Kekuatan dalam Berpikir


0

KAMU ADALAH APA YANG KAMU PIKIRKAN (anonym)

Apakah teman-teman pernah mendengarnya? Saya rasa sedikit banyak dari teman-teman pembaca pasti pernah mendengar kata pepatah diatas.

Kata-kata diatas sedikit menggambarkan tentang kekuatan pikiran yang kamu miliki. Ya, memang pikiran kita memiliki kekuatan yang luar biasa teman-teman.

Mari kita buktikan dengan memakai perumpamaan.

Bayangkan, kamu adalah seorang ketua pelaksana sebuah acara. Acara kepanitiaan yang kamu ingin adakan membutuhkan dana Rp 50.000.000 tetapi dana yang baru terkumpul adalah Rp 35.000.000 dan acara tinggal H-10. Berarti tandanya kamu masih membutuhkan dana Rp 15.000.000 lagi bukan?

Bagaimana tanggapan kalian?

Apa yang teman-teman pikirkan saat membayangkannya?

Sebagian dari teman-teman pasti memilih untuk berpikiran optimis positivistik yaitu dengan berpikir bahwa dana kekurangan tersebut memang bisa dicapai, maka saya bisa pastikan teman-teman akan lebih tenang dan berpikir jauh lebih luas untuk menghadapi masalah kekurangan dana acara ini.

Misalnya dengan cara membagi dulu target harian dari jumlah uang tersebut. Setelah itu cari cara mendapatkan target pemasukkan perhari tersebut. Kemudian menetapkan siapa-siapa saja tim kepanitiaan yang bisa dikerahkan untuk melakukan berbagai kegiatan usaha pencarian dana.

Namun, coba bayangkan sebaliknya. Bayangkan kalau kamu menganggap waktu 10 hari sudah terlalu sempit dan kamu akhirnya asik sendiri dengan pikiran kamu kemudian meyakini bahwa dana tersebut tidak bisa tercapai. Maka hasil yang keluar dari mulut bisa jadi kamu akan mengatakan ke tim bahwa acara harus ditiadakan karena tidak ada dana, atau mungkin kamu berpikir untuk melakukan tindakan-tindakan lainnya.

Jadi kesimpulannya, kekuatan pikiran kita sangatlah luar biasa. Ketika kamu memikirkan bahwa kamu akan berhasil dalam mengerjakan sesuatu, maka kemungkinan besar keberhasilan itulah yang akan terjadi. Akan tetapi ketika kamu berpikir sebaliknya, maka hal sebaliknya itu lah yang kemungkinan besar akan terjadi.

Keep positif thinking and trust your self that you can do the best for anything!

Regards,
Tika Dwi Ariyanti

F.Psikologi UI 2009

YOT CA UI 2011-2012

Inspiring Article Sept


Like it? Share with your friends!

0

0 Comments

Leave a Reply