Kenal UI #13: Fakta Farmasi UI, Nggak Cuma Belajar Tentang Obat-obatan

Fakultas Farmasi UI adalah salah satu fakultas di rumpun ilmu kesehatan. Sebelumnya, Farmasi UI adalah salah satu jurusan di FMIPA UI.


0

Apa yang muncul di benakmu ketika mendengar farmasi? Apotek atau obat-obatan? Padahal, farmasi tidak hanya sekadar itu, loh! Kamu juga bisa belajar tentang skincare atau kosmetik. Menarik, kan? Nah, kamu bisa mempelajari itu semua di Fakultas Farmasi UI.

Farmasi UI merupakan salah satu fakultas di Rumpun Ilmu Kesehatan (RIK) UI. Buat kamu yang belum tahu, fakultas makara biru hijau ini lokasinya di belakang FMIPA UI, tepatnya dekat dengan gudang bikun atau biasanya disebut “kuburan bikun”.

Kira-kira, fakta unik apa yang dimiliki FF UI, ya? Simak artikel berikut ini, yuk!

Dulu Tergabung dengan FMIPA UI

fakta farmasi ui
Gedung Farmasi UI. Foto: arsip anakui.com

Sebelum menjadi fakultas tersendiri, Farmasi UI dulunya adalah salah satu jurusan di FMIPA UI yang sebelumnya bernama FIPIA UI. Jurusan tersebut didirikan pada tahun 1965. Kemudian, pada tahun 2001, Jurusan Farmasi UI resmi berubah nama menjadi Departemen Farmasi FMIPA UI.

Seiring berjalannya waktu, pada 29 November 2011 departemen tersebut resmi menjadi Fakultas Farmasi UI. Hal tersebut guna menujang pendirian RIK yang teintegrasi di lingkungan UI. Fakultas ini terdiri dari program sarjana, profesi apoteker, magister, dan doktoral.

Nggak Cuma Belajar tentang Obat-Obatan

fakta farmasi ui
Aktivitas mahasiswa Farmasi UI di laboratorium. Foto: arsip anakui.com

Selama ini, orang awam selalu beranggapan bahwa farmasi berhubungan dengan obat-obatan, mulai dari mengenali bahan, meracik, hingga meresepkan obat. Namun, farmasi tidak belajar tentang itu saja, loh! Di fakultas ini, ada satu mata kuliah yang akan membuat ciwi-ciwi tertarik. Namanya Teknologi Kosmetika.

Di matkul tersebut, kamu akan mempelajari bahan-bahan dan cara membuat kosmetik dan produk skincare. Selain itu, kamu juga akan belajar membuat label wadah, kode produksi, dan uji kelayakan. Secara tidak langsung, kamu akan dilatih untuk menjadi enterpreneur di bidang kosmetika. Keren, kan?

BACA JUGA: Layanan Dari Fakultas-Fakultas UI Yang Bisa Memenuhi Kebutuhan Masyarakat Umum

Punya Jurnal Ilmiah Resmi

PSR
Cover PSR. Foto: scholarhub.ui.ac.id

Farmasi UI memiliki dan mengelola jurnal ilmiah resmi bernama Pharmaceutical Sciences and Research (PSR). Jurnal tersebut dimulai pada tahun 2004 dengan nama Majalah Ilmu Kefarmasian (MIK). Namun, MIK sempat vakum selama satu tahun. Setelah vakum, MIK berdiri kembali dengan nama PSR, sebuah jurnal terakreditasi internasional.

PSR bertujuan untuk mempublikasikan sumber informasi lengkap dan dapat diandalkan tentang penemuan dan perkembangan terkini di bidang farmasi. Jurnal yang terbit tiga kali dalam setahun tersebut mencakup tema ilmu farmasi yang luas dan beragam dengan penekanan kuat pada orisinalitas dan kualitas ilmiah.

Pusat Studi Obat Bahan Alam

farmasi ui
Foto: farmasi.ui.ac.id

Apakah kamu pernah mengonsumsi obat herbal seperti obat tradisional atau jamu? Kalau pernah, mungkin saja obat yang kamu konsumsi tersebut merupakan salah satu hasil kerja sama antara fakultas ini dengan perusahan produsen obat. Sebelum menjadi obat yang siap dikonsumsi, bahan-bahan herbal yang akan digunakan tersebut diteliti terlebih dahulu di Pusat Studi Obat Bahan Alam (PSOBA).

PSOBA merupakan sebuah lembaga bertujuan untuk meningkatkan jumlah dan mutu penelitian serta publikasi obat bahan alam. Beberapa kegiatan yang dilakukan yaitu mengumpulkan data bahan alam Indonesia yang berkhasiat obat, melakukan penelitian botani dan budidaya tumbuhan obat Indonesia, dan melakukan penelitian khasiat, toksisitas, dan keamanan obat bahan alam.

BACA JUGA: Delegasi Farmasi UI Raih Prestasi di Ajang Farmasi Se-Asia Pasifik

Pusat Studi Halal

farmasi ui
Foto: farmasi.ui.ac.id

Sebagai negara yang mayoritas penduduknya beragama Islam, berbagai produsen khususnya di bidang obat-obatan dan kosmetik berlomba-lomba untuk memproduksi produk halal. Selain untuk meningkatkan penjualan, produk halal juga dinilai mengandung bahan-bahan yang aman dikonsumsi.

Sebagai bentuk kontribusi pada masyarakat, Farmasi UI mendirikan Pusat Studi Halal pada tahun 2015. Unit khusus tersebut menjadi pusat riset gelatin dan bahan farmasi, kosmetik, dan herbal yang mengandung porsin dan non-porsin. Selain itu, Pusat Studi Halal juga mempublikasikan hasil penelitiannya pada jurnal nasional dan internasional.

Nah, itu tadi lima fakta unik dari Farmasi UI. Semoga bisa menambah semangat kamu yang ingin masuk ke fakultas makara biru hijau ini, ya!

Sampai jumpa di Seri Kenal UI berikutnya!

BACA JUGA: Fakta FIK UI, Fakultas yang Banyak Ceweknya


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

like like
0
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf
Aniesa Rahmania Pramitha Devi
Language and Writing Enthusiast. Connect with me on LinkedIn. Read my other articles.

0 Comments

Leave a Reply