DEPOK – Jum’at, 20 Januari 2017 32 calon anggota BKP Mapala UI 2016 dan 11 anggota Mapala UI  berangkat menuju Bondowoso, Jawa Timur untuk melaksanakan Jelajah Pegunungan Ijen yang akan dimulai pada tanggal 22 Januari 2017 – 3 Februari 2017.

Jelajah Pegunungan Ijen merupakan salah satu rangkaian perjalanan yang dilakukan calon anggota Mapala UI sebagai syarat pelantikan menjadi anggota. Dalam Badan Khusus Pelantikan tahun ini, calon anggota melakukan perjalanan ke Pegunungan Ijen, Kab. Bondowoso, Jawa Timur selama 12 hari. Penjelajahan yang seluruh persiapan dan pelaksanaannya dilakukan oleh calon anggota ini bertujuan untuk menerapkan materi dan menguji keahlian teknis maupun non-teknis yang telah diajarkan sebelumnya selama masa pendidikan dasar.

Persiapan perjalanan dilakukan selama 1 bulan sebelum keberangkatan. Persiapan yang dilakukan oleh calon anggota meliputi pemetaan rute perjalanan, mengasah keahlian rescue dan medis alam bebas, menyiapkan alat komunikasi perjalanan, serta latihan fisik yang porsinya disesuaikan dengan tingkat kesulitan medan pegunungan.

“Harapannya calon anggota Mapala UI bisa menerapkan materi-materi yang telah didapat, bisa belajar baik bergaul dengan masyarakat setempat maupun dengan alam, dan calon anggota bisa mencintai kekayaan alam negeri sendiri untuk kemudian menularkannya pada orang lain” ujar Kawkab Barralimara selaku Ketua Pelaksana Jelajah Pegunungan Ijen di Sekretariat Mapala UI pada tanggal 18 Januari 2017.

Selain melakukan penjelajahan, calon anggota juga mengadakan kegiatan bakti sosial dengan tema “Bersama Mapala UI Memberi Manfaat” pada tanggal 22 Januari 2017 di Desa Rejoagung, Kec. Sumber Wringin, Kab. Bondowoso, Jawa Timur. Bakti sosial ini mencakup penyuluhan hidup sehat, program peduli pendidikan, dan perlombaan.

 

advertisement

Salam,

Humas dan Publikasi
BKP Mapala UI 2016

 

BACA JUGA: [Feature Perjalanan Panjang #BKP15 Mapala UI] Dataran Tinggi Hyang, Antara Bahagia dan Nestapa



[reaction_buttons]

advertisement