Kamu MABA UI? Yuk Cek Fasilitas UI ini untuk Pengembangan Diri!

Kamu ingin self imporcement tapi terhalang ama fasilitas yang serba terbatas? Yuk simak fasilitas yang diberikan UI secara cuma-cuma buat kamu biar kamu makin maksimal menjadi mahasiswa!


0

Sebagai mahasiswa pasti sering banget kan ya kepingin self improvement, tapi terhalang fasilitas yang serba terbatas pemakaiannya. Rasanya semangat untuk improve diri sendiri jadi berkurang banget setelah tahu kalau fasilitas yang kita punya gak mendukung.

Sumber: lightpdf.org

Eiitss, tapi kalau kamu mahasiswa UI, kamu ga perlu khawatir tentang hal itu, karena pihak universitas sangat memfasilitasi mahasiswanya untuk dapat belajar secara maksimal sekaligus mengembangkan diri mereka.

Fasilitas apa aja sih yang disediain UI? Penasaran kan yaa? Yuk, simak fasilitas UI untuk Self Improvement!

1) Jurnal Lib UI

Tau gak sih? Salah satu fasilitas untuk sivitas akademika UI yang sangat mudah untuk diakses adalah jurnal online. Fasilitas ini diberikan dengan tujuan agar sivitas akademika dapat melakukan proses belajar mengajar dan penelitian dengan lebih mudah dengan adanya bahan referensi dari beberapa jurnal online. Jadi kalau kamu ada tugas makalah, presentasi, maupun penelitian, kamu ga perlu bingung. Kamu hanya cukup mengakses Jurnal Online dari Lib UI yang kamu butuhkan tanpa harus berselancar jauh tak menentu di internet.

Caranya gampang banget, kunjungi Remote Lib UI, lalu kamu akan diarahkan ke SSO (Single Sign On) dan silakan login, kemudian pada database menu pilih site yang kamu inginkan, dan yup kamu bisa mengakses dan mendownload jurnal yang tersedia. Tapi, kamu harus mematuhi tata tertib penggunaan fasilitas tersebut ya, kalau kamu melakukan pelanggaran kamu akan dikenakan sanksi.

BACA JUGA: Saatnya Mengubah Paper Tugas Menjadi Portfolio Jurnal Ilmiah

2. Grammarly Premium

Sumber: tataphoton.com

Grammarly tuh apaan ya? Jadi, Grammarly adalah aplikasi yang dapat memeriksa penulisan dalam suatu artikel atau makalah. Beberapa fungsi grammarly, diantaranya:

  • Memeriksa ejaan, tata bahasa, dan tanda baca
  • Penjelasan dan saran kata
  • Memeriksa plagiarisme & kata berulang
  • Menjelaskan aturan tata bahasa
  • Memiliki aplikasi desktop, dan
  • Dapat terintegrasi dengan Microsoft Office!

Aplikasi ini sebenarnya udah sering banget dipakai sama mahasiswa, sayangnya aplikasi ini berbayar. Tapi, sebagai mahasiswa UI, kamu ga perlu khawatir, karena UI memfasilitasi setiap mahasiswanya dengan grammarly premium hanya dengan menggunakan email UI.

Kamu cukup “sign up dengan akun google”, kemudian pilih dengan menggunakan akun UI, lalu log in, dan tada! Akun Grammarly premium kamu siap digunakan! Ga ribet sama sekali bukan? (Sumber foto: grammarly.com)

3. Beasiswa UI

Sumber: beasiswa.ui.ac.id

Tahukah kamu? UI punya website Beasiswa UI loh. Sistem ini dibangun agar para pemburu beasiswa di UI mudah menelusuri informasi mengenai beasiswa yang ada di UI baik beasiswa internal maupun eksternal UI. Website ini mempermudah mengakses informasi mengenai proses beasiswa dimulai dari pendaftaran, penerimaan, hingga bagaimana pencairan dana beasiswa tersebut kepada penerima. Kamu juga bisa mengecek IPK kamu yang terbaru di website tersebut, bahkan kerap kali Beasiswa UI lebih update dibandingkan dengan SIAK NG.

Untuk mengetahui sistem tersebut secara lebih rinci, kamu boleh langsung mengunjungi https://bit.ly/3keSNNp. UI sangat mendukung setiap mahasiswanya untuk memperoleh beasiswa, jadi tunggu apa lagi nih? Kalau kamu scholarship hunter, cusss langsung kunjungi website beasiswa UI.

BACA JUGA: Pengalaman Mendapatkan Beasiswa S2 di Taiwan oleh Azhar Fikri

4. Akses dan download Microsoft Office 365 gratis

Sumber: idntimes.com

Anak UI kok nugas pake aplikasi bajakan? No lah ya. Sebagai anak UI, kamu harus memanfaatkan fasilitas Microsoft Office 365 yang digratiskan buat kamu, sobat UI. Aplikasi Office 365 ini berupa paket, yang terdiri dari banyak aplikasi produktivitas seperti Word, Power Point, Excel, One Note, dll. yang tentunya bisa kamu gunakan secara online maupun offline. Semua fasilitas ini dapat kamu miliki hanya dengan menggunakan akun SSO UI, loh.

Supaya kamu ga bingung, kamu boleh menonton video ini bit.ly/mauoffice365UI untuk melihat tutorial mendapatkan Ms. Office 365 gratis, sedangkan untuk aktivasi akun, kamu boleh langsung cao ke http://office365.ui.ac.id.

So, itu dia fasilitas-fasilitas yang disediakan oleh UI secara cuma-cuma untuk meningkatkan kualitas diri kamu sebagai seorang mahasiswa.

Jadi ga ada lagi dong ya buat males-malesan pakai alasan terbatas sarana dan prasarana untuk mengembangkan diri? Kan ada UI yang memfasilitasi haha. Salam sehat semuanya!

BACA JUGA: Selain Klinik Satelit, Kamu Bisa Konsultasi Psikologis Di Sini Lho!


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

like like
0
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf
Andreas Chrisdikananda
Andreas Chrisdikananda adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis program studi Akuntansi angkatan 2017. Yuk, Baca artikel dari saya lainnya

0 Comments

Leave a Reply