Mahasiswa punya dosen yang dia nggak suka. Selalu. Ya, nggak? And, with that being said, pasti ada dong dosen yang disukai, entah dari cara ngajar maupun aspek lainnya. Ada banyak mata kuliah yang harus dilalui untuk ngejar batas minimal kelulusan 144 SKS, dan nggak semua mahasiswa mengingat dosen yang bukan pengajar prodinya masing-masing. Tapi tiap mahasiswa pasti punya dosen idola dan pasti pernah terbersit, gimana ya kalo jadi dosen? Nah, buat kamu yang akan, atau setidaknya punya keinginan untuk jadi dosen, ini 4 hal yang mungkin bakal dilakukan kalau kamu beneran jadi dosen.

Bikin Soal dan Ppt Pake Meme

Presentasi kayak gini mah ga zaman! (Sumber:)

Ngejelasin materi kayak gini mah ga zaman! (Sumber:Photo Credit: Paul Stainthorp via Compfight cc)

Iya nggak? Kapan lagi?! Ketika kamu jadi pengajar, dan kamu punya wewenang atas bentuk soal dan materi ajar yang mau kamu bawakan, kenapa enggak? Seru pasti!

“What if I told you, that  there is 6 basic function of language?” #meme Morpheus dari The Matrix.

“I don’t always understand quantum physics, but when I do, I forgot.”

“Ketika saya belajar Politik Luar Negeri Amerika tapi ternyata UAS-nya Filsafat Timur, di situ kadang saya merasa sedih.”

advertisement

Dan lain sebagainya! Bayangin betapa senengnya mahasiswa kamu ketika dosen mereka gaul dan seru abis, sampe bisa bikin soal dan ppt pake meme, meskipun nggak menjamin kalau mereka bakal ngerti ataupun bisa jawab, tapi setidaknya mereka tertarik dan ngerasa nyaman selama kuliah.

 

Keluar Lebih Cepat

Pulang lebih cepat. (Sumber:)

Pulang lebih cepat. (Sumber:Photo Credit: Parker Knight via Compfight cc)

Jadilah dosen pujaan mahasiswa yang bisa dibanggakan dengan selalu keluar lebih dulu dibanding kelas-kelas lainnya. Seru dong, siapa sih yang rela lama-lama di kelas kalo nggak ada lagi yang bisa dibahas? Malah kalau memang nggak penting, liburin aja sekalian pertemuan itu. Diskusi presentasi nggak usah lama-lama kalau emang nggak ada yang mau nanya, biar cepet nyampe kantin hihi.

 

Ngusir Mahasiswa

"Tolong tutup pinut, dari luar." (Sumber: dfmittelkom)

“Tolong tutup pintu, dari luar.” (Sumber: dfmittelkom)

Pernah diusir dari kelas? Balas dendam gih. Kalaupun kamu nggak pernah diusir, niscaya, zaman apa pun dan di mana pun, pasti ada mahasiswa yang bikin gedek mau nabok pake bantal yang diisi batre bekas. Mahasiswa yang sok nyeletuk lucu tapi failed. Basi abis. Atau emang yang struktur mukanya ngeledek kalo ngajak ngomong. Nah, usir deh tuh. Eits, tapi ngusirnya nggak sembarangan. Pake cara yang lembut dan cerdas, kayak gini nih.

*Jalan ke pintu, buka pintu kelas, terus duduk lagi di kursi dosen*

advertisement

“Kipli.”

“ Iya, pak?”

“Bisa tolong tutup pintunya?”

*si kipli bergerak ke pintu dan menutup pintunya*

“Loh, Pli, siapa bilang dari dalem? Tutup pintunya dari luar.”

*kipli bengong*

Voila, kamu baru saja berhasil mengusir mahasiswa jayus dari kelas! Ibarat main game, langsung achievement unlocked.

 

Buka Kelas di Kantin

Belajar di kantin boleh juga. (Sumber: manshurzikri)

Belajar di kantin boleh juga. (Sumber: manshurzikri)

Ini harus banget. Misalnya Senin pagi pukul 8 seharusnya ada kelas dan kerja kelompok untuk studi kasus. Kagetin mahasiswa kamu ketika mereka udah ngumpul di dalem kelas, ajak mereka keluar ngebawa tasnya, dan dateng ke kantin. Suruh mereka duduk di meja berbeda sesuai dengan kelompoknya, dan kelas dimulai. Seru, dong? Mereka bisa studi kasus sambil sarapan, kamu juga bisa nimbrung ke masing-masing meja kelompok, dan cuilin makanan atau icip-icip minumannya mereka. Merekanya seru, kamu dapet sarapan gratis. Cobain deh.

See? Jadi dosen nggak selalu harus galak dan kaku kok! Lakuin aja hal-hal seru kaya hal-hal di atas. Siapa tau bisa menginspirasi mahasiswa untuk jadi dosen gaul dan inspiratif juga. Yuk, share tulisan ini via Facebook, Twitter dan Line kamu, biar calon-calon dosen nanti ga jadi dosen kaku dan membosankan!

 



[reaction_buttons]