Kenal UI #15: Fakta Vokasi UI, Mencetak Lulusan Berkompeten dan Siap Kerja

Program Vokasi UI merupakan tempat kuliah yang tepat bagi kamu yang nggak cuma ingin belajar teori, tapi juga praktik di lapangan langsung.


0

Buat yang belum tahu, UI tidak hanya punya program S1 saja untuk lulusan SMA, tetapi juga ada program D3 dan D4. Kedua program tersebut tersedia di Program Pendidikan Vokasi UI. Sedikit berbeda dengan fakultas pada umumnya, pemilik makara triwarna ini terbadi menjadi tiga rumpun, yaitu Administrasi dan Bisnis, Sosial Humaniora, dan Kesehatan.

Penasaran dengan Vokasi UI? Kenal UI kali ini akan membahas tuntas tentang Vokasi UI.

Awal Pendirian

fakta vokasi UI
Gedung Vokasi. Foto: vokasi.ui.ac.id

Sebelum berdiri menjadi program pendidikan tersendiri, beberapa fakultas di UI membuka program D3, seperti FK, FMIPA, FKM, FEB, FIB, dan FISIP. Mulai tahun 2008, program D3 tersebut diselenggarakan secara terpusat dengan berbagai penyesuaian. Dari sinilah Program Pendidikan Vokasi UI bermula.

Vokasi UI adalah program pendidikan pada jenjang perguruan tinggi yang bertujuan untuk mempersiapkan tenaga yang dapat menerapkan kehalian dan keterampilan di bidangnya, siap kerja, dan mampu bersaing secar global. Mulanya, makara triwarna ini hanya membuka program D3. Namun, baru-baru ini makara triwarna ini membuka program Sarjana Terapan atau D4.

Tahun ini Membuka Prodi Baru

fakta vokasi ui
Pembelajaran prodi Bisnis Kreatif. Foto: istimewa

Pada penerimaan mahasiswa baru tahun ajaran 2021/2022 lalu, program pendidikan ini membuka jenjang D4 untuk enam prodi. Daftar prodi tersebut yaitu sebagai berikut.

  1. Fisioterapi
  2. Terapi Okupasi
  3. Manajemen Rekord dan Arsip
  4. Manajemen Bisnis Pariwisata
  5. Bisnis Kreatif
  6. Produksi Media

Dari enam prodi tersebut, Bisnis Kreatif dan Produksi Media merupakan prodi baru yang ada di sini. Sementara itu, prodi yang lain sebelumnya sudah ada untuk jenjang D3.   

BACA JUGA: Bingung Soal Pajak? Konsultasi Gratis ke Vokasi UI Saja  

Lembaga Vokasi UI

lemkasi
Salah satu kegatan LEMKASI. Foto: ui.ac.id

Lembaga Vokasi UI (LEMKASI) adalah lembaga pelatihan pendidikan vokasi yang menghasilkan lulusan siap kerja. LEMKASI didirikan pada tahun 2014, tepatnya pada perayaan Dies Natalis Vokasi UI yang ke-6.

LEMKASI bertujuan untuk melaksanakan pelayanan dan pengabdian masyarakat dalam rangka pengembangan ilmu pengetahuan dan keahlian sesuai dengan bidang ilmu vokasional. Unit kerja khusus ini memiliki empat kegiatan utama, yaitu Program Kajian Terapa, Program Pelatihan, Sertifikasi Profesi, dan Konsultan Bisnis.

Pusat Kajian Vokasi UI

vokasi UI
Potret pembelajaran di Vokasi. Foto: Wikipedia

Selain LEMKASI, Vokasi UI juga punya unit kerja khusus lain. Namanya Pusat Kajian Vokasi UI atau biasa disebut Puska Vokasi. Lembaga ini dikhususkan untuk penelitian dan pengembangan dalam pendidikan vokasi. Selain itu, lembaga ini juga memfokuskan kegiatan kontributif pada ranah praktis/terapan yang didukung dengan background akademik yang kuat dan kerjasama eksternal dengan jaringan industri terkait.

Lembaga ini memiliki tiga kegiatan utama, yaitu publikasi ilmiah riset terapan, prosiding konferensi, dan Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI) dari dosen-dosen tetap di program pendidikan ini.

BACA JUGA: Slurp, Ini Makanan-Makanan Enak di Kantin Vokasi UI

Tahun ini Telah Mensertifikasi Lebih dari 700 Mahasiswa

vokasi ui
Mahasiswa Vokasi. Foto: Lysandra via intipkuliah.com

Pada Juli dan Agustus 2021 lalu, Vokasi UI telah melaksanakan uji kompetensi dan tertifikasi terhadap 737 lulusan semester genap tahun akademik 2020/2021. Terdapat 12 skema yang diujikan dalam ujian tersebut, yaitu sebagai berikut.

  1. Public Relations Officer
  2. Perancangan Strategis Kreatif dan Pembuatan Iklan (Creative)
  3. Fotografer Madya
  4. Teknisi Akuntansi Madya
  5. Credit Officer
  6. Analisis Perpajakan Penghasilan Orang Pribadi
  7. Pengelolaan Underwriting Asuransi Level 5
  8. Office Executive Administrative Assistant
  9. Orthopedic Manipulative Physiotherapy
  10. Pemeriksaan Kondisi Umum dan Tanda-Tanda Vital
  11. Pengelolaan Kearsipan Dasar
  12. Kepemanduan Wisata.

Selain menggunakan kurikulum 70% praktik dan 30% teori, lulusan program pendidikan ini memang diwajibkan untuk mengikuti ujian sertifikasi vokasi. Hal ini menjadi bukti bahwa mereka mampu bersaing di dunia kerja.

Nah, itu tadi lima fakta dari Vokasi UI. Sebagai informasi tambahan, kalau kamu tertarik jadi mahasiswa di sini, kamu bisa pilih jalur SIMAK UI atau Talent Scouting, ya.

BACA JUGA: Fakta FIA UI, Fakultas Termuda di UI


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

like like
0
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf
Aniesa Rahmania Pramitha Devi
Language and Writing Enthusiast. Connect with me on LinkedIn. Read my other articles.