KamusNusantara Sabet Juara 2 IOSA 2012

KamusNusantara mencetak prestasi perdananya dalam ajang Indonesia Open Source Award 2012.

 

KamusNusantara sebagai satu-satunya perwakilan dari Universitas Indonesia dalam ajang Final Indonesia Open Source Award (IOSA) 2012 berhasil merebut Juara 2 Kategori Karya Mahasiswa. IOSA 2012 sendiri adalah sebuah ajang penghargaan karya-karya piranti lunak berbasis open source hasil kerja sama dari Kementrian Komunikasi dan Informatika, Kementrian Pemberdayaan Aparatur Negara, Universitas Gunadarma dan Asosiasi Open Source Indonesia (AOSI)  terhadap pengembang produk-produk berbasis open source dari berbagai kalangan.

KamusNusantara merupakan sebuah website kamus bahasa daerah online hasil gagasan lima orang mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer yang dipimpin oleh Fauzan Helmi Sudaryanto (Ilmu Komputer 2011) bersama keempat rekannya Aulia Viyansyah Afif (Sistem Informasi 2011), Rasmunandar Rustam (Ilmu Komputer 2011), Fajar Iman (Sistem Informasi 2011) dan Riza Herzego Nida Fathan (Sistem Informasi 2011). Dalam tahap perkembangannya hingga saat ini, KamusNusantara mampu menerjemahkan 11 bahasa daerah Indonesia yang juga dapat diterjemahkan ke bahasa Inggris dan menyediakan survival kit yang berupa frasa/kosa kata yang biasa dipakai sehari-hari. Ke depannya KamusNusantara berharap dapat terus menambah dan melengkapi basis data yang telah tersedia hingga mencakup keseluruhan bahasa daerah yang ada di Indonesia serta segera melakukan beta launch pada pertengahan Juli 2012 ini.

Lahirnya KamusNusantara dilatarbelakangi oleh kondisi bahasa daerah Indonesia saat ini yang semakin terlupakan. Melihat kondisi itu, Fauzan dan kawan-kawan mencoba untuk menyelamatkan dan melestarikan kembali bahasa daerah dengan menciptakan sebuah sistem database kumpulan kata dalam berbagai bahasa daerah Indonesia. Diawali dengan 14 orang kontributor dari daerah yang berbeda, KamusNusantara berusaha mewujudkan mimpinya agar generasi muda Indonesia mampu berbahasa daerah, karena tim KamusNusantara percaya, di tangan generasi mudalah kelestarian budaya Indonesia ada. KamusNusantara bersifat open project, siapapun yang peduli akan budaya bahasa daerah Indonesia dapat ikut berpartisipasi sebagai kontributor bahasa.

Pencapaian yang diperoleh KamusNusantara dalam ajang IOSA 2012 pada tanggal 3 dan 4 Juli 2012 yang lalu diharapkan dapat menjadi pendorong agar KamusNusantara dapat menjadi lebih baik lagi, serta mimpi dan cita-cita akan lestarinya budaya bahasa daerah Indonesia dapat terwujud. KamusNusantara, cinta budaya, butuh aksi nyata!

Leave a Comment

error: This content is protected by the DMCA