Jurusan Bisnis Kreatif UI Miliki Orientasi Mahasiswa Ala Inkubator Startup Lho!

Hah masa orientasi mahasiswa ala-ala inkubator startup? Kaya gimana sih? Yuk simak orientasi mahasiswa yang diterapkan di Jurusan Bisnis Kreatif UI ini!


0

Kalian pasti tidak asing dengan drama Startup yang sempat hits di tahun lalu! Ya, drama yang dibintangi oleh Suzy, Nam Joo Hyuk, dan Kim Seon Ho sukses dibicarakan oleh netizen karena jalan ceritanya yang unik, selain menampilkan sisi romantis ala drama korea lainnya.

Drama Startup menceritakan usaha serta jatuh bangun yang dirasakan saat membangun perusahaan rintisan. Jika di antara kalian ada yang bercita-cita untuk menjadi entrepreneur, tertarik untuk mengikuti perkembangan teknologi terbaru serta membangun startup, aku sarankan agar kalian mencari tahu lebih dalam mengenai prodi Bisnis kreatif Universitas Indonesia!

Program studi terbaru dari Program Pendidikan Vokasi ini memiliki gelar D4 atau sarjana terapan yang memiliki masa belajar selama kurang lebih 4 tahun. Mata kuliahnya mencakup ilmu ekonomi dan bisnis serta ilmu sistem informasi dan komputer, bisa dibilang ada irisan antara beberapa matkul dari FEB dan Fasilkom, unik banget kan?

BACA JUGA: Tertarik dengan Bisnis Startup? Yuk Gabung dengan Prodi Baru UI Ini

Orientasi Mahasiswa Baru Yang Unik

Orientasi mahasiswa barunya juga ga kalah unik loh! Kegiatan orientasi mahasiswa untuk program studi Bisnis Kreatif di tahun perdananya bernama Founders Camp. Seperti namanya, Founders Camp memiliki misi untuk menjadi tempat ‘camp’ atau tempat transisi dimana para mahasiswa baru dipersiapkan agar bisa menyerap ilmu dan pengalaman secara maksimal selama berada di dunia perkuliahan.

Oiya ada panggilan khusus loh untuk para mahasiswa baru, yaitu gamechangers. Selama berada di Founders Camp, para gamechangers mengikuti rangkaian kegiatan yang menambah wawasan mereka seputar dunia bisnis, selayaknya hackathon yang ada di drama Startup.

Lebih Jauh Tentang Founders Camp

Founders Camp memfasilitasi para game changers untuk mengenal dan menjajaki dunia bisnis dan kampus sekaligus dengan menghadirkan tutor yang berpengalaman di bidang bisnis dari Student X CEO Jakarta. Selain itu ada pula mentor yang bertugas untuk mendampingi serta memperkenalkan dunia perkuliahan di UI kepada para game changers ini selama acara berlangsung.

Dengan misinya yaitu “Empowering every kind of Mind”, Founders Camp menerapkan tiga pilar yaitu memupuk keramahan dan rasa memiliki, merdeka dari rasa takut, dan bergerak pasti menembus batas. Program masa bimbingannya pun memiliki prototype website dan feeds Instagram yang kece ala startup sungguhan loh!

Masing-masing mahasiswa baru difasilitasi dengan growth card. Dengan menggunakan analogi pertumbuhan benih, kartu ini menunjukkan seberapa jauh para mahasiswa bertumbuh di Founders Camp dan mencatat setiap usaha yang dilakukan untuk mengembangkan diri di setiap kegiatan.

Rangkaian program yang disediakan dalam Founders Camp diawali dengan mentoring yakni sesi dimana mahasiswa baru dapat bercerita dan mengeksplor dunia kampus secara virtual dengan mentor yang sudah dikurasi. Ada pula prodi day, tempat para gamechangers untuk mempersiapkan starter pack dan life hack untuk menghadapi perkuliahan, dan sesi talkshow untuk mendapatkan insight dan interaksi bersama mahasiswa terbaik di UI.

Tak lupa, ada juga sesi student scale up hadir untuk menjadi ladang para mahasiswa belajar best practice knowledge secara eksklusif bersama para tutor dari Student X CEO, dan program ditutup dengan battle of ideas, hari dimana para mahasiswa baru berkompetisi untuk pitching startup deck yang mereka buat bersama tim dan dibimbing oleh tutor. 

Ilustrasi Pitching Startup

Jadi selama program berlangsung, para gamechangers atau mahasiswa baru program studi Bisnis Kreatif dikelompokan secara acak, dan mereka harus membuat startup deck dengan ide organik dari masing-masing team. Keren banget kan, masa perkuliahan belum mulai, tetapi mahasiswa bisnis kreatif angkatan perdana ini sudah bisa membuat proposal startup untuk dipresentasikan di hadapan juri yang memiliki pengalaman seputar berbisnis.

Orientasi berkonsep inkubator startup ini masih jarang loh hadir di Indonesia! Yuk ceritakan pengalaman orientasi jurusanmu di kolom komentar!


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

like like
0
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf
Rahmadianty Alivia
Saya Rahmadianty Alivia. Dari program Vokasi prodi Komunikasi Penyiaran Multimedia (2019). Saya senang mempelajari hal baru dan memelihara hewan & tumbuhan liar di rumah. Satu fakta unik dari saya adalah saya alergi mi instan. Baca artikel lainnya dari saya.

0 Comments

Leave a Reply