Masuk ke semester ganjil lagi, artinya kedatangan mahasiswa baru lagi! Selain itu, ini juga tandanya akan banyak UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) dan komunitas yang datang dan mempromosikan dirinya supaya bisa segera dilirik oleh para mahasiswa baru yang ingin mencoba hal-hal baru, termasuk UKM dan komunitas untuk mengisi masa muda mereka sebagai mahasiswa.

Dengan banyaknya UKM yang ada di Universitas Indonesia, apalagi ditambah komunitas-komunitas yang dibentuk oleh para mahasiswa, tentu kalian mahasiswa baru calon pendaftar jadi makin bingung, dong? Nah, sebelum nanti mengikuti acara display UKM, kalian bisa mulai memilah-milah UKM yang ingin kalian lirik sesuai dengan minat dan kegemaran kalian. Misalnya, jika kalian suka musik, kalian bisa memilah-milah mana saja UKM dan komunitas yang dapat memfasilitasi kalian dalam hobi kalian bermusik.

Kali ini, anakUI.com bakal bahas mengenai UKM-UKM dan komunitas yang akan pas buat kalian penyuka musik dan para musisi! Yuk catat, dan jangan lupa untuk kepoin sebelum daftar!

advertisement

1. Paduan Suara Mahasiswa UI Paragita

Konser LINIMASA 35 Tahun Paragita. (source: inforial.tempo.co)

Siapa sih yang gak kenal Pak Dibyo, sang pelatih paduan suara mahasiswa baru setiap Sabtu dan Minggu di Balairung? Ternyata, Pak Dibyo atau AG. Sudibyo merupakan salah satu pendiri berdirinya UKM Paduan Suara Mahasiswa UI Paragita, loh!

PSM UI Paragita atau yang sering disebut dengan panggilan Paragita (memiliki arti suara yang megah dan agung) ini adalah UKM yang bergerak di bidang paduan suara. UKM ini didirikan tanggal 29 Agustus 1983 oleh Drs. Max Rukmarata (dosen Fakultas Sastra UI), Liliek Sugiarto (Pelatih) dan AG. Sudibyo. Bagi kalian yang suka bernyanyi di paduan suara, Paragita adalah UKM yang tepat karena kalian akan belajar bernyanyi dengan teknik paduan suara yang benar dengan pelatih-pelatih yang expert di bidangnya. Tapi, selain belajar bernyanyi kalian juga bisa belajar berorganisasi, loh!

Selain itu, Paragita juga banyak mengukir prestasi di dalam maupun di luar negeri, loh. Beberapa diantaranya adalah Juara 2 Kategori Musica Sacra di Pesparawi Mahasiswa Nasional (2018) di Manokwari dan Juara 2 Kategori Mixed Choir di Spanyol dan Italia tahun 2014. Wah, keren banget, ya! Untuk kamu yang ingin bergabung dengan Paragita, siap-siap ya pantengin instagramnya di @paragitachoir.

advertisement

BACA JUGA: 5 Alasan Kenapa Kamu Harus Jadi Anggota Paragita

2. Orkes Simfoni UI Mahawaditra

OSUI Mahawaditra beberapa kali telah mengadakan konser dan mengikuti kompetisi internasional. (source: mahawaditra.ui.ac.id)

Ingin merasakan bermain musik di dalam orkestra, kayak di film-film atau lagu-lagu klasik? Gak usah jauh-jauh, kalian bisa mendapatkan pengalaman tersebut di Orkes Simfoni Universitas Indonesia Mahawaditra atau yang akrab disebut dengan OSUI Mahawaditra!

OSUI Mahawaditra telah berdiri sejak 11 Juni 1983. Nama “Mahawaditra” berasal dari bahasa Sansekerta yang memiliki arti ‘suara yang agung’. Kalau lihat latar belakang UI yang gak memiliki jurusan musik, tentu OSUI Mahawaditra memiliki kekhasannya sendiri. Salah satu yang bikin keren, OSUI Mahawaditra adalah orkestra pertama yang bermain dalam Australian International Music Festival di Sydney Opera House dan mendapat penghargaan Silver Diploma, loh!

advertisement

Di OSUI Mahawaditra, kalian akan belajar musik orkestra dengan pelatih dan pengaba profesional. Selain itu, kalian juga bakal ikut banyak workshop dan masterclass dari pemain profesional, loh. Jadi tenang aja, biarpun UI tidak memiliki jurusan musik, namun kalian tetap bisa belajar musik melalui OSUI Mahawaditra. Eits, tapi disini gak hanya belajar musik aja, namun juga belajar berorganisasi!

OSUI Mahawaditra juga banyak mengukir prestasi, loh. Beberapa diantaranya adalah di International Ivory Grateful Concert, Singapore (2014) dan ASEAN Youth Cultural Forum (2014). Ingin bergabung dengan OSUI Mahawaditra, atau sekadar kepoin kegiatan dan musik mereka? Rajin-rajin cek @osuimahawaditra, ya!

3. Marching Band Madah Bahana UI

Madah Bahana saat tampil di GPMB 2014. (Sumber: Pubdok MBUI)

Nah, untuk kalian yang tertarik dengan Marching Band, bisa coba bergabung dengan Madah Bahana UI atau akrab disebut dengan MBUI! Nama “Madah Bahana” sendiri dirancang oleh Rektor Universitas Indonesia, Prof. DR. Nugroho Notosusanto (alm), pada tanggal 17 Mei 1983 dan memiliki arti ‘hymne yang berbunyi nyaring.’

advertisement

MBUI sendiri merupakan UKM yang bergerak di bidang marching dan instrumentasi. Jadi, selain belajar bermusik alat musik ritmis dan melodis, kalian juga akan berlatih fisik dan gerakan-gerakan tertentu untuk bermain dalam marching band. Tapi tenang aja guys, karena semua ini akan diajarkan dari nol loh! Dan selain itu, kalian juga bisa belajar berorganisasi di MBUI.

MBUI juga memiliki banyak prestasi baik di dalam dan di luar negeri loh, guys. Prestasi terbaru mereka adalah Juara I Soundsport Challenge, Indonesia Drum Corps Championship, 2019 dan Third Place, Brasswinds Competition WGI THAILAND, 2017. Ingin juga mengukir prestasi bersama MBUI? Kepoin instagramnya @madahbahana supaya nggak ketinggalan pendaftarannya, ya!

4. Karawitan Jawa Sekar Widya Makara (SWM)

Penasaran dengan budaya Jawa? Yuk belajar bersama di SWM. (source: bem.ui.ac.id)

Nah, untuk kalian yang tertarik melestarikan budaya Indonesia khususnya alat musik tradisional Jawa (gamelan Jawa), kalian bisa bergabung dengan UKM Sekar Widya Makara atau yang sering disebut dengan SWM. SWM sendiri terbentuk mulai tahun 2015 dengan jumlah anggota aktif sekitar 30 orang dan semakin berkembang sampai saat ini.

Disini bakal ngapain aja, ya? Tentunya akan ada latihan rutin yang diadakan di Pusgiwa UI. Namun, selain itu juga kalian akan mengikuti pentas wilujengan yang merupakan pentas tahunan SWM, serta kompetisi-kompetisi yang diadakan di Jabodetabek maupun luar Jabodetabek. Kalian juga gak hanya akan belajar memainkan alat musik karawitan saja loh, namun juga akan belajar mengenai budaya dan filosofi dari alat musik dan lagu-lagu yang dimainkan.

Prestasi SWM banyak, loh! Beberapa diantaranya SWM berprestasi di lomba Atmajaya Festival, Festival Tungguk Tembakau dan PBJ Festival. Keren ya, gak hanya melestarikan budaya namun juga mengukir prestasi. Untuk yang mau bergabung dengan SWM, bisa langsung kontak instagramnya @swm_ui!

BACA JUGA: 7 Hal Tentang Vocademia UI yang Harus Kamu Ketahui

5. Vocalista Academia Universitas Indonesia

Vocademia UI saat tampil di The 6th Canta Al Mar. (source: Humas dan KIP UI)

Kalau yang ini, merupakan UKM baru yang bergerak di bidang tarik suara juga. Berbeda dengan Paragita, Vocalista Academia Universitas Indonesia (Vocademia UI) bergerak di bidang tarik suara dalam bentuk vocal group yang lebih ngepop.

Vocademia yang dulunya merupakan komunitas ini akan mengajak kalian untuk gak hanya sekadar belajar bernyanyi dalam harmoni, namun juga mengekspresikan nyanyian tersebut melalui ekspresi, aksi panggung dan koreografi tarian loh! Vocademia juga beberapa kali pernah tampil di TV, beberapa diantaranya adalah acara Hitam Putih dan Indonesia Morning Show Net TV.

Gak hanya tampil di acara-acara saja, Vocademia juga mengukir prestasi di dalam dan luar negeri loh! Beberapa diantaranya adalah juara 2 di PEKSIMINAS 2018 dan juara 1 di PEKSIMINAS 2016. Selain itu, Vocademia juga juara di kompetisi Internasional di Korea Selatan dan Barcelona, Spanyol dan meraih juara 1, loh. Keren banget, ya! Untuk yang tertarik, bisa kepoin instagramnya di @vocademiaui!

6. Komunitas Musik Betawi UI

Komunitas Musik Betawi UI saat tampil di FIB UI. (source: instagram.com/evitasari222)

Nah, kalau yang ini merupakan komunitas baru di UI yaitu Komunitas Musik Betawi UI. Untuk kalian yang penasaran dengan musik Betawi, ini tempat yang pas untukmu! Komunitas Musik Betawi UI saat ini berfokus pada Gambang Kromong dan melaksanakan latihan di hari Sabtu pukul 14.00-17.00.

Komunitas Musik Betawi UI sendiri pernah tampil di LKB Nyaba Kampus di FIB UI 2019 lalu dan diliput oleh Majalahbetawi, loh. Penasaran dengan mereka, atau bahkan mau coba bergabung? Kepoin instagram mereka di @musikbetawiui!

***

Gimana, sudah tahu mengenai UKM dan komunitas musik di UI? Nah, sekarang saatnya mempersiapkan diri untuk bergabung ya, termasuk mengatur waktu berkegiatan dan berkuliah dengan baik. Untuk kalian yang ingin tahu lebih banyak tentang seputar bermusik di UI, bisa cek instagram @senimusik.ui. Selamat bermusik, para musisi UI!

BACA JUGA: Gaslighting, Apakah Saya Baik-Baik Saja?