Kartun Tertua Didunia , Lebih Tua Dari Umur Kita !

anakui.com – Jika Anda bertanya kepada kebanyakan orang apa kartun tertua ? , mereka mungkin akan menjawab Disney’s Steamboat Willie. Banyak orang mengira ini adalah yang tertua,

Kartun tua ini mendahului Steamboat Willie beberapa dekade dan orangorang sudah bermain dengan gambar animasi pada pertengahan hingga akhir 1800an. Bahkan orang Paleolitik berusaha menggambarkan gerakan dalam lukisan gua.

Ada beberapa upaya awal menggambar anime, tetapi yang ada di daftar ini dianggap sebagai paling awal.

Berikut Daftar Kartun Tertua didunia

1. Fantasmagorie

kartun tertua

Fantasmagorie disebut dan digadang menjadi kartun pertama . Animasinya begitu singkat merupakan contoh paling awal pada animasi tradisional (gambar tangan). ini dibuat di tahun 1908 dari Émile Cohl.

Kartun Tertua tersebut menggambarkan seorang pria berbentuk tongkat yang berkeliaran menghadapi bendabenda yang dapat berubah bentuk seperti botol anggur yang berubah menjadi bunga.

Cohl akhirnya bekerja untuk studio Prancis Éclair dan datang ke Amerika Serikat pada tahun 1912 untuk menyebarkan teknik animasi studio tersebut.

2. Little Nemo

kartun tertua

Adalah merupakan kartun tertua dari animasi detail yang digambar menggunakan tangan namun terlihat mirip kartun modern.

Pertama yang dibikin kartunis Amerika terkenal Winsor McCay, mengenalkan karakter dari komik McCay Little Nemo in Slumberland.

Sebagian besar runtime film menunjukkan McCay mempertaruhkan rekanrekannya bahwa dia dapat menganimasikan 4000 angka, diikuti dengan animasi sebenarnya.

Film ini segera diakui setelah pemutaran perdana pada tahun 1911, dan McCay mewarnai setiap frame, awalnya hitam dan putih, untuk pemutaran di masa mendatang.

3. How a Mosquito Operates

film kartun tertua

How a Mosquito Operates adalah film Kartun Tertua kedua yang dibikin kartunis Winsor McCay. sesudah sukses dengan film pertamanya, Little Nemo, McCay mencurahkan tidak sedikit waktu untuk meningkatkan keterampilan animasinya dan membuat film baru.

Dia memerlukan waktu lama untuk mengembangkan alur cerita yang lebih koheren dan karakterisasi yang lebih dalam untuk film ini daripada yang dia lakukan untuk Little Nemo.

Selain secara teknis lebih baik daripada animasi pendek lainnya pada zaman itu, ini adalah salah satu contoh pertama animasi gambar garis.

Film ini menghindari penggunaan antarjudul yang umum dalam film bisu dan berfokus pada latar belakang dan tindakan karakter yang minimal untuk menceritakan kisahnya.

4. Gertie the Dinosaur

karakter kartun tertua

Kartunis Serta animator Amerika Winsor McCay telah membuat dua film animasi sebelumnya, tetapi karyanya yang sangat terkenal ialah Gertie the Dinosaur.

Ini umumnya dikutip sebagai contoh pertama dari kartun sejati serta salah satu yang pertama memakai teknik animasi layaknya tanda registrasi, bingkai kunci, kertas kalkir, loop animasi, dan penampil aksi Mutoscope.

Kartun Tertua tersebut begitu penting bagi sejarah animasi sehingga menjadi film McCay yang sangat terpelihara dengan baik, dan salinannya disimpan di US Library of Congress Film Registry.

Film-film McCay mempengaruhi generasi animator baru termasuk Walt Disney, Otto Messmer, Paul Terry serta Fleischer bersaudara.

5. Feline Follies

tokoh kartun tertua

Feline Follies adalah Kartun Tertua pertama yang mengenalkan Felix the Cat, salah satu karakter kartun paling terkenal di era film bisu.

Ciptaan Felix telah diperdebatkan, dan baik Pat Sullivan maupun Otto Messmer dikreditkan sebagai pencipta Felix. Messmer adalah seorang kartunis Amerika dan animator utama di Sullivan Studios, yang memproduksi kartun Felix.

25 kartun pertama ditayangkan di bioskop dan didistribusikan oleh Paramount Pictures dari tahun 1919 hingga 1921. Di dua komik pertama, Feline Follies dan The Musical Mews, nama karakter Felix adalah Master Tom.

6. Alice’s Wonderland

tokoh kartun tertua

Alice in Wonderland, jangan bingung dengan Alice in Wonderland, yaitu film pendek animasi pertama dan diproduksi oleh Walt Disney.

Ini ialah yang pertama dari beberapa film pendek dalam serial Disney’s Alice Comedies.

Kartun Tertua tersebut tidak ditayangkan di bioskop, melainkan hanya kepada distributor film.

Itu dirilis sebagai fitur bonus di Alice in Wonderland spesial “Un-Anniversary Edition” dan tersedia di halaman Wikipedia film tersebut.

Film ini memadukan animasi dan aksi langsung, dengan aktris muda bernama Virginia Davis berperan sebagai Alice. Setelah berkeliling studio animasi Disney, dia kemudian bermimpi berada di “Cartoon Land”.

Akhir Kata .

Artikel diatas membahas tentang kartun tertua , animasi tertua didunia . semoga artikel ini dapat membantu , terimakasih

Leave a Comment