Jalan-jalan ke Luar Negeri GRATIS, Mau?


0
Pesawat Menuju Luar Negeri (Ilustrasi ditambahkan Admin)
Pesawat Menuju Luar Negeri (Ilustrasi ditambahkan Admin) (cc/flickr/The-Lane-Team)

Ketika saya mendapatkan kesempatan untuk jalan-jalan gratis ke luar negeri gratisan a.k.a student exchange, ekspresi yang terlontar pertama kali dari mulut teman-teman adalah “mau donk, gimana sih caranya?”. Nah ternyata belum banyak yang tahu cara sederhana untuk jalan gratis ke luar negeri. Jadi sekarang saya ingin share nih.

How? how?

Bila kamu juga menginginkan kesempatan ini, langkah pertama adalah datanglah ke International Office di Gedung Rektorat Lantai 1. Disana tanyakanlah kesempatan  student exchange yang akan dibuka untuk semester depan. Biasanya untuk Fall semeter pendaftaran sudah dibuka sejak bulan Mei. Dan untuk Spring semester sudah dibuka sejak sekitar November atau Desember. Menurut saya milisnya tidak terlalu up date, jadi baiknya langsung datang ke kantor.

Biasanya ada beberapa jenis student exchange yang tersedia, tanpa scholarsip atau yang dengan scholarship (sebagian atau penuh). Alasan saya mengikuti kesempatan student exchang ke Korea sebenarnya lebih karena pemerintah Korea banyak memberikan beasiswa penuh. Jadi bisa dikatakan hidup saya disini sekarang 100% free hehehehe. Jadi sebaiknya cek dulu apakah ada beasiswa atau tidak, dan bila ada bagaimana cara mendapatkannya. Setiap foundation atau pihak yang menyediakan beasiswa memiliki syarat berbeda-beda dengan jumlah beasiswa yang berbeda pula.

Berikutnya lengkapi persyaratan pendaftaran untuk seleksi. Biasanya berupa TOEFL ITP minimal 500, surat rekomendasi dekan, mengisi form pendaftaran, dan DNS. Jadi dari sekarang harus mulai belajar dan persiapkan untuk mengikuti tes TOEFL. Sertifikat TOEFL ini mutlak harus ada. Untuk belajar TOEFL sendiri menurut saya tidak perlu les, cukup beli buku yang bagus (terbitan Longman, Barron, atau Cliff) dan banyak berlatih. IPK kita juga jadi salah satu bahan pertimbangan penting lho.

Selanjutnya akan ada sesi wawancara di International Office untuk memilih kandidat yang namanya akan diajukan ke universitas mitra. Wawancaranya tentu akan dalam bahasa inggris. Jadi tidak ada salahnya berlatih dulu sebelum wawancara dan mengetahui isu-isu dalam dan luar negeri yang sedang ‘hot’.

Umumnya syaratnya itu aja kok. Yang lain-lain tergantung seperti apa bentuk form registrationnya. Biasanya ada juga yang meminta rekomendasi dari dosen dan study plan. Berikutnya tinggal menunggu pengumuman dan berdoa (hehehe, yang terakhir itu penting lho).

Kiatnya, bila gagal sekali jangan putus asa untuk mencoba lagi. Saya sendiri sudah gagal 4 kali gagal, tapi tidak (tahu) malu untuk mencoba terus sampai akhirnya berhasil hahahhaa.

Bagi saya pergi student exchange kemana pun boleh, karena semua tempat akan memberikan pengalaman yang berbeda. Yah mungkin beberapa teman ada yang memiliki preferensi ke beberapa negara, tapi menurut saya semuanya pasti akan fun, berkenalan dengan orang-orang baru dan tinggal di tempat yang baru dengan segala sesuatu yang serba baru. Jadi kemana aja boleh heheheh…

Pastilah akan menjadi pengalaman yang sangat berharga bisa tinggal dan belajar di negeri orang. Tapi (ada tapinya) kesempatan ke luar negeri itu bukan segala-segalanya kok. Jadi mungkin yang belum mendapatkan kesempatan gak perlu stress (ampe segitunya heheheh).Berkarya dan menambah pengalaman di negeri sendiri juga gak kalah hebatnya ^^

 

Maya Widiarini

Ilmu Komunikasi 2007


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

like like
0
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf
maywidi

11 Comments

Leave a Reply

  1. hampir semua hal yg bisa dilakukan mahasiswa udah saya lakukan dulu. tp cuma ke luar negeri ini yg ga pernah saya lakukan.

    tahunya info kaya gini begitu udah tahun terakhir T_T

  2. buku toefel longman, barron, cliff itu beli dimana ka? diatas 50rb ga harganya? waaaaaaaaaaaahhhh selamat ya ka! mau juga ke Korea. >< Someday i will

    1. wah telat banget nih saya replynya….saya sarankan sih beli yang asli saja. katanya yang bajakan cd nya kurang bagus. cari aja di toko buku terkemuka (hehee gak mau iklan)..harganya mungkin agak mahal dalam 200ribuan..tapi worth it kok ^^

  3. selly: ada kalo ga salah yang IELSP. tapi itu buat yang mau belajar english doank, yang englishnya emang ga bagus.

    saran saya kalo mau cari info2 tentang exchange dan beasiswa, rajin2 main ke IO UI di rektorat lantai 1, dan ikut milisnya, trus juga rajin2 buka anakUI.com dan mahasiswa.ui.ac.id disitu banyak yang share info2 exchange dna beasiswa. gunakan semua kesempatan exchange yang ada karena kamu ga bakal tau kamu bakal lolos kapan 🙂