui film akan lebih terasa mengasyikan.

advertisement

Pilihlah film yang sesuai dengan tujuan Anda belajar. Baik itu belajar tentang kosakata ataupun pelafalan. Untuk mengetahuinya, Anda bisa mencari subtitle-nya dan cek bahasa Inggris apa yang digunakan. Apakah itu bahasa Inggris American, British, atau Australian, biasanya mereka memiliki aksen tersendiri.

Dalam memilih film Anda bisa cari film-film rekomendasi dari orang-orang sekitar. Film yang memiliki alur cerita yang bagus tentu akan membuat Anda lebih tertarik dan bertahan untuk belajar. Jangan asal dalam memilih film, bisa-bisa Anda bosan dan akhirnya memutuskan untuk tidak menyelesaikan film tersebut sampai selesai.

 

advertisement

Pastikan Subtitle Bahasa Inggris

Subtitle bahasa Inggris. (Sumber:)

Subtitle bahasa Inggris. (Sumber:Photo Credit: DaveBleasdale via Compfight cc)

Cek dulu apakah film yang Anda pilih dan tonton untuk belajar bahasa Inggris sudah ber-subtitle bahasa Inggris? Jika ternyata belum, Anda bisa mencari subtitle bahasa Inggris melalui mbah Google. Subtitle akan membantu Anda memperluas kosakata baru yang akan Anda pelajari.

Mengapa juga harus mencari subtitle berbahasa Indonesia? Karena subtitle ini digunakan untuk membandingkan subtitle bahasa Inggris. Jadi Anda tidak perlu repot menerjemahkan kosakata bahasa Inggris dengan menggunakan kamus. Tinggal baca terjemahannya dalam bahasa Indonesia, Anda sudah tau apa maksud dari kalimat tersebut

Jadi, pada film tersebut akan menampilkan 2 bahasa yang berbeda, satu berbahasa Indonesia dan satu berbahasa Inggris. Jika Anda kesulitan mengatur agar film yang Anda tonton bisa menampilkan dua bahasa, Anda bisa menggunakan aplikasi tertentu yang akan membantu Anda. Lalu unduh subtitle film yang akan Anda tonton di website khusus penyedia subtitle berbagai film.

advertisement

Jika Anda merasa mampu, coba untuk mengartikan satu bagian tertentu dari film yang Anda tonton. Setelah itu, coba Anda bandingkan hasil terjemahan Anda dengan subtitle bahasa Indonesia yang ada di film tersebut.

Mendengarkan

Mendengarkan. (Sumber:)

Mendengarkan. (Sumber:Photo Credit: Orin Zebest via Compfight cc)

Catatlah kata-kata yang masih terasa asing di telinga Anda lalu carilah artinya. Perhatikan bagian film satu per satu. Jika Anda ingin mempelajari pelafalan atau pengucapan, sebaiknya memutar bagian tersebut beberapa kali. Jadi, Anda mengerti bagaimana pelafalannya dan juga penulisan kosa kata.

Ketika Anda merasa tidak mengerti pada suatu bagian film tertentu, lebih baik Anda stop dan kembali memutar ulang bagian film tersebut. Dengan begini, Anda akan fokus pada kata-kata yang diucapkan.

Menonton Film dengan Teman

Nonton bareng teman (Sumber:)

Nonton bareng teman (Sumber:Photo Credit: Citizen 4474 via Compfight cc)

Ajak teman Anda untuk ikut belajar bahasa Inggris lewat nonton film.  Anda dan teman Anda bisa diskusi tentang tema dalam film tersebut. Bahkan teman Anda juga bisa membantu, jika Anda mengalami kesulitan dalam memahami film tersebut.

 

Setelah Menonton

Buat sinopsis film. (Sumber:)

Buat sinopsis film. (Sumber:Photo Credit: javaturtle via Compfight cc)

Setelah selesai menonton sebuah film, coba Anda tulis tentang bagaimana film tersebut, termasuk bagaimana jalan ceritnya, karakter pemainnya hingga apa pesan yang bisa di ambil dari film tersebut. Jika Anda bisa menuliskan semua ini dalam bahasa Inggris artinya Anda sudah bisa berbahasa Inggris. Namun, jika masih mengalami kesulitan, tulis dalam bahasa Indonesia terlebih dulu.

 

Evaluasi Belajar

terus evaluasi. (Sumber:)

terus evaluasi. (Sumber:Photo Credit: kalebdf via Compfight cc)

Ketika Anda sudah sering menonton film berbahasa Inggris untuk belajar, jangan lupa lakukan evaluasi belajar. Anda pikirkan seperti apa kemampuan berbahasa Inggris saat ini.  Lalu bandingkan, seperti apa dulu kemampuan Anda berbahasa Inggris, terutama dalam hal listening dan kosakata.

Itulah tadi beberapa cara cepat belajar bahasa Inggris lewat nonton film yang bisa Anda coba. Mudah, murah dan bisa Anda coba kapanpun. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

 

Sumber :

1 2 3