Jakarta Model United Nations


0

Jakarta Model United Nations 2014

23-26 Juni 2014

 

 

Jakarta Model United Nations (Jakarta MUN) 2014 merupakan Model United Nations yang ke empat kalinya diselenggarakan oleh Indonesia Students Association For International Studies (ISAFIS). Acara ini akan diselenggarakan di Jakarta pada tanggal 23 Juni sampai dengan 26 Juni 2014.

Tema Jakarta MUN 2014 adalah “Moving Towards Global Development in 2015 and Beyond” yang akan mengarahkan para delegasi untuk melihat visibilitas dari delapan poin Millenium Development Goals 2015 (MDGs). Beberapa poin-poin ini kemudian akan dibahas secara komprehensif di dalam enam komite atau council dalam Jakarta MUN 2014 yang mencakup:

–          United Nations Conference on the Environment and Development (UNCED)

–          United Nations Children’s Fund (UNICEF)

–          United Nations Educational, Scientific, and Cultural Organization (UNESCO)

–          World Health Organization (WHO)

–          UN-Women

–          United Nations World Food Programme (UN-WFP)

Pada tahun ke empatnya, Jakarta MUN 2014 mengadakan pre event berupa pencarian Campus Ambassador yang pendaftarannya dibuka pada 1 Februari sampai dengan 10 Februari 2014. Dengan Campus Ambassador ini, pemuda-pemuda yang terpilih dari berbagai belahan dunia dipercaya untuk menyebarluaskan informasi mengenai acara dan isu-isu yang selaras dengan tema Jakarta MUN 2014.

Rangkaian kegiatan utama dalam Jakarta MUN 2014 adalah sesi simulasi sidang dimana para delegasi akan berdiplomasi, bernegosiasi, berdebat dan berargumen dalam merumuskan suatu resolusi terhadap isu yang diangkat dalam komite masing-masing. Acara tersebut akan didahului dengan MUN 101 untuk memperkenalkan Rules of Procedure yang digunakan Jakarta MUN kepada para peserta.

Acara lalu dilanjutkan dengan panel diskusi untuk memperdalam pengetahuan peserta Jakarta MUN 2014 mengenai tema yang dibahas. Untuk itu Jakarta MUN 2014 akan menghadirkan berbagai pakar dari bidang terkait agar diharapkan melalui panel diskusi tersebut akan dihasilkan resolusi yang bersifat lebih substansif.

Di akhir keseluruhan konferensi, semua delegasi dari keenam komite akan bertemu di dalam satu ruangan untuk menyelenggarakan Sidang Umum atau General Assembly (GA) untuk mendiskusikan tentang pengintegrasian proposal atau resolusi yang telah dibuat masing-masing komite. Lebih lanjut akan diadakan pula Hearing with Government, dimana delegasi dapat menyampaikan poin-poin yang sudah didiskusikan selama konferensi kepada institusi dan pemerintah terkait.

Selain itu, rangkaian acara Jakarta MUN 2014 juga terdiri dari International Night yang baru pertama kali diselenggarakan tahun ini. Dalam International Night tersebut para delegasi akan menggunakan pakaian yang sesuai dengan tema yaitu “Countries in the World”. Jakarta MUN 2014 juga akan ditutup dengan Closing Ceremony yang turut mengundang perwakilan dari kementerian dan diisi dengan pemberian penghargaan bagi delegasi yang memberikan peforma terbaik.

Untuk bergabung menjadi peserta Jakarta MUN 2014, para pemuda dari seluruh dunia dapat mendaftar melalui dua cara. Yang pertama adalah mendaftarkan diri sebagai delegation yang terdiri dari 5-12 orang dan mewakili sekolah maupun universitas masing-masing. Pendaftaran delegation ini akan dibuka pada 15 Maret sampai dengan 31 Maret 2014. Sementara pendaftaran untuk single delegate akan dibuka pada 25 April-1 May 2013. Informasi lebih lanjut bisa didapat melalui twitter (@jakartamun) atau website (www.jakartamun.org).

 

Kusdini Kusuma Wardani

Media Relations

Jakarta Model United Nations 2014

P: 08568734789

E: kusdini@hotmail.com

@jakartamun

www.jakartamun.org                  


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

like like
0
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf
Media Partner anakUI.com
Akun ofisial anakUI.com untuk hal-hal yang berhubungan dengan media partner. Untuk mengajukan kerjasama Media Partner, silakan buka anakui.com/mediapartner.

0 Comments

Leave a Reply