Jurusan di UI Yang Paling Mencetak Banyak Artis? Ya Ilmu Komunikasi dong!

Setiap jurusan di Universitas Indonesia pasti punya ceritanya masing-masing. Ilmu Komunikasi Universitas Indonesia juga punya ceritanya, loh! Percaya nggak percaya, selain terkenal karena mahasiswa yang berprestasi di bidang akademik, Ilmu Komunikasi (Kom) UI juga terkenal karena banyak lulusan atau bahkan mahasiswa yang berkarir sebagai artis di dunia hiburan, loh. Ada yang jadi aktor atau aktris, musisi, influencer, dan sebagainya. Kenapa sih kok di Ilmu Komunikasi bisa banyak artis? Simak artikel berikut.


0

Setiap jurusan di Universitas Indonesia pasti punya ceritanya masing-masing. Ilmu Komunikasi Universitas Indonesia juga punya ceritanya, loh! Percaya nggak percaya, selain terkenal karena mahasiswa yang berprestasi di bidang akademik, Ilmu Komunikasi (Kom) UI juga terkenal karena banyak lulusan atau bahkan mahasiswa yang berkarir sebagai artis di dunia hiburan, loh. Ada yang jadi aktor atau aktris, musisi, influencer, dan sebagainya.

Kenapa sih kok di Ilmu Komunikasi bisa banyak artis?

Selain karena kemauan pribadi itu sendiri dan hasil perjuangannya, ilmu komunikasi sendiri mempelajari skill-skill berkomunikasi seperti membangun citra yang cocok untuk diterapkan di jurusan-jurusan yang harus berhubungan dengan dunia luar secara intens, seperti humas, announcer dan wartawan, agensi periklanan, dan juga… artis! Jurusan komunikasi yang menuntut mahasiswanya untuk berpikir kreatif, sehingga gak heran jika mahasiswa komunikasi akhirnya banyak yang bekerja di industri kreatif dan industri hiburan untuk menyalurkan kreativitasnya.

Nah, penasaran kan siapa aja sih artis yang pernah berkuliah di Kom UI? Berikut ini daftar artis yang merupakan lulusan dari Ilmu Komunikasi Universitas Indonesia!

1. Maia Estianty

Sebelumnya, Bunda Maia juga pernah menjadi dosen tamu di tahun 2018, loh! (Sumber: brilio)

Siapa yang enggak kenal dengan Maia Estianty, atau yang lebih akrab disapa dengan Bunda Maia? Pasti kalian pernah mengenali Bunda Maia dari karya-karyanya melalui Duo Ratu serta karirnya berakting di Extravaganza dan acara TV lainnya. Wanita berusia 44 tahun ini ternyata dulu merupakan mahasiswa Ilmu Komunikasi UI, loh! Selain cantik, ternyata isteri dari Irwan Mussry ini juga pintar dan berprestasi, ya.

Bahkan, Bunda Maia juga sempat memberikan kuliah umum kepada mahasiswa Ilmu Komunikasi UI angkatan 2016 pada Desember tahun lalu, loh! Beliau diundang sebagai dosen tamu dalam mata kuliah Kepemimpinan dan Pengembangan Kelompok ditemani keponakannya. Dalam kuliah umum tersebut, Bunda Maia juga menyampaikan pentingnya influencer dalam dunia marketing loh. Semoga ilmu yang disampaikan Bunda Maia bisa dimanfaatkan mahasiswa kom di dunia pekerjaan nanti, ya!

2. Andien

Andien dan Dian Sastro ternyata satu angkatan, loh! (Sumber: liputan6.com)

Untuk kalian penyuka jazz, pasti kenal wanita berusia 34 tahun ini. Andien, dengan nama lengkap Andini Aisyah Haryadi, adalah penyanyi indonesia beraliran jazz. Tahu nggak, ternyata penyanyi yang melantunkan lagu “Sahabat Setia” ini merupakan alumni Ilmu Komunikasi UI bidang hubungan masyarakat, loh!

Andien yang memiliki ilmu dari hubungan masyarakat juga mengungkapkan bahwa sebagai penyanyi profesional, wawasan luas dan sikap positif juga diperlukan disamping paras cantik. Andien juga turut menerapkan strategi kehumasan pada dirinya dalam pekerjaannya di industri musik. Selain itu, ternyata Andien juga memiliki adik bernama Dias Kinanthi yang merupakan lulusan Universitas Indonesia juga loh, guys.

3. Rossa

Ini dia foto wisuda Rossa dengan latar Rektorat UI! (Sumber: iNews.id)

Untuk yang mampir ke Bedah Kampus UI 2017 lalu, pasti tahu bahwa salah satu pembicara yang diundang adalah penyanyi Rossa! Teh Ocha yang memiliki nama lengkap Sri Rossa Roslaina Handiyani ternyata merupakan lulusan Ilmu Komunikasi Universitas Indonesia juga, loh. Rossa yang terkenal dengan lagu “Hati Yang Kau Sakiti” ini mengambil peminatan public relation atau hubungan masyarakat selama masa berkuliahnya di UI.

Saat menjadi mahasiswa Ilmu Komunikasi UI, Teh Ocha juga pernah menjadi mahasiswa magang di TVRI, loh! Saat magang, Rossa berperan sebagai reporter yang bahkan pernah meliput lokasi banjir serta pasar tradisional. Biarpun menyukai pekerjaan sebagai reporter, namun Rossa akhirnya memutuskan untuk menghidupi cita-citanya sebagai penyanyi ketika lulus dari UI. Jerih payahnya pun terbukti hingga kini Rossa menjadi penyanyi yang sukses di Indonesia, dan bahkan sudah dilirik SM Entertainment dari industri musik Korea, loh!

4. Ramengvrl

Ramengvrl dan gayanya yang keren abis! (Sumber: Sonora.ID)

Di balik gayanya yang swag abis, ternyata Ramengvrl merupakan lulusan Ilmu Komunikasi Universitas Indonesia, loh! Ramengvrl yang memiliki nama asli Putri Estiani merupakan rapper yang sudah berkarir sejak tahun 2016 lalu. Wanita berusia 28 tahun ini mulai dikenal penyuka musik hip hop dan R&B melalui debut singlenya yang berjudul “I’m Da Man”.

Sebelum sukses menjadi rapper, Ramengvrl juga pernah bekerja kantoran dengan ijazah ilmu komunikasi yang ia punya. Ramengvrl juga merupakan lulusan berpredikat cumlaude, loh! Biarpun sempat diragukan oleh keluarga karena memutuskan untuk menjadi rapper, nyatanya Ramengvrl bisa sukses dengan menjadi apa yang ia inginkan hingga saat ini, kan?

5. Baskara Putra

Baskara dan aksi panggungnya yang selalu asik! (Sumber: IDN Times)

Kalau pria yang satu ini pasti dikenal oleh warga FISIP UI. Daniel Baskara Putra, atau yang memili nama panggilan Baskara, adalah vokalis dari grup musik .Feast dan juga penyanyi solo dengan nama Hindia. Penyanyi berusia 26 tahun ini merupakan lulusan dari Ilmu Komunikasi Universitas Indonesia. Baskara dan grup musik .Feast yang beranggotakan mahasiswa FISIP UI juga sering tampil di acara-acara musik di kampus jingga tersebut loh, guys.

Selain menjadi penyanyi dan musisi, saat ini Baskara juga bekerja sebagai brand manager dari Double Deer Records. Baskara dan teman-temannya juga mendirikan perusahaan label rekaman dan manajemen bakat, yaitu Sun Eater Coven. Ia juga CEO dari BagiKata, loh. Di tengah-tengah banyaknya proyek tersebut, Baskara masih bisa menjalankan karirnya sebagai musisi dan sempat berkolaborasi dengan RAN loh, guys.

6. Aldrian Risjad

Single pertama “Milk Candy” Aldrian diproduseri oleh Baskara, loh. (Sumber: infopensi.com)

Last but not least, ada Aldrian Risjad yang merupakan mahasiswa Ilmu Komunikasi angkatan 2016. Aldrian yang mengambil peminatan Kajian Media ini baru memulai debutnya di Mei 2019 lalu dengan single yang berjudul “Milk Candy”. Sebelumnya, dia dikenal melalui acara pencarian bakat dengan nama “Ksatria Bergitar”. Saat ini, Aldrian telah mengeluarkan dua single lainnya yaitu “Premature” dan “Help You Out” yang masih bergenre garage rock. Untuk yang belum tahu, Aldrian berkarya di bawah naungan label Sun Eater, sama seperti Hindia dan .Feast, loh. Wah, kedepannya pasti bisa sukses juga seperti mereka, ya.

***

Itu dia beberapa musisi jebolan Ilmu Komunikasi UI, dan sebenarnya masih banyak juga loh yang lainnya serta calon-calon orang sukses lainnya karena di ilmu komunikasi kita tidak hanya belajar ilmu akademis, namun juga mengolah kreativitas dan bakat dengan kegiatan-kegiatan kampus serta matakuliah-matakuliah yang menuntut kita untuk jadi kreatif. Selamat berjuang untuk mencapai cita-cita masing-masing, ya!

Referensi gambar header: lightaholic.com


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

like like
0
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf
Ameni Nazaretha
Mahasiswa Ilmu Komunikasi UI yang suka menulis dan bermusik. Connect with her on LinkedIn.

0 Comments

Leave a Reply