Kenal UI #10: Fakta FISIP UI, Gudangnya Mahasiswa Berjiwa Sosial Tinggi

FISIP UI merupakan salah satu fakultas favorit di UI yang jadi tujuan siswa jurusan IPS. Simak fakta menarik dari fakultas makara oranye ini.


0

Buat siswa SMA jurusan IPS se-Indonesia, salah satu goals-nya adalah menjadi mahasiswa di jurusan yang berbau sosial dan politik. Salah satu yang menjadi tujuan mereka adalah Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UI.

Fakultas dengan makara oranye ini merupakan salah satu fakultas rumpun soshum yang populer di UI. Bahkan, pada tahun 2021, dua prodinya masuk dalam tiga besar prodi dengan keketatan tertinggi di UI untuk jalur SBMPTN, yaitu Ilmu Komunikasi dan Ilmu Hubungan Internasional. Keduanya memiliki rasio keketatan 0,01. Wow!

Lantas, seperti apa sih fakta menarik yang dimiliki oleh fakultas dengan stigma mahasiswanya yang gaul dan berjiwa sosial tinggi ini? Yuk, simak artikel berikut ini.

Dahulu Menjadi Satu dengan FHUI

fakta fisip ui
Taman Tunas Bangsa. Foto: fisip.ui.ac.id

Sebelum berdiri menjadi fakultas tersendiri, FISIP UI awalnya merupakan bagian dari FHUI, tepatnya Fakultas Hukum dan Ilmu Pengetahuan Kemasyarakatan (FH-IPK). Dalam fakultas tersebut, terdapat Jurusan Publisistik yang merupakan cikal bakal dari Departemen Ilmu Komunikasi FISIP UI.

Pada tahun 1968, bagian Ilmu Pengetahuan Kemasyarakatan dipisahkan dari fakultas tersebut dan menjadi Fakultas Ilmu Pengetahuan Kemasyarakat (FIPK UI). Lalu, pada tahun 1970 FIPK UI berubah nama menjadi Fakultas Ilmu-Ilmu Sosial (FIS) UI. Nama FISIP UI baru muncul pada tahun 1982.

Satu-satunya PTN yang membuka Prodi Kriminologi

FISIP UI merupakan satu-satunya fakultas Perguruan Tinggi Negeri yang membuka prodi S1 Kriminologi.

Pada masa lampau, studi Kriminologi di Indonesia diawali dengan didirikannya Lembaga Kriminologi UI (LKUI) pada tahun 1948. Pada tahun 1988, LKUI berganti nama menjadi Pusat Pelayanan Keadlian dan Pengabdian Hukum. Namun, lembaga ini ditutup pada 2006.

Walaupun demikian, lembaga tersebut secara tidak langsung menjadi cikal bakal berdirinya Departemen Kriminologi UI yang kini terbuka untuk tingkat sarjana, magister, hingga doktoral.

BACA JUGA: Inilah Alasan Kenapa FISIP Begitu Dicintai Mahasiswanya

Merilis 7 Rekomendasi Kebijakan untuk Penanganan COVID-19

fakta fisip ui
Webinar tentang rekomendasi kebijakan untuk penanganan Covid-19. Foto: Humas FISIP UI

Pada masa pandemi saat ini, FISIP UI turut aktif dalam penanganan COVID-19. Dalam rangkaian webinar yang diadakan pada 29 Juli sampai 16 September 2020, merilis FISIP UI Policy Brief 2020 yang berisi tujuh rekomendasi kebijakan untuk penanganan COVID-19.

Jumlah kebijakan tersebut sesuai dengan jumlah departemen yang ada di FISIP UI dan mewakili bidang dari masing-masing departemen. Ketujuh kebijakan tersebut antara lain sebagai berikut.

  1. Ilmu Komunikasi: Strategi komunikasi publik pemerintah di masa pandemi COVID-19, dari komunikasi krisis menjadi komunikasi risiko untuk membangun Engagement
  2. Sosiologi: Pembatasan Sosial Berbasis Komunitas (PSBK), membangun ketangguhan sosial menghadapi pandemi COVID-19 di era new normal.
  3. Ilmu Politik: Respon terhadap pandemi COVID-19, alternatif kebijakan pemerintah.
  4. Kriminologi: Pencegahan cyber crime pada masa pandemi COVID-19 melalui pendekatan multi-agent partnership dan virtual community policing.
  5. Ilmu Kesejahteraan Sosial: Penanganan pandemi COVID-19 dengan pendekatan intervensi sosial pada berbagai tingkatan (multilevel social intervention).
  6. Ilmu Hubungan Internasional: Pandemi COVID-19 dan tantangan diplomasi multilateral Indonesia.
  7. Antropologi: Pendekatan sosial budaya berbasis komunitas kolaborasi pengetahuan dan keterlibatan kritis dalam upaya penanggulangan pandemi COVID-19.

Punya Dua Unit Kerja Khusus

fakta fisip UI
Gedung FISIP. Foto: ui.ac.id

FISIP UI memiliki dua unit kerja khusus (UKK) yang bergerak di bidang sosial politik, yaitu Pusat Kajian dan Advokasi Perlindungan dan Kualitas Hidup Anak (PUSKAPA) dan Lembaga Penelitian dan Pengembangan Sosial dan Politik (LPPSP).

PUSKAPA merupakan lembaga non-profit yang terdiri dari peneliti, pemikir kebijakan, dan pelaksana program interdisipliner yang bergerak di bidang perlindungan anak.

Sementara itu, LPPSP merupakan gabungan dari 11 pusat kajian bidang sosial politik yang berfokus pada riset terapan dan pengabdian masyarakat.

Punya Gedung Baru

fakta fisip ui
Gedung Mochtar Riady

Pada 2 Mei 2019, FISIP UI bersama Kementerian Kebudayaan dan Pendidikan meresmikan Gedung Mochtar Riady Social and Political Research Center. Gedung yang awalnya merupakan Gedung C FISIP UI tersebut digunakan untuk pusat riset sosial dan politik dan perkuliahan.

Lokasi gedung ini berada di bagian depan lingkungan FISIP dan berbatasan dengan Fakultas Psikologi. Selain itu, ada coffee shop di lantai 1 yang bisa menjadi pilihan mahasiswa untuk tempat nongkrong atau belajar bareng.

Nah, itu tadi fakta menarik dari FISIP UI. Semoga bisa menambah semangat kamu yang sedang berjuang masuk fakultas makara oranye ini, ya!

Sampai jumpa di Seri Kenal UI berikutnya.

BACA JUGA: Fakta FMIPA UI, Punya Kantin dengan Nama Unik


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

like like
0
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf
Aniesa Rahmania Pramitha Devi
Language and Writing Enthusiast. Connect with me on LinkedIn. Read my other articles.

0 Comments

Leave a Reply