Kenal UI #12: Fakta FIK UI, Fakultas yang Banyak Ceweknya

FIK UI adalah fakultas ilmu keperawatan pertama dan terbaik di Indonesia. Buat kamu yang pengin masuk FIK UI, kenali dulu fakta-faktanya.


0

Coba tebak, fakultas apa di UI yang banyak ceweknya? Yap betul, Fakultas Ilmu Keperawatan (FIK) UI.

Fakultas makara biru muda – biru tua – biru muda ini merupakan salah satu fakultas rumpun ilmu kesehatan di UI. Salah satu ciri khas dari fakultas ini adalah jumlah mahasiswa ceweknya yang lebih banyak dari cowok. Stigma perawat sepertinya memang melekat pada profesi perempuan, ya.

Selain ciri khas itu, FIK UI juga memiliki beberapa fakta unik yang wajib kamu ketahui. Simak ulasan berikut ini.

Fakultas Ilmu Keperawatan Pertama di Indonesia
fakta fik ui
Gedung FIK.

FIK UI merupakan fakultas ilmu keperawatan pertama dan terbaik di Indonesia. Asal-usul berdirinya fakultas ini berawal dari Program Studi Ilmu Keperawatan (PSIK) yang dibuka oleh FKUI pada tahun 1985. PSIK membuka dua Program Strata 1, yaitu Program A untuk lulusan SMA dan Program B untuk lulusan D3 Keperawatan/Akper.

Akhirnya, pada 15 November 1995, PSIK disahkan menjadi FIK UI. Seiring berjalannya waktu, fakultas ini membuka program profesi ners, magister, dan doktoral di bidang keperawatan.

Pusat Krisis COVID-19

FIK UI memiliki Pusat Krisis COVID-19 sebagai bentuk komitmen untuk mengedukasi masyarakat dan tenaga kesehatan serta memberikan dukungan mental pada masyarakat di tengah pandemi. Tugasnya antara lain mengedukasi kesehatan masyarakat, memberikan layanan konsultasi dan konseling, serta merekrut dan memberikan pembekalan bagi para relawan yang akan membantu di rumah sakit.

Salah satu kegiatan Pusat Krisis COVID-19 adalah membuat konten poster dan video edukasi mengenai kesehatan. Selain itu, Pusat Krisis COVID-19 juga mengadakan webinar sebagai bentuk kampanye kesehatan yang dapat diikuti oleh masyarakat luas.

Nursing Training Center UI

FIK UI memiliki unit khusus bernama Nursing Training Center (NTC) UI. NTC UI membuka pelatihan keperawatan bagi mahasiswa, praktisi pendidikan keperawatan, perawat, dan masyarakat luas. Pelatihan yang tersedia dibagi menjadi tiga jenis, yaitu pelatihan umum, in-house training, dan e-training.

Selain itu, NRC juga mengadakan seminar atau webinar untuk masyarakat umum. Topik yang dibawakan biasanya mengenai kesehatan umum yang dekat dengan masyarakat. Kegiatan ini diharapkan dapat membuat keluarga Indonesia mampu menjaga kesehatannya.

Menyediakan Pedoman dan Protokol Khusus Terkait Pandemi COVID-19

fakta fik ui
Momen mahasiswa FIK saat menjadi relawan COVID-19 di RSUI. Foto: nursing.ui.ac.id

Dalam situs resminya, FIK UI menyediakan halaman khusus yang berisi pedoman dan protokol terkait pandemi COVID-19. Pedoman dan protokol tersebut diprioritaskan untuk sivitas akademika FIK UI secara khusus dan sivitas akademika UI secara umum.

Dalam halaman tersebut, terdapat puluhan dokumen form dan panduan yang dapat diunduh. Mayoritas panduan yang tersedia berkaitan dengan kehidupan kampus, seperti panduan kantin di masa normal baru, panduan penggunaan penggunaan ruang kelas di masa normal baru, dan daftar protokol persiapan dan pelaksanaan normal baru di UI.

BACA JUGA: Relawan Covid di RSUI, Corona Bukan untuk Ditakuti, Tapi Dilawan!

Banyak Ceweknya

fakta fik ui
Potret Mahasiswa FIK. Foto: arsip anakui.com

FIK UI ini bisa dibilang kebalikan dari FTUI. Kalau FTUI banyak cowoknya, fakultas ini lebih banyak ceweknya. Berdasarkan data yang dihimpun oleh BEM UI, pada tahun 2020 jumlah mahasiswa perempuan di FIK UI adalah 168 orang, sedangkan laki-laki berjumlah 20 orang. Jumlah tersebut merupakan gabungan dari S1 Reguler dan S1 Ekstensi.

Buat kamu cowok-cowok yang jomblo, mungkin FIK UI bisa jadi referensi untuk tempat cari gebetan. Siapa tahu jodoh, hehe.

Itu tadi lima fakta unik dari FIK UI. Buat kamu ciwi-ciwi SMA yang pengin jadi perawat, fakultas makara biru muda-biru tua-biru muda ini bisa jadi pilihan kamu untuk melanjutkan kuliah. Ehh, buat cowok-cowok juga boleh, kok. Tidak ada jurusan di UI yang pandang gender.

Sampai jumpa di Seri Kenal UI berikutnya!

BACA JUGA: Kenal UI #11: Fakta Fasilkom UI, Punya Acara IT Terbesar di UI


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

like like
0
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf
Aniesa Rahmania Pramitha Devi
Language and Writing Enthusiast. Connect with me on LinkedIn. Read my other articles.

0 Comments

Leave a Reply