Sidang Skripsi Bukan Momok Yang Menakutkan, Simak Deh 4 Tips Ini!

Sidang skripsi merupakan salah satu momen yang paling menegangkan dan juga menakutkan selama menjalani masa perkuliahan, karena sidang ini akan menentukan nasib kelulusan kita. Oleh karena itu, kamu perlu benar-benar mempersiapkan momen sidang ini dengan sebaik-baiknya. Berikut ini adalah tips mengenai hal-hal yang harus kamu persiapkan untuk menghadapi sidang skripsi!


0
menghadapi sidang skripsi

Kamu Mau Sidang Skripsi? Simak Deh 4 Tips Ini! Setelah menyelesaikan skripsi pasti kita akan merasa senang dan cukup lega, namun pastinya kita belum bisa merasa benar-benar lega karena masih ada satu kewajiban yang harus dilakukan yaitu sidang skripsi. Sidang skripsi merupakan salah satu momen yang paling menegangkan dan juga menakutkan selama menjalani masa perkuliahan, karena sidang ini akan menentukan nasib kelulusan kita. Oleh karena itu, kamu perlu benar-benar mempersiapkan momen sidang ini dengan sebaik-baiknya. Berikut ini adalah tips mengenai hal-hal yang harus kamu persiapkan untuk menghadapi sidang skripsi

1. Kuasai topik penelitian kamu dan persiapkan presentasi kamu semaksimal mungkin

Sumber: namsankoreancourse.com

Secara umum, isi dari sidang skripsi adalah kita mempresentasikan hasil penelitian yang kita lakukan dan kemudian dilanjutkan dengan tanya jawab terkait dengan segala yang berhubungan dengan topik skripsi yang kita buat. Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk mempelajari dengan baik hasil tulisan yang telah kamu buat.

Pelajari secara keseluruhan agar kamu benar-benar mengetahui apa yang telah kamu tulis beserta literaturnya. Buatlah list pertanyaan mengenai topik yang kira-kira akan ditanyakan pada skripsi kamu, kemudian pelajari lebih lanjut jika kamu tidak mengetahui jawabannya. Hal ini untuk memastikan bahwa kamu telah menguasai keseluruhan skripsi yang kamu buat.

Selain mempelajari keseluruhan skripsi, kamu juga harus memastikan bahwa presentasi yang kamu buat singkat, padat dan informatif. Kamu harus benar-benar menguasai presentasi yang akan kamu sampaikan, jangan lupa untuk melakukan latihan presentasi agar kamu benar-benar siap dalam mempresentasikan hasil penelitian kamu nanti. Hal ini juga membantu agar para penguji benar-benar paham topik apa yang kamu kerjakan dan bagaimana hasilnya.

2. Pastikan semua hal sudah dipersiapkan dengan baik

Sumber: techengage.com

Sebelum menjalankan sidang skripsi. Buatlah list apa saja yang diperlukan saat menjalankan sidang skripsi secara detail. Hal ini untuk memastikan bahwa tidak ada satupun hal yang terlupa dan semua disiapkan dengan baik karena tidak terburu-buru. Hal-hal yang perlu kamu persiapkan diantaranya adalah presentasi yang sudah kamu siapkan pada media penyimpanan seperti flashdisk, hardcopy dari skripsi kamu, hingga hal-hal kecil seperti pakaian yang akan kamu kenakan.

Jika kamu menjalankan sidang di kampus kamu harus memastikan ruangan dengan segala fasilitas penunjang untuk kamu melaksanakan presentasi telah tersedia dengan baik. Namun, jika kamu menjalankan sidang secara virtual kamu harus mempersiapkan alat penunjang presentasi kamu seperti laptop, mouse, koneksi internet yang mendukung bahkan memilih spot dimana kamu akan melakukan presentasi tersebut agar bisa menjalankannya dengan kondusif.

3. Percaya diri dan jangan takut!

Sumber: lediag.net

Hal ini kadang dianggap sepele namun ini penting sekali saat kita menghadapi sidang skripsi. Kamu harus benar-benar membangun kepercayaan diri kamu dan bersikap tenang. Hal ini agar kamu bisa menyampaikan hasil penelitian kamu dengan baik dan juga dapat menjawab pertanyaan penguji sesuai dengan apa yang ia tanyakan.

Terkadang, hal yang membuat sidang memakan waktu lama adalah karena kita gugup sehingga kita menyampaikan presentasi dengan tidak jelas atau menjawab terlalu berbelit-belit. Akibatnya, penguji menjadi bingung dengan hasil penelitian kamu dan akan membuat mereka terus bertanya dan jika kamu terlihat tidak menguasai materi bisa berdampak pada nilai akhir kamu. Sidang skripsi tidak semenakutkan itu, kok!

Kamu tidak perlu merasa khawatir atau gugup berlebihan karena kamu yang membuat skripsi kamu sendiri sehingga pastinya kamu benar-benar menguasai hasil penelitian kamu karena kamu yang paling mengetahuinya.

4. Persiapkan outfit terbaik kamu!

Sumber: dokumentasi penulis

Ini merupakan hal yang tidak kalah penting saat menjalani sidang skripsi. Kamu harus menggunakan pakaian yang rapih dan sopan agar kamu terlihat formal saat menjalani sidang skripsi. Hal ini penting untuk kamu lakukan meskipun kamu hanya menjalankan sidang melalui via online.

Selain agar terlihat sopan dihadapan para dosen penguji, berpenampilan formal akan membuat kamu terlihat lebih percaya diri saat menjalankan sidang. Untuk laki-laki, kamu bisa menunjang penampilan kamu dengan kemeja dan celana bahan. Kamu juga bisa melengkapi penampilan kamu dengan jas atau dasi jika kamu ingin terlihat lebih rapih.

Sedangkan untuk perempuan, kamu bisa menggunakan blouse atau kemeja yang bisa dilengkapi dengan jas kemudian menggunakan rok atau celana bahan. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan dress formal.

Persiapkan baju yang ingin kamu kenakan saat melaksanakan sidang, karena selain meningkatkan kepercayaan diri kamu juga pastinya akan mengabadikan momen penting tersebut. Jadi, pastikan kamu terlihat kece ya!

***

Itulah beberapa tips agar kamu bisa benar-benar siap dalam menjalankan sidang skripsi. Jangan lupa juga berdoa agar kamu diberi kelancaran oleh Tuhan saat menjalankan sidang. Jadi, sudah siap kan menghadapi sidang skripsi?


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

like like
0
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf
Matary Puspita Gatot
Orang-orang biasa memanggilku Tary. Aku lulusan Teknik Metalurgi dan Material angkatan 2015. Selain menulis, aku tertarik mempelajari hal-hal baru dan tertarik pada dunia beauty dan entertainment.

0 Comments

Leave a Reply

Choose A Format
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals