Kenal UI #4: Fakta FKG UI, Salah Satu Fakultas Favorit di RIK UI

FKG UI merupakan salah satu fakultas favorit di Rumpun Ilmu Kesehatan UI. Buat kamu pejuang FKG UI, simak fakta uniknya dalam artikel ini.


0

Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) UI merupakan salah satu fakultas di Rumpun Ilmu Kesehatan (RIK) UI yang paling banyak peminatnya. Dilansir dari laman SIMAK UI, untuk kelas regulernya saja rata-rata keketatannya mencapai 1,96% pada tahun 2020 (rata-rata dari keketatan SNMPTN, SBMPTN, dan SIMAK UI). Di antara ribuan pendaftar, hanya puluhan yang diterima.

Apakah kamu tertarik juga menjadi mahasiswa di fakultas makara hijau putih ini?

Sebelum kamu mendaftarkan diri, ada fakta menarik yang perlu kamu ketahui tentang fakultas ini, nih. Disimak, ya!

Fakultas Kedokteran Gigi Keempat di Indonesia

fakta fkg ui
Gedung RIK, tempat kuliahnya mahasiswa FKG UI. Foto: arsip anakui.com

Pada mulanya, FKG UI merupakan bagian dari FKUI, yaitu dari bagian Gigi dan Mulut FKUI. Fakultas kedokteran gigi keempat di Indonesia ini secara resmi berdiri pada tahun 1960.

Pada masa awal pendirian, fakultas ini belum memiliki gedung sendiri untuk sarana pembelajaran. Pelaksanaan pembelajarannya pun digabung bersama mahasiswa tingkat 1 FKUI. Selain itu, fakultas makara hijau putih ini juga mendapatkan pinjaman tempat dari Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM).

Seiring dengan bertambahnya jumlah mahasiswa, pada tahun 1963 ruang depan Perpustakaan Rakyat di Salemba, Jakarta Pusat, milik Departemen Pendidikan, Pengajaran, dan Kebudyaaan RI diserahkan pada FKG UI.

Memiliki Rumah Sakit Khusus Gigi dan Mulut Pertama di Indonesia

fakta fkg ui
RSKGM FKG UI. Foto: istimewa

Sejak tahun 1965, FKG UI sudah memiliki Poliklinik Gigi untuk umum di Salemba, Jakarta Pusat. Lalu, pada tahun 1976, fakultas ini mendirikan Balai Pengobatan Gigi di Puksesmas Serpong, Tangerang.

Hingga akhirnya, pada tahun 1996, fakultas ini membuka Rumah Sakit Khusus Gigi dan Mulut (RSKGM). Rumah sakit tersebut merupakan rumah sakit gigi dan mulut pertama di Indonesia. RSKGM ini merupakan pengembangan dari Poliklinik Gigi yang sudah ada sebelumnya. Kebanyakan lulusan FKG UI melakukan koas di rumah sakit yang ada di Salemba, Jakarta Pusat ini

Lulus 3,5 tahun

fakta fkg ui
Salah satu kegiatan praktek di FKG UI. Foto: arsip anakui.com

Tahukah kamu, jika kamu menjadi mahasiswa di fakultas ini, kamu bisa mendapat gelar sarjana hanya dengan tujuh semester atau 3,5 tahun, loh! Hal tersebut karena mata kuliahnya sudah dipaketkan menjadi 14 blok (144 SKS) dan dapat diselesaikan dalam waktu tujuh semester.

Fakultas makara hijau putih ini memiliki dua tahap pendidikan. Tahap pertama adalah Program Pendidikan Akademik Kedokteran Gigi yang dtempuh selama 3,5 tahun tadi. Metode pembelajaran yang digunakan adalah problem based learning yang menekankan pembelajaran terpusat pada mahasiswa (student centered learning).

Tahap keduanya adalah Program Pendidikan Akademik Profesi. Pada tahap ini, lulusan fakultas ini harus melaksanakan pendidikan profesi dokter gigi sebanyak 31 SKS sebelum mendapat gelar dokter gigi (drg).

BACA JUGA: Baru Semester Dua, Mahasiswa FKG UI Raih Juara 2 Kompetisi Internasional

Punya Acara Bertaraf Internasional

FKG UI memiliki acara bertaraf internasional yang diadakan tiga tahun sekali. Namanya Kursus Penyegar dan Penambah Ilmu Kedokteran Gigi (KPPIKG). Acara terbesar yang diselenggarakan oleh FKG UI tersebut merupakan forum bertemunya praktisi dan akademisi di bidang kedokteran gigi.

Tahun ini, fakultas makara hijau putih ini mengadakan acara serupa dengan tajuk Indonesian Dental Symposium and Course (IDESCO). Kegiatan ini diadakan dalam bentuk rangkaian acara pada Agustus dan Oktober 2021.

Journal of Dentistry Indonesia

fakta fkg ui
Halaman depan web JDI

Sebagai bentuk semangat menyebarluaskan pengetahuan mengenai kesehatan gigi, FKG UI mengelola jurnal peer-reviewed bernama Journal of Dentistry Indonesia (JDI). Jurnal yang diterbitkan tiga kali dalam setahun tersebut bertujuan untuk terus menyebarluaskan pembaruan terkait kedokteran gigi dan bidang terkait dalam bentuk artikel asli, laporan kasus, dan ulasan.

Jurnal yang bekerja sama dengan Ikatan Dokter Gigi Indonesia tersebut pertama kali terbit pada tahun 1993 dengan nama Jurnal Kedokteran Gigi Universitas Indonesia. Mulai tahun 2012, semua artikel yang diterbitkan di JDI dapat diakses secara daring.

Nah, itu tadi lima fakta menarik dari FKG UI. Simak fakta unik dari fakultas lainnya dalam Seri Kenal UI berikutnya, ya!

BACA JUGA: Fakta Unik FHUI, Punya Tentara Merah!


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

like like
0
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf
Aniesa Rahmania Pramitha Devi
Language and Writing Enthusiast. Temui saya secara pribadi di aniesapramitha.medium.com . Baca artikel saya lainnya.

0 Comments

Leave a Reply