Hal paling membingungkan kalau teman atau orang terkasih akan wisuda adalah kado yang akan diberikan. Mau memberikan sesuatu yang biasa takut mengecewakan, apalagi momen ini hadir sekali seumur hidup. Kado wisuda yang diberikan harus memberikan kesan meski tidak harus mahal.

Nah, kalau kamu merasa bingung saat akan memberikan kado wisuda apa untuk teman dan pacar, simak rekomendasi di bawah ini. Beberapa poin bisa kamu gunakan sebagai rekomendasi dan ide agar kado lebih memiliki arti.

Kado Wisuda untuk Teman Laki-Laki

Kado Wisuda Laki-laki

Photo by I Putu Balda Yogi Pranata on Unsplash

Memberikan kado pada laki-laki termasuk gampang-gampang susah. Apalagi laki-laki tidak terlalu suka dengan sesuatu yang lucu seperti boneka dan sejenisnya. Nah, daripada kamu pusing, nih simak beberapa ide kado yang bisa kamu berikan.

1. Jam Tangan

Setelah lulus kuliah semua orang khususnya laki-laki akan berlomba-lomba mencari pekerjaan. Untuk menunjang proses ini kamu bisa memberikan mereka jam tangan yang formal. Mengapa harus jam tangan? Karena jam tangan akan memberikan kesan menarik dan profesional.

Apalagi saat laki-laki melamar pekerjaan, jam tangan tidak hanya digunakan sebagai penunjuk waktu saja, tetapi juga memberikan elemen estetika. Usahakan membeli jam tangan yang tidak terlalu berlebihan, ya! Pilih warna yang sesuai dengan warna kulitnya serta sesuai dengan semua jenis pakaian yang digunakan.

2. Set Kemeja dan Dasi

Setelah lulus dan akhirnya mendapatkan pekerjaan, kira-kira apa yang akan dibutuhkan oleh seorang laki-laki? Jawabannya adalah kemeja, celana, dan perlengkapan lainnya. Apalagi kalau diterima di perusahaan besar dan memiliki lingkungan sangat formal. Belanja pakaian baru adalah kewajiban.

advertisement

Kalau kamu ingin membantu teman agar mereka tidak perlu belanja pakaian terlalu banyak saat nanti mendapatkan pekerjaan, kenapa tidak memberi kado kemeja saja. Setelah wisuda atau sebelumnya ajak mereka ke toko untuk mencoba pakaian secara langsung. Hal ini dilakukan untuk mencegah pakaian terlalu besar atau kecil.

Kamu juga bisa kok memberikan kejutan dan memberikan teman pakaian secara langsung. Namun, pastikan untuk tahu ukuran pakaiannya, ya. Akan menjadi sayang kalau akhirnya pakaian yang kamu beri tidak bermanfaat.

3. Dompet

Sebagai seorang yang nantinya bekerja dan menjadi profesional di bidangnya, dompet adalah benda yang wajib. Benda ini tidak digunakan sebagai penyimpan uang tunai, tapi untuk menyimpan identitas diri seperti KTP, NPWP, sampai kartu nama kalau sudah bekerja di perusahaan.

Kamu bisa memberikan kado berupa dompet yang ukurannya kecil untuk menyimpan berbagai identitas diri. Selain itu, dompet besar juga bisa diberikan kalau teman memang sering membawa banyak barang seperti ponsel, buku catatan, sampai aksesori.

4. Tas

Tas kuliah cenderung berbentuk ransel atau yang modelnya tidak formal. Kalau nanti sudah bekerja, tas seperti ini tidak bisa digunakan lagi. Teman laki-laki kamu harus memiliki tas yang formal, warna cenderung gelap, dan bisa menampung banyak barang termasuk laptop.

Baca Juga: Inilah 20 Usaha Waralaba Bermodal Kecil untuk Mahasiswa

advertisement

5. Sandal atau Sepatu

Sepatu yang bisa jadi kado wisuda jenisnya ada dua. Pertama sepatu formal yang nantinya digunakan untuk bekerja. Selanjutnya sepatu biasa seperti kets yang bisa dipakai untuk akhir pekan dan main. Kamu bisa memberi kado wisuda salah satu dari benda ini karena akan berguna.

Kado wisuda dalam bentuk sandal juga bisa diberikan kepada teman laki-laki jarang sekali menggunakan sepatu. Sandal yang diberikan bisa sandal biasa yang dipakai untuk main atau sandal gunung untuk kegiatan outdoor.

6. Barang Hobi

Sebagian besar laki-laki memiliki hobi yang kerap dilakukan untuk menghabiskan waktu luangnya. Ada yang hobi bermain game dan ada yang mengoleksi barang-barang. Kalau teman laki-laki kamu hobi main game, memberikan voucher isi ulang adalah pilihan yang tepat.

Selanjutnya, kalau teman kamu hobi mengoleksi benda-benda khusus seperti miniatur mobil, kamu juga bisa memberikannya. Intinya, kamu harus tahu hobi dari temanmu baru memberikan mereka barang yang disukai.

7. Voucher Belanja

Kalau kamu benar-benar buta dengan apa yang disukai oleh teman laki-laki dan bingung harus memberikan mereka apa, beri mereka voucher. Beberapa laki-laki lebih suka mentahannya saja daripada membeli barang yang belum tentu digunakan di kemudian hari.

Kamu bisa memberikan teman kado wisuda berupa voucher belanja yang bisa dipakai di beberapa toko retail di Indonesia. Jumlah voucher sesuaikan dengan kemampuan, ya. Asal pantas diberikan lakukan saja yang penting senang saat melakukannya.

Kado Wisuda untuk Teman Perempuan

Kado Wisuda Perempuan

Photo by MD Duran on Unsplash

Kado wisuda untuk teman perempuan tentu sedikit berbeda dari teman laki-laki. Berikut beberapa jenis kado yang bisa diberikan dan kemungkinan besar akan disukai.

1. Pakaian yang Disukai

Kado wisuda yang paling cocok untuk wanita adalah pakaian yang mereka sukai. Wanita butuh banyak pakaian untuk kesehariannya. Berbeda dengan laki-laki yang hanya perlu kemeja atau kaos, wanita butuh berbagai jenis pakaian yang disesuaikan dengan momen.

2. Kosmetik

Wanita dan kosmetik adalah dua hal yang tidak bisa dipisahkan begitu saja. Kalau ingin memberikan kado wisuda yang benar-benar bisa digunakan, kenapa tidak memberikan kosmetik saja? Belikan lipstik, bedak, atau produk lain yang sering dipakai.

3. Sepatu atau Sandal

Selain kosmetik, wanita juga tidak bisa dipisahkan dari sepatu atau sandal. Bahkan, setiap keluar rumah untuk tujuan tertentu alas kaki bisa saja berbeda. Berikan teman perempuan sepatu atau sandal yang saat itu sedang menjadi tren. Kalau Anda sepatu atau sandal yang sangat diinginkan, kamu juga bisa memberikan itu.

Baca Juga: 10 Ide Bisnis Untuk Mahasiswa, Menarik untuk Dieksplorasi!

4. Boneka

Boneka juga bisa diberikan pada teman perempuan kalau mereka sedang wisuda. Namun, jangan boneka kecil yang banyak dijual saat wisuda. Akan lebih baik kalau bonekanya agak besar sehingga bisa dipakai untuk teman tidur atau punya fungsi lain, misal dijadikan dompet atau tas.

5. Voucher Belanja

Tidak ada wanita yang membenci belanja. Pada hakikatnya mereka suka sekali membeli banyak hal mulai dari kosmetik, benda yang berguna, sampai benda-benda yang jarang dipakai. Berikan saja kado wisuda pada teman wanita berupa voucher belanja.

6. Barang yang Lucu

Barang-barang lucu pada wanita ibarat benda koleksi yang disukai oleh laki-laki. Mereka suka dengan benda itu dan mengoleksinya. Benda lucu yang dimaksud bisa aksesori untuk telinga, leher, wajah, sampai benda yang bisa ditaruh di atas meja. Kamu bisa memberikan apa saja asal awet dan tidak mudah rusak.

7. Kue dengan Desain Khusus

Wanita suka sesuatu yang sederhana dan memiliki elemen estetika. Kamu bisa memberikan mereka kado wisuda berupa kue dengan desain khusus. Misal kue dengan bentuk tertentu dan di atasnya ada foto teman wanita atau namanya. Nantinya kue bisa diberikan setelah keluar ruangan dan bisa dimakan bersama-sama.

Kado Wisuda untuk Pacar

Kado Wisuda Pacar

Photo by Eric Ward on Unsplash

Memberikan kado untuk pacar tentu berbeda dengan kado untuk teman. Kado wisuda yang diberikan harus istimewa dan memberikan kesan mendalam. Berikut beberapa ide kado untuk pacar.

1. Liburan Bersama

Hadiah wisuda pertama yang bisa kamu berikan kepada pacar adalah tiket liburan bersama. Selama skripsi hingga akhirnya wisuda, tekanan yang berat pasti dialami. Oleh karena itu kamu harus bisa menghibur pasangan dengan mengajaknya liburan bersama.

Kamu bisa turut serta mengajak teman dekat atau keluarga saat liburan. Pilih lokasi yang tepat dan tidak harus jauh. Asal bisa menyegarkan pikiran dan cocok untuk relaksasi sudah cukup.

2. Kencan Romantis

Saat sibuk dengan skripsi tentu waktu bersama dengan pasangan akan sedikit. Perbaiki waktu yang hilang dengan melakukan kencan romantis. Kamu bisa mengajak pacar nonton film atau sekadar jalan-jalan di mall untuk menikmati waktu berdua.

Kalau memang ada dana yang banyak, kamu bisa melakukan makan malam romantis di restoran. Namun, kalau memang tidak ada bujet untuk itu makan bersama di mana saja tetap bisa romantis, apalagi sambil nostalgia.

3. Makanan yang Dibuat Sendiri

Kejutan yang diberikan untuk kado wisuda tidak harus yang menguras dompet. Kamu juga bisa kok memberikan pacar makanan yang dibuat sendiri. Misal membuat kue atau makanan kesukaan dari pacar lalu memberikannya untuk dimakan bersama.

Kalau ingin ada elemen romantisnya, kamu bisa kok masak bersama dengan pacar. Pergilah ke pasar atau supermarket untuk membeli bahan yang dibutuhkan. Lalu dimasak bersama dan dinikmati setelah semua matang.

Baca Juga: Informasi Beasiswa S1 Dalam dan Luar Negeri TerbaruĀ 

4. Benda yang Dibuat Sendiri

Benda yang dibuat sendiri juga bisa kamu berikan ke pacar. Misal memberikan rajutan dalam bentuk pakaian atau kerajinan lainnya. Benda yang dibuat sendiri akan memiliki nilai yang besar, apalagi kalau prosesnya panjang dan juga rumit.

Ketahui apa saja yang disukai oleh pacar atau ingin dimilikinya. Misal dia ingin memiliki tote bag yang serbaguna. Kamu bisa membuatnya sendiri dengan memasukkan desain khusus atau mungkin quote yang pacar sukai. Buat apa yang bisa diselesaikan dan hasilnya maksimal.

5. Benda Kembaran

Selain memberikan benda yang dibuat sendiri, kamu juga bisa memberikan benda kembar dan bisa dipakai bersama-sama. Misal membeli satu set batik sarimbit yang bisa kamu kenakan dan pacar. Pakaian lain seperti kaos dan jaket pun bisa diberikan.

Benda selain pakaian yang kembar juga bisa diberikan misal tas atau dompet. Apa pun jenis barang yang akan diberikan, pastikan selalu berguna. Kalau hanya sekadar aksesori ponsel kembar, kesan yang mereka dapatkan tidak akan besar.

6. Cincin untuk Ikatan

Kado wisuda ini tidak wajib dan bisa disesuaikan dengan kesiapan kamu. Kalau memang sudah siap dan ingin memberikan ikatan, beri dia cincin. Bila perlu saat ada orang tuanya, kamu memintanya meski masih tidak resmi.

Kalau kamu dan pacar memang belum siap, kado saja cincin atau perhiasan sebagai tanda kasih sayang. Kamu bisa memberikan gelang atau aksesoris lainnya, tidak harus dengan cincin yang sering dianggap sakral.

7. Belanja Bersama

Belanja bersama dan menghabiskan waktu berdua juga merupakan kado wisuda yang cocok untuk pacar. Kamu bisa mengajak pacar ke pasar, mall, atau toko ritel lain dan membeli barang-barang yang dibutuhkan untuk kerja atau mungkin melanjutkan kuliah ke jenjang yang lebih tinggi.

Tips Memilih Kado Wisuda yang Tepat

Tips Memilih Kado Wisuda

Photo by Kari Shea on Unsplash

Memberikan kado wisuda yang sembarangan berpotensi membuat benda yang diberikan tidak dipakai. Tentu kamu tidak mau kan kalau benda yang susah dicari malah dibiarkan begitu saja. Simak beberapa tips di bawah ini agar kado wisuda yang diberikan bisa berfaedah.

1. Ajak Teman Saat Membelinya, Lupakan Surprise

Elemen kejutan selalu dianggap penting bagi beberapa orang yang ingin memberikan kado wisuda. Sayangnya kejutan tidak selalu berjalan dengan lancar. Kadang bisa gagal dan membuat orang yang diberi malah kecewa. Untuk sementara lupakan kejutan dan ajak teman untuk membelinya.

Misal ajak teman untuk pergi ke toko pakaian dan minta mereka untuk memilihnya. Kira-kira mana yang mereka sukai dan akan digunakan setelah wisuda. Selain pakaian, sepatu dan aksesori lain juga bisa diberikan.

2. Beli Barang yang Berguna untuk Kehidupan Sehari-hari

Beli barang yang sekiranya bisa digunakan untuk kehidupan sehari-hari. Misal kamu memberikan sandal atau tas. Dua benda ini akan sering digunakan meski kamu tidak tahu apa saja yang akan dilakukan oleh teman atau pacar di kemudian hari.

Hindari memberikan sesuatu yang cepat rusak dan tidak berguna. Misal memberikan bunga. Setelah beberapa jam atau hari bunga akan rusak begitu saja. Lebih baik uang untuk beli bunga digunakan untuk membeli benda lain meski sederhana seperti topi atau dompet.

3. Mengetahui Ukuran Barang yang Akan Diberikan

Kalau kamu memang ingin memberikan kejutan kepada pacar atau teman, usahakan mengetahui ukuran barang yang akan diberikan. Kamu harus riset atau bertanya langsung pada teman berapa ukuran pakaian, sepatu, sandal, atau benda lainnya tanpa dicurigai.

Membeli barang tanpa membawa serta temannya memang cukup berisiko. Namun, selama tahu ukurannya, kamu bisa beli dengan tepat atau paling tidak berada sedikit di atasnya.

Baca Juga: Panduan Singkat untuk Kamu yang Tertarik dengan Program Studi Manajemen FEBUI

4. Pahami Kesukaan dari Teman atau Pacar

Memberikan barang yang tidak disukai sebagai kado wisuda tidak akan memberikan efek bahagia pada teman atau pacar. Namun, kalau memberikan barang yang disukai dan selama ini sangat diidamkan tentu berbeda. Mereka akan bahagia menerimanya, apalagi dilakukan saat momen wisuda.

5. Tetap Sesuaikan dengan Kondisi Keuangan

Kalau anak sultan dan memiliki banyak kilang minyak, kado wisuda jenis apa pun mungkin bisa dibeli. Namun, kalau kamu sendiri masih kuliah atau baru saja bekerja, sesuaikan dengan bujet yang dimiliki. Jangan memaksakan diri yang akhirnya mengganggu keuangan kamu sendiri.

Kalau memang hanya mampu memberikan jam tangan atau sandal saja tidak masalah. Kado wisuda sejatinya tidak dilihat dari harga. Asal kamu datang dan ikut merayakan wisuda saja sudah cukup. Yang penting ikut meramaikan agar momen wisuda teman atau pacar berjalan dengan baik.

6. Mengetahui Apa yang Teman atau Pacar Lakukan Pasca Wisuda

Kita selalu menduga kalau orang yang sudah wisuda pasti segera mencari pekerjaan. Jadi, kado yang diberikan bisa dalam bentuk tas atau sepatu. Sayangnya tidak semua orang melakukan itu. Ada yang memilih mencari beasiswa S2 dan melakukan kursus. Selanjutnya ada yang ingin menikah atau istirahat selama setahun terlebih dahulu.

Usahakan untuk mengetahui hal ini agar mampu memberikan kado yang tepat. Apa yang dilakukan di masa depan memang terdengar cukup privat dan tidak akan dibagi pada banyak orang. Meski demikian, kamu tetap bisa memberikan kado yang mendekati daripada tidak sama sekali.

Inilah beberapa ide kado wisuda yang bisa kamu berikan pada teman atau orang yang kamu sayangi. Ide diatas hanya sebagian contoh saja. Kamu bisa melakukan modifikasi sendiri agar sesuai dengan keinginan. Selamat berburu atau membuat kado wisuda!