Kelakuan mahasiswa emang ada-ada aja. Entah disengaja atau enggak, ada aja konyolnya. Belum ada seminggu kuliah udah bertingkah. Gak bisa disalahin juga sih, karena itu bagian dari kehidupan jadi mahasiswa.

BACA JUGA: Malu Dong, Ngaku Mahasiswa tapi Masih Aja Lakuin Hal Ini

Mahasiswa yang kelakuannya monoton gitu-gitu aja biasanya juga cerita idupnya monokrom, item-putih-abu-abu. Nah, untuk mengukuhkan begitu berwarnanya kehidupan mahasiswa, liat aja konyolnya seminggu pertama kuliah.

advertisement

 

Tulisan jadi jelek

tulisan jadi gak karuan via

tulisan jadi gak karuan via Photo Credit: Taylor Player via Compfight cc

Kamu gak pernah megang pulpen atau pensil sepanjang liburan, sekitar tiga bulan gak nulis apa-apa, dan jempol setengah kapalan gegara tiga bulan full ngedrill keyboard chatting sana-sini gak keruan.

Jadi ketika duduk di bangku dan mulai mencatat, kamu kelabakan liat tulisan kamu yang gak jauh beda sama anak kecil kelas tiga SD yang berusaha gambar di paint di komputer windows XP. Sedih. Gak keruan konyolnya karena harus nulis di absensi dan kamu gak bisa bedain mana huruf O dan angka 0, nulis npm 13o27 blablabla, gak bisa bedain mana m, n sama r.

advertisement

“Jo, lu nyatet gak?”

*berhenti nyatet terus noleh ke temennya* *liat ke arah tulisannya sendiri* *dammit gak kebaca* *langsung nutup buku* “Enggak.”

 

advertisement

Nyasar

Saking luasnya, ada aja maba yang masih suka nyasar

Saking luasnya, ada aja maba yang masih suka nyasar

Tipikal anak UI nih. Percaya atau enggak sekitar sepuluh orang nyasar salah kelas. Dan lebih gokilnya lagi adalah tiap tahunnya, selalu ada kasus maba yang ikut matkul MPKO dan nyasar karena gak tau ruang basket itu ternyata di lapangan PNJ.

BACA JUGA: Karena Kita Bersaudara, Ini Cerita Anak PNJ yang Harus Diketahui Anak UI

Tiap tahun loh. Jangankan yang sok ide mau jalan dari kampus dan akhirnya nyasar atau sok ide naik bikun dan salah turun di halte; ada maba yang nyasar meskipun udah naik ojek.

advertisement

Katanya si tukang ojek juga gak tau lapangan PNJ atau ruang basket itu dimana. Tampaknya si tukang ojek juga maba baru ojek UI, dan gak ikut mabim ojek UI.

 

Ngapalin kelas

Ngapalin kelas biar gak salah masuk via josuasilaen

Ngapalin kelas biar gak salah masuk via josuasilaen

“Jo, kelas kita di mana sih?”

Yap. Seminggu pertama kuliah itu yang lucu adalah mahasiswa masih ngafalin kelas dan bahkan sering buka-buka siak gegara lupa kelasnya di mana dan siapa dosen yang ngajar. Setelah dua minggu pertama, itu mahasiswa bisa jalan dari kosan atau dari stasiun sampai ke kelas secara otomatis sambil liat hp sepanjang jalan.

BACAJUGA : Tujuh Macam Grafik IPK di SIAK-NG

Ngitungin jatah bolos

Ngitungin jatah bolos via madahbahana

Ngitungin jatah bolos via madahbahana

Beberapa mahasiswa, bahkan sejak sebelum masuk kuliah, sudah mempertanyakan kapan lagi jadwal libur panjang berikutnya. Libur semester masih jauh, dan karena mereka gak bisa terima hal itu berkat gaya hidup santai-santai bangun siang cinta bantal dan kasur, mereka berkumpul bersama untuk berkonspirasi untuk cabut bareng dan bikin artificial vacation (keren amat namanya, padahal cuma ‘cuti bersama’ ketika ada hari kejepit liburan). Jadwalnya disesuaikan pula dengan jumlah absen sampai ke jadwal tayang beberapa film blockbuster di bioskop. Dasar mahasiswa, cerdas banget kalo udah yang begitu.

BACA JUGA: Gak Apa-apa IP Turun 🙂

Sekelas sama gebetan

Sekelas sama gebetan via kabarkampus

Sekelas sama gebetan via kabarkampus

 

Coincidence itu manisnya gak ketulungan. Siapa sangka, si dia yang sudah kamu liat sejak zaman pra-mabim atau malah dari registrasi, yang sering bertukar tatap tanpa bertukar sapa sama kamu sejak lama, tetiba jadi sekelas meskipun kalian belum saling kenal gegara beda jurusan.

Kelakuannya aneh-aneh, mulai dari cek absensi untuk cari tau namanya dia, sampai ke cari temen yang kenal dan minta dikenalin. Atau malah ada mahasiswa yang kurang di-briefing tentang cara deketin cewek malah gitu aja nyamperin dan tanpa basa-basi minta nomor hp dan kontak Line.

BACA JUGA: Trik Jitu Deketin Maba UI

Si cewek langsung waspada dan agak sedikit kegeeran, alhasil si cowok bakal nyerah gegara si cewek terlalu gengsi dan defensif. Satu semester bakal mengerikan kalau salah step deketin gebetan, tapi kalau gak salah, mungkin abis UTS udah ada yang bagi-bagi PJ.

Apalagi konyolnya kehidupan awal perkuliahan kamu? Ayo share tulisan ini via Facebook, Twitter dan Line, berbagai kekonyolan minggu pertama ke temen-temen kamu!