Keadaan Kacau Selama Pandemi? 5 Tips Koping ini akan Membantumu

Ketahuilah tidak hanya kalian yang merasa stress dan kacau selama pandemi. Namun, 5 tips ini bisa mengurangi stress mu!


0

“Duh, proyekku terus-terusan delay karena pandemi…”

“Kalau stress biasanya nongkrong tapi karena pandemi gabisa lagi dong!”

“Gua ga ngerti apa-apa selama belajar online!!!!”

Kita pasti punya hal-hal yang kita cemaskan saat pandemi tiba-tiba muncul. Berita-berita menakutkan muncul dimana-mana, pemerintah melarang ini-itu, pihak kampus pun demikian. Wajar saja kalau banyak mahasiswa yang kaget, cemas, dan stress selama masa-masa ini.

Kesehatan mental mahasiswa memang dilaporkan menurun semenjak pandemi berlangsung. Bahkan bagi orang-orang yang tidak rentan dengan kecemasan, kecemasan itu pun tetap bisa dialami. Sangat banyak ketidakpastian dan manusia memang punya tendensi “to fill-in-the-blanks” yang membuat kita sering membayangkan the worst case scenarios.

Situasi ini memang sulit dan di luar kontrol. Semua orang di dunia ini mengalaminya. Untungnya, tetap ada hal yang bisa kita lakukan untuk membuat keadaan ini terasa lebih baik:

KEADAAN KACAU SELAMA PANDEMI? 5 TIPS KOPING INI AKAN MEMBANTUMU!

1. Lembut kepada diri sendiri–dan orang lain.

 

Sumber: yayasanpulih.org

Pandemi Covid-19 ini adalah hal baru yang tidak pernah dialami atau diduga oleh siapapun. Jadi wajar saja jika kita merasa marah, cemas, frustasi, dan bingung. Pahamilah bahwa orang lain juga merasakan hal yang sama seperti kamu. Jangan tolak emosi negatif itu namun berikanlah pengertian. Semua emosi itu baik terlepas dari rupanya yang positif dan negatif. Semua emosi itu valid, jangan salahkan diri sendiri karena emosi yang tidak diinginkan muncul. Terakhir, cobalah untuk mencari cara menenangkan diri sendiri seperti dengan meditasi, yoga, atau latihan pernapasan.

2. Jadilah realistis

Sumber: quora.com

Selama pandemi, jauh lebih banyak faktor yang tidak bisa kita kontrol. Maka, melonggarkan ekspektasi dapat membantu kita untuk merasa lebih nyaman dalam keadaan. Agak tidak realistis jika kita menganggap suatu proses saat pandemi akan memberikan hasil yang sama dengan apabila tidak ada pandemi. Berikan ruang untuk kesalahan dan belajarlah untuk menerimanya. Ingat bahwa bukan hanya kamu yang mengalami hal demikian.

3. Seleksi informasi yang bisa dipercaya

Sumber: freepik.com

Terlalu banyak berita yang lalu-lalang dapat membuat kita merasa overwhelmed. Apalagi saat kita terus-menerus mengkonsumsi berita yang pahit dan menakutkan seperti angka kematian akibat virus Covid-19. Untuk itu kita harus mampu mengontrol jumlah informasi yang kita serap. Pilihlah sumber berita yang paling dapat dipercaya dan jangan mempercayai apapun tanpa memvalidasi ulang beritanya. Pemikiran yang holistik dan analitik sangat dibutuhkan. Apabila kamu sudah terlanjur merasa overwhelmed, maka ada baiknya kamu “puasa informasi” dahulu. Putuskan jaringanmu terhadap berita selama beberapa hari sebelum akhirnya kamu merasa stabil dan siap menerima informasi lainnya.

4. Tetap terhubung

Sumber: istockphoto.com

Selama pandemi, kita mengisolasi fisik, bukan sosial. Kita bisa sendirian tanpa merasa kesepian. Sekarang sangat banyak aplikasi yang dapat kita pakai untuk tetap terhubung dengan support system kita. Kita bisa menyisihkan waktu selama sepuluh menit sehabis makan malam misalnya untuk mengontak orang-orang tersayang kita. Mengadakan party kecil secara daring dengan sahabat juga dapat memenuhi kebutuhan sosial kita selama pandemi.

5. Ciptakan rutinitas yang menyenangkan

Sumber: eslpages.com

Mulai hari di jam yang sama, selesaikan hari di jam yang sama. Makan tiga kali sehari pada jam yang sama, olahraga pada jam yang sama. Dengan mempunyai rutinitas, kita akan merasa bersemangat sepanjang hari dan mendapatkan sedikit sense of control dalam hidup kita. Jadwal yang terlalu spontan dan berantakan dapat menghilangkan antusiasme kita dalam menjalani hari lho!


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

like like
1
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf
Andreas Chrisdikananda
Andreas Chrisdikananda adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis program studi Akuntansi angkatan 2017. Yuk, Baca artikel dari saya lainnya

One Comment

Leave a Reply