Kamu Yang Mana, Ini Tipe-Tipe Mahasiswa di UI Berdasarkan MBTI-nya! (Introversion-Judging Series)

Untuk artikel kali ini, kita akan membahas 4 dari 16 kepribadian MBTI terlebih dahulu. Kira-kira mereka tipe mahasiswa yang seperti apa sih mereka di UI?


0

Pernah denger tentang MBTI? Pastinya pernah dong! Yup, MBTI atau Myers-Briggs Type Indicator pada awalnya merupakan sebuah psikotes yang dikembangkan berdasarkan teori kepribadian Carl Jung. Namun bagi orang awam yang mencoba untuk mengerjakan tes ini, MBTI biasanya lebih berupa tipe kepribadian yang dapat digunakan untuk menjelaskan preferensi dan cara pandang seseorang dalam melihat dunia. Untuk kamu yang  belum tahu apa tipe kepribadianmu, kamu bisa mencoba tesnya secara gratis di  16personalities.com.

Dalam tes ini, terdapat empat dimensi kecenderungan sifat manusia, yaitu:

1. Dimensi atensi: Introvert (I) vs. Ekstrovert (E)

2. Dimensi memahami informasi luar: Sensing (S) vs. Intuition (N)

3. Dimensi menarik kesimpulan dan keputusan: Thinking (T) vs. Feeling (F)

4. Dimensi pola hidup: Judging (J) vs. Perceiving (P)

Kepribadian-kepribadian secara total berjumlah 16 tipe, dan mereka ada di sekitar kita, terutama selama kita berkuliah di Universitas Indonesia.

Namun untuk artikel kali ini, kita hanya membahas 4 terlebih dahulu.

Kira-kira mereka tipe mahasiswa yang seperti apa sih?

ISTJ (Introversion Sensing Thinking Judging)

Kalau kamu punya temen ISTJ, kamu pasti akan terkagum-kagum melihat betapa terorganisirnya mereka. Mereka juga cenderung pendiam dan langsung mengerjakan tugas kuliahnya dengan cepat. Saat menjadi anggota suatu organisasi atau kepanitiaan, mereka memiliki komitmen yang besar dan merencanakan sesuatu dengan sangat detail.

Sayangnya, kebiasaan mereka ini justru membuat mereka sulit untuk menghadirkan ide-ide baru yang menarik. Orang-orang di sekitar mereka pun akhirnya berpikir bahwa mereka tipe orang yang ‘go with the flow’. Walaupun gak selalu, biasanya mereka dapat ditemukan dengan mudah di jurusan ekonomi, kedokteran gigi, dan geologi.

INFJ (Introversion Intuition Feeling Judging)

Punya temen yang enak banget diajak ngomong, tuker pikiran, sampe curhat ini itu? Yap, mungkin aja temenmu itu adalah INFJ. Sayangnya, temenmu ini justru yang paling tertutup di antara yang lainnya. Nilai-nilainya selalu bagus, bahkan untuk mata kuliah yang mereka rasa kurang kuasai. Tapi tentu saja, mereka dengan berbaik hati akan meluangkan waktunya untuk mengajarimu jika kamu minta. Walaupun gak selalu, biasanya mereka dapat ditemukan dengan mudah di jurusan psikologi, lho!

BACA JUGA: 5 Tempat di UI Ini Ramah untuk Kamu yang Introvert

ISFJ (Introversion Sensing Feeling Judging)

Temanmu yang satu ini selalu peduli dengan kondisi kesehatan fisik dan mental temannya. Saat bekerja dalam divisi yang sama dengan mereka, mereka tidak ragu untuk menanyakan bagaimana kabarmu dan apakah kamu keberatan ketika harus bekerja dengan cara yang telah ditetapkan.

Oh ya, jangan lupa, mereka juga punya kebiasaan mengapresiasi rekan kerjanya untuk menunjukkan bahwa mereka peduli. Seperti memberikan makananan atau minuman favorit untuk menyemangati temannya menjelang UTS/UAS. Biasanya mereka aktif dalam kegiatan sukarelawan. Walaupun gak selalu, biasanya mereka dapat ditemukan dengan mudah di jurusan psikologi dan keperawatan.

INTJ (Introversion Intuition Thinking Judging)

Hmm.. kamu sendiri gak pernah menganggap mereka sebagai teman dekat, karena biasanya mereka punya ligkaran pertemanannya sendiri. Tapi bergaul dengan mereka terkadang menyenangkan dan menguntungkan. Sikapnya agak ‘dingin’, dan terkesan arogan. Sedikit yang kamu ketahui, dibalik kearoganannya itu, dia sebenarnya sangat perasa. Gak jarang mereka terlibat debat panas dengan dosen hanya untuk memperoleh pemahaman yang lebih dalam mengenai suatu materi.

Coba deh sekali-kali kamu ajak dia untuk bergabung dalam organisasi atau kepanitaan, dia butuh tuh sesekali bergaul dengan orang di luar zona nyamannya. Walaupun gak selalu, biasanya mereka dapat ditemukan dengan mudah di berbagai jurusan di Fakultas Teknik

Hmm.. sebetulnya, kepribadian itu tidak bisa dijadikan alasan atau penghalangmu dalam berinteraksi dan berprestasi di kampus.

Dengan mengetahui apa jenis kepribadianmu, seharusnya hal tersebut justru mempermudahmu dalam mengambil keputusan dan bertindak. Nantikan artikel selanjutnya tentang topik ini ya! See you soon!

BACA JUGA: Introvert Masuk Jurusan Ilmu Komunikasi? Bisa Nggak, Ya?


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

like like
0
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf
Cindy Rachma Muffidah
Cindy is a psychology student who is also a passionate writer and book reader. More of Cindy's Articles.

0 Comments

Leave a Reply