Kenal UI #14: Fakta FIA UI, Fakultas Termuda di UI

FIA UI adalah fakultas termuda di UI. Buat kamu yang ingin jadi mahasiswa FIA UI, simak dulu fakta unik fakultas makara merah ungu ini, yuk!


0

Fakultas Ilmu Administrasi (FIA) UI merupakan salah satu fakultas rumpun sosial humaniora di UI. Fakultas makara merah ungu ini merupakan fakultas termuda di UI, loh! Walaupun masih muda, FIA UI nggak bisa dipandang sebelah mata. Terbukti dari semua prodinya yang sudah terakreditasi A.

Daripada kelamaan basa-basinya, simak fakta unik dari fakultas ini, yuk!

Fakultas Termuda di UI

fakta fia ui
FIA UI. Foto: Forsquare

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, FIA UI merupakan fakultas termuda di UI. Fakultas ini sebelumnya merupakan sebuah departemen di FISIP UI. Jauh sebelum menjadi departemen, cikal bakal fakultas ini berawal dari Prodi Ilmu Administrasi Fiskal yang didirikan pada tahun 1981 di Fakultas Ilmu-Ilmu Sosial (nama lama dari FISIP UI).

Akhirnya, pada 10 Maret 2015, fakultas ini pun diresmikan dengan tiga departemen, yaitu Departemen Administrasi Negara, Departemen Ilmu Administrasi Fiskal, dan Departemen Ilmu Administrasi Niaga.

Membuka Executive Development Program

fakta fia ui
Potret kegiatan EDP. Foto: fia.ui.ac.id

Executive Development Program (EDP) adalah lembaga di bawah naungan FIA UI yang menyediakan program-program pengembangan eksekutif di hampir semua bidang fungsional manajemen dan alat bantu keterampilan manajerial. Selain itu, lembaga ini memberikan pelayanan yang mampu mengakses berbagai kepentingan, baik akademisi maupun profesional.

EDP menyediakan tiga jenis pelatihan, yaitu Analisis Kebijakan, Strategi Peningkatan Kapasitas Kepemimpinan, dan Bimbingan Teknis UU Pajak dan Retribusi Daerah. Program tersebut dirancang untuk meningkatkan leadership capabilities dan managerial skills bagi para profesional. Selain dilakukan di FIA UI, pelatihan tersebut juga dapat dilakukan di lokasi klien.

BACA JUGA: Ini Dosen-Dosen UI Yang Masuk 500 Peneliti Terbaik Nasional Versi SINTA

Punya 8 Klaster Riset

fakta fia ui
Delapan klaster riset FIA UI.

Klaster riset merupakan kelompok riset berbasis kelimuan, keahlian, atau peminatan dari delapan Guru Besar di FIA UI. Sesuai jumlah guru besar, fakultas makara merah ungu ini memiliki delapan klaster riset yang memberikan dana hibah rieset untuk membentuk pengembangan riset berbasis professorship di fakultas ini. Klaster-klaster riset tersebut antara lain sebagai berikut.

  1. Inovasi dan Government (CIGO) – Prof. Dr. Martani Huseini
  2. Policy, Governance and Administrative Reform (PGAR) – Prof. Dr. Eko Prasojo, Mag.rer.Publ
  3. Politik Perpajakan, Kesejahteraan dan Ketahanan Nasional (PolTax) – Prof Dr. Dra. Haula Rosdiana, M.Si
  4. Governansi, Kerangka Hukum Transparansi, Efektif-Efisien dan Akuntabilitas Perpajakan (GAP) – Prof. Dr. Gunadi, M.Sc, Ak
  5. Democracy and Local Governance (DeLOGO) – Prof. Dr. Irfan Ridwan Maksum, M.Si
  6. Collaborative Governanve and Dynamic Public Services (CG-DPS) – Prof. Dr. Amy YS Rahayu, M.Si
  7. Competitiveness and Governance of Village Owned Enterprises (CCGV) – Prof.Dr. Chandra Wijaya, M.Si, M.M
  8. Institusi Keuangan (Inkeu) – Prof. Dr. Ferdinand D Saragih, MA

Tax Center UI

fakta fia ui
Potret kegiatan Tax Center UI. Foto: fia.ui.ac.id

Tax Center UI merupakan salah satu unit kerja khusus di bawah naungan FIA UI. Lembaga ini merupakan lembaga pendidikan dan penelitian yang mendukung kegiatan akademik dengan fokus utama pada penelitian akademik atau studi dan layanan masyarakat di bidang perpajakan, bea cukai, dan cukai.

Tax Center UI memiliki lima program utama, yaitu Program Pendidikan Brevet Konsultas Pajak (Plus), seminar dan diskusi, pelatihan (workshop) dan kajian ilmiah perpajakan, pengembangan database, dan publikasi. Lembaga ini juga memiliki beberapa kegiatan yang dapat diikuti akademisi, institusi, dan masyarakat umum.

BACA JUGA: Fakultas Ilmu Administrasi UI, Dekan Baru, Harapan Baru

Jurnal Bisnis dan Birokrasi

jbb
Cover JBB. Foto: scholarhub.ui,ac.id

FIA UI mengelola jurnal ilmiah bernama Bisnis dan Birokrasi: Jurnal Ilmu Administras dan Organisasi (JBB). Jurnal yang terbit sejak tahun 1993 ini bertujuan sebagai forum diseminasi dan perukaran pengetahuan dalam hal penelitian asli dan artikel review di bidang publik, fiskal, dan administrasi dan kebijakan bisnis.

Jurnal yang terbit tiga kali dalam satu tahun ini telah mendapat akreditasi dari Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi (Kemenristek/BRIN). Selain itu, JBB juga terindeks dalam ASEAN Citation Index, Proquest, Google Scholar, Science and Technology Index (SINTA), dan Indonesian Publication Index (IPI).

Nah, itu tadi lima fakta FIA UI. Semoga bisa jadi penambah semangat buat kamu yang ingin menjadi mahasiswa fakultas makara merah ungu ini, ya.

Sampai jumpa di Seri Kenal UI berikutnya!

BACA JUGA: Fakta Farmasi UI, Nggak Cuma Belajar Tentang Obat-obatan


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

like like
1
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf
Aniesa Rahmania Pramitha Devi
Language and Writing Enthusiast. Connect with me on LinkedIn. Read my other articles.

0 Comments

Leave a Reply