Kalian yang Akan Turun ke Jalan, Wajib Persiapkan Hal Ini Sebelum Terlambat!

Wahai kalian yang turun ke jalan, wahai kalian yang rindu kemenangan! Wajib mempersiapkan hal-hal ini. Demi aksi slamat sentosa~


0

Wajib Persiapkan Hal ini Sebelum Kamu Mengikuti Aksi Demo. Aksi penolakan Omnibus Law terjadi di mana-mana, perlu diingat bahwa Indonesia masih dilanda pandemi virus covid-19, maka dari itu sebelum berangkat aksi sebaiknya kamu persiapkan hal-hal di bawah ini. Kita kelompokkan menjadi dua yak yakni persiapan secara digital dan persiapan secara fisik.

Perlindungan diri digital

1. Gunakan pin untuk mengaktifkan smartphone

Sumber: chesbro on security

Jangan gunakan sistem face id (membuka hp dengan deteksi wajah) atau finger print (membuka hp dengan menempalkan sidik jari) pada smartphone kita. Gunakanlah sistem keamanan berupa pin atau password, hal ini untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan dan lebih sulit bagi orang lain untuk memaksa masuk ke smartphone kita. Untuk berjaga-jaga pasang pula password di beberapa aplikasi yang penting atau aplikasi yang paling sering kita gunakan.

2. Backup Datamu

Sumber: pribadi

Sebelum berangkat pastikan semua data penting di smartphone milikmu sudak di-backup, hal ini selain dilakukan untuk berjaga-jaga kalau smartphone-mu rusak atau hilang, saat melakukan aksi demo bisa saja seseorang meretas smartphone-mu atau memaksa kamu untuk memperlihatkan apa saja data yang ada di smartphone tersebut.

Setelah mem-backup data yang penting, hapus data seperti foto atau video yang sekiranya dianggap bisa membahayakanmu, selain agar lebih aman, mem-backup data membuat kamu tidak perlu panik jika kehilangan data yang hilang.

3. Log out

Sumber: pribadi

Log out semua akun dan aplikasi yang tidak akan kamu gunakan selama aksi, seperti e-mail, Instagram, dan lain-lain. Gunakan platform komunikasi yang aman, dan hapus semua riwayat pesan yang kamu punya, begitu pula dengan riwayat panggilan telefon, atau riwayat penggilan telefon via platform aplikasi chatting lainnya. Selain menjaga keamananmu, hal ini juga turut menjaga orang-orang yang berkomunikasi denganmu.

BACA JUGA: Mahasiswi Misterius Penumpang Taksi di Gerbatama UI, Begini Kisahnya

4. Matikan GPS

Sumber: addictivetips.com

Matikan layanan lokasi/GPS yang ada di dalam smartphone-mu. Gunakan hanya pada saat kamu membutuhkannya, jangan lupa untuk membawa powerbank agar smartphone-mu tidak kehabisan daya.

5. Simpan nomor darurat

Sumber: gadgetsnow.com

Simpan dan bila memungkinkan hafalkan nomor darurat yang bisa kamu hubungi bila kamu dalam keadaan gawat, bisa berupa nomor keluarga atau nomor lembaga bantuan hukum.

Persiapan secara fisik

1. Pahami rute

Sebelum kamu berangkat pastikan kamu mengetahui rute aksi, dari mana dan akan bergerak kemana rombonganmu dan ketahui pula rute evakuasi. Hal ini dibutuhkan jika ada kebutuhan mendesak seperti kebutuhan untuk jalur ambulan, dan lain-lain.

2. Ketahui lokasi para medis

Sumber: makassar.terkini.id

Hal ini tidak kalah penting untuk kamu ketahui, tanya kepada koordinator aksi di kampusmu atau kamu bisa mengetahuinya lewat media sosial seperti Twitter atau Instagram.

BACA JUGA: Meditasi Mindfulness, Pertolongan Dalam Mengatasi Kecemasan

3. Siapkan stamina

Pastikan kamu makan sebelum berangkat untuk aksi unjuk rasa, jika kamu memiliki penyakit bawaan maag jangan lupa untuk membawa obat maag. Jangan lupa untuk membawa air minum yang banyak, air minum berguna untuk membersihkan luka atau menyiram mata yang terkena gas air mata, pastikan teman-temanmu membawa air minum sendiri-sendiri hal ini berguna untuk menghindari penyebaran virus COVID-19.

4. Bawa perlengkapan demo

Sumber: jokervariasimotor

Bawa perlengkapan demo yang mudah dibawa, pastikan ukurannya tepat, dan kalau bisa buat properti demo yang awet tidak mudah sobek ataupun rusak.

5. Obat-obatan pribadi

Sumber: keluyuran.com

Bawa obat-obatan pribadi seperti obat maag, nebulizer bila kamu mempunyai riwayat asma, dan bawa alat P3K. Jangan lupa untuk membawa air minum yang cukup untuk berjaga-jaga.

6. Beritahu orang lain

Penting untuk memberi tahu orang lain khususnya anggota keluarga dan kawan dekat bahwa kamu mengikuti aksi. Hal ini penting agar keluarga atau kawanmu bisa mencarimu ketika hilang kontak.

Nah itulah persiapan penting sebelum kamu mengikuti aksi demo baik persiapan secara digital maupun persiapan secara fisik. Semoga bermanfaat

BACA JUGA: 4 Pertolongan Pertama Saat Demo, Karena Uluran Tanganmu Begitu Berarti! 


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

like like
0
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
1
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf
Rahmadianty Alivia
Vokasi - Komunikasi Penyiaran Multimedia (2019)