Kenal UI #3: Fakta FHUI, Punya Tentara Merah!

Seri Kenal UI kali ini akan membahas fakta-fakta unik dari fakultasnya Mbak Najwa Shihab. Apa lagi kalau bukan FHUI. Disimak, yuk!


0

Siapa di antara kamu yang pengin jadi anak hukum?

Salah satu sasaran anak SMA yang ingin kuliah hukum adalah Fakultas Hukum UI (FHUI). Fakultas makara merah ini merupakan salah satu fakultas tertua di UI. Sudah banyak tokoh yang berkecimpung di dunia hukum yang tercetak dari fakultas ini, mulai dari pejabat negara seperti Jimly Asshiddiqie dan Yusril Ihza Mahendra, sampai pengisi acara talkshow kondang seperti Sukarni Ilyas dan Najwa Shihab.

Nah, buat kamu yang pengin dan tertarik masuk FHUI, ketahui dulu lima fakta dari fakultas makara merah ini, yuk!

Bermula dari Sekolah Hukum Pertama di Indonesia

fakta fhui
Generasi Pertama Lulusan Sekolah Hukum Rechtshogeschool. Foto: Arsip Humas FHUI

Sama seperti FKUI, FHUI diawali oleh lembaga pendidikan yang sudah ada sejak zaman kolonial. Pada tahun 1909, terdapat sekolah hukum pertama di Indonesia yang didirikan oleh Pemerintah Hindia Belanda. Sekolah tersebut bernama Rechtsschool.

Dalam perkembangannya, sekolah ini menjadi lembaga pendidikan tinggi bernama Rechtshogeschool atau Faculteit der Rechtsgeleerdheid, yang dibuka pada tanggal 28 Oktober 1924 oleh Gubernur Jendral D. Fockt di balai sidang Museum van het Bataviasche Vennootschap van Kunsten en Wetenschappen di Jakarta. Tanggal 28 Oktober tersebut kemudian menjadi tanggal dies natalis FHUI.

Pada masa pendudukan Jepang, Rechtshogeschool sempat ditutup dan dibuka kembali pada tahun 1946 dengan nama Faculteit der Rechtsgeleerdheid en Sociale Wetenschappen sebagai bagian dari Nood-Universiteit van Indonesië.

Hingga akhirnya, pada tahun 2 Februari 1950, berdirilah Universiteit Indonesia yang kemudian menjadi Universitas Indonesia. Faculteit der Rechtsgeleerdheid en Sociale Wetenschappen tadi kemudian bergabung menjadi bagian dari UI.

Mulanya, fakultas tersebut bernama Fakultas Hukum dan Ilmu Pengetahuan Kemasyarakatan. Hingga akhirnya, kedua bidang ilmu tersebut dipecah menjadi dua fakultas yang berbeda yang prosesnya berlangsung pada 1 Februari 1968 sampai 1 April 1969. Keduanya menjadi Fakultas Hukum dan Fakultas Ilmu-Ilmu Sosial (sekarang FISIP).

BACA JUGA: Dari Mi Ayam Sengketa Sampai Sate Fasilkom, Ini Makanan di UI yang Paling Dikangenin 

Fakultas Hukum Terbaik di Indonesia

fakta fhui
FHUI. Foto: Arsip anakui.com

Dikutip dari Tribunnews, FHUI mendapatkan penghargaan sebagai fakultas hukum terbaik di Indonesia versi The Quacquarelli Symonds World University Ranking (QS WUR) tahun 2021. Selain itu, FHUI juga termasuk dalam peringkat 151—200 sebagai fakultas hukum terbaik di dunia.

Terdapat empat indikator dari pemeringkatan tersebut, yaitu academic reputation, employer reputation, research citations per paper, dan H-index. Pemeringkatan ini menilai reputasi internasional institusi yang dinilai di mata akademisi dan pemberi kerja. Selain itu, dampak penelitian akademis yang sudah dipublikasi dan hasil sitasi dari penelitian tersebut juga menjadi hal yang dinilai dalam pemeringkatan tersebut.

Klinik dan Lab Hukum

fakta fhui
Laboratorium dan Klinik Hukum FHUI. Foto: Humas FHUI via Facebook

Kalau kamu jadi mahasiswa FHUI, jangan bingung mau belajar mempraktikkan ilmu di mana. FHUI memiliki klinik dan lab hukum. Adanya klinik dan lab hukum ini diharapkan dapat mengasah pengetahuan dan kemampuan mahasiswa dalam menangani kasus.

Di tempat ini, kamu tidak hanya mempraktikkan teori yang sudah kamu dapatkan, tetapi juga langsung menghadapi kasus riil yang harus kamu atasi. Jadi, kamu harus melakukan wawancara dan menyiapkan dokumen yang berkaitan dengan kasus tersebut. Tenang saja, kamu tetap didampingi oleh dosen, kok.

BACA JUGA: Tertarik Sama Ilmu Hukum UI? Apa Saja yang Kamu Pelajari di Jurusan Ini?

Tentara Merah

fakta fhui
Tentara Merah adalah sebutan bagi mahasiswa FHUI yang berjuang dalam suatu kompetisi. Foto: Arsip anakui.com

Tahukah kamu? FHUI punya pasukan tentara, loh! Bukan tentara biasa, melainkan Tentara Merah. Tentara Merah adalah sebutan bagi mahasiswa yang berkompetisi dan membawa nama baik FHUI.

Selain itu, sebutan ini juga berlaku bagi para suporter ketika individu atau tim dari FHUI sedang berlomba. Biasanya pada ajang Olimpiade UI dan UI Art War. Jadi, kalau kamu lihat sekelompok orang pakai baju merah pas lagi parade suporter, bisa dipastikan mereka adalah Tentara Merahnya FHUI.

Podcast Buka Baju

fakta fhui
Podcast Buka Baju di YouTube

Buat kamu yang masih SMA dan sudah ngebet banget pengin belajar hukum atau kamu mahasiswa dari jurusan lain yang tertarik sama hukum, kamu bisa belajar tentang dunia hukum melalui podcast Buka Baju (Bincang Terbuka Bareng Juris).

Konten dari FHUI tersebut merupakan podcast yang membahas informasi dan pengetahuan dari para pakar hukum. Selain itu, podcast ini juga mengulas isu-isu terbaru dan cerita menarik seputar hukum. Kamu bisa mengaksesnya di YouTube Buka Baju.

Itu tadi lima fakta unik dari FHUI. Semoga bisa membuat kamu semakin tertarik dan antusias untuk menjadi bagian dari makara merah, ya.

Sampai jumpa di Seri Kenal UI berikutnya!

BACA JUGA: Fakta FEB UI, Fakultas yang Sering Dipandang Elit di UI


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

like like
0
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf
Aniesa Rahmania Pramitha Devi
Language and Writing Enthusiast. Temui saya secara pribadi di aniesapramitha.medium.com . Baca artikel saya lainnya.

0 Comments

Leave a Reply