Kamu Mahasiswa yang Mau Ngekos? Jangan Lupa Perhatikan 3 Hal Ini!

Jangan malas untuk mencari informasi mengenai hal-hal terkait pemilihan kos-kosan agar kamu bisa mendapatkan tempat tinggal sesuai yang kamu inginkan sehingga memenuhi hakikatmu sebagai anak perantauan sejati.


0

Kuliah di tempat yang jauh dari kampung halaman merupakan hal yang banyak terjadi pada para mahasiswa. Karena tinggal jauh atau biasa kita sebut dengan merantau, pastinya harus mempersiapkan untuk hidup sendiri termasuk yang utama adalah tempat tinggal. Biasanya para mahasiswa yang merantau memilih untuk tinggal di kos-kosan. Nah, buat kamu yang berada pada posisi tersebut berikut adalah tiga hal yang penting untuk kamu perhatikan dalam memilih kos-kosan.

1. Lokasi

Sebuah Jalan di Kutek UI

Hal yang penting untuk kamu periksa dalam memilih kos kosan pastinya adalah lokasi. Pastikan kamu memilih kos-kosan dengan lokasi yang strategis dan aman serta sesuai untuk kamu. Dengan memperhatikan jarak lokasi dari kos-kosan kamu ke kampus kamu juga bisa mempertimbangkan estimasi waktu kamu apakah bisa menyesuaikan dengan keseharian kamu dan juga apakah kamu membutuhkan transportasi penunjang atau tidak. Lokasi yang strategis selain mempermudah kegiatan kamu juga bisa membantu kamu menghemat biaya karena tidak membutuhkan transportasi.

Selain jarak, hal yang harus dipertimbangkan adalah akses jalan dan juga kondisi di sekitar kos-kosan tersebut. Pastikan bahwa akses jalannya mudah sehingga akan memudahkan mobilisasi kamu dan juga dekat dengan beberapa tempat untuk menunjang kehidupan sehari-hari kamu nantinya seperti tempat makan atau juga warung untuk kamu membeli keperluan mendadak.

Di sekitar UI sendiri banyak sekali kos-kosan di tempat strategis yang bisa kamu sesuaikan dengan fakultas kamu. Sebagai contoh jika kamu adalah anak teknik kamu bisa mencari kos-kosan di sekitar kutek (kukusan teknik) atau jika kamu adalah anak kedokteran kamu bisa mencari kos-kosan di sekitar pondok cina.

BACA JUGA: Karena Maba Wajib Tahu, Ini Dia 6 Daerah Kost di Sekitar UI

2. Fasilitas

Sumber: gotomall

Ini merupakan hal yang harus diperhatikan namun sifatnya lebih fleksibel. Kamu  harus memeriksa apa saja fasilitas yang disediakan oleh kos-kosan kamu. Dengan demikian, kamu bisa menyesuaikan dengan diri kamu agar kamu merasa nyaman saat berada di kos-kosan.

Di sekitar UI sendiri banyak sekali kos-kosan dengan berbagai pilihan fasilitas yang bisa kamu sesuaikan dengan diri kamu. Jika kamu tidak ingin membawa banyak peralatan, sudah banyak kos-kosan yang telah menyediakan faslitas seperti kasur, lemari hingga meja belajar. Namun, jika kamu ingin membawa barang-barangmu sendiri kamu bisa memilih kos-kosan yang masih kosong.

Jika kamu ingin fasilitas yang lengkap juga sudah banyak kos-kosan yang menyediakan fasilitas seperti AC dan juga wifi gratis sehingga menghemat biaya kamu juga untuk membayar internet dalam mengerjakan tugas. Kamu juga harus memeriksa fasilitas lainnya yang ada sesuai dengan yang kamu butuhkan seperti dapur umum, toilet dalam kamar, hingga laundry.

3. Biaya

Hal utama yang pastinya sangat penting untuk dipertimbangkan adalah biaya. Adanya fasilitas yang lengkap, lokasi yang strategis pastinya juga akan beriringan dengan biaya yang cukup besar. Oleh karena itu, penting untuk kamu banyak mencari tahu dan survey kisaran harga yang sesuai dengan kantong kamu karena kamu akan tinggal dengan waktu cukup lama. Tidak sedikit kok kos-kosan yang memilki fasilitas yang baik, lokasi yang strategis dengan harga yang terjangkau asalkan kamu mencari tahu baik-baik. Kamu bisa mendapatkan informasinya dari kakak kelas kamu yang kos disekitar daerah yang ingin kamu pilih atau bisa melalui berbagai situs yang ada.

Itu dia 3 hal yang harus kamu perhatikan dalam memilih kos-kosan. Jangan malas untuk mencari informasi mengenai ketiga hal tersebut ya agar kamu bisa mendapatkan kos-kosan sesuai yang kamu inginkan.

BACA JUGA: Mahasiswa UI Asli Jabodetabek, Pilih PP atau Ngekos?


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

like like
0
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf
Matary Puspita Gatot
Orang-orang biasa memanggilku Tary. Aku lulusan Teknik Metalurgi dan Material angkatan 2015. Selain menulis, aku tertarik mempelajari hal-hal baru dan tertarik pada dunia beauty dan entertainment.