Kenal UI #6: Fakta FIB UI, Surganya Acara Mahasiswa di UI

Seberapa kenal kamu dengan FIB UI? Surganya acara mahasiswa di UI? Atau kuliahnya yang santai? Simak fakta FIB UI selengkapnya di sini.


0

Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya (FIB) UI sering dianggap sebagai fakultas tersantai di UI. Kuliah pakai kaos dan sandal, mahasiswanya yang gaul-gaul, dan sering mengadakan acara mahasiswa setiap bulannya.

Selain itu, mahasiswa FIB sering mempunyai mahasiswa yang berasal dari luar negeri, loh! Kalau kamu mau cari gebetan bule atau oppa-oppa Korea, main-main aja ke FIB.

Di samping pandangan umum seperti itu, sebenarnya fakta unik apa sih yang ada di balik fakultas makara putih ini? Yuk, simak ulasan berikut ini.

Berawal dari Fakultas Sastra

fakta fib ui
FIB UI. Foto: arsip anakui.com

Pada awal pendirian tahun 1940, FIB semula bernama Fakultas Sastra UI (FSUI). Pada waktu itu, jurusan yang dibuka yaitu Jurusan Sastra Indonesia, Jurusan Ilmu-Ilmu Sosial, Jurusan Ilmu-Ilmu Sejarah, dan Jurusan Ilmu Bangsa-Bangsa. Sebelum di Depok, tempat belajarnya pun berada di Jakarta Pusat (1940-1960), kembali pindah ke Rawamangun, Jakarta Timur (1960-1987).

Dalam perkembangannya, muncul gagasan untuk mengubah nama Fakultas Sastra menjadi Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya. Hal ini karena terjadi penyempitan makna pada kata ‘sastra’. Dalam bahasa Sansekerta, kata sastra berarti ‘budaya’ atau ‘ilmu’. Namun, makna tersebut menyempit menjadi ‘bidang seni yang menggunakan bahasa sebagai medianya’, seperti prosa, puisi, dan drama.

Nama ‘Fakultas Sastra’ membuat orang beranggapan bahwa fakultas ini mencetak mahasiswanya menjadi sastrawan, padahal tidak. Ada jurusan lain yang bahkan tidak mempelajari sastra, seperti Arkeologi, Ilmu Sejarah, Ilmu Perpustakaan, dan Filsafat. Hingga akhirnya, pada tahun 2002, FSUI secara resmi berubah nama menjadi FIB UI.

BACA JUGA: 6 Stigma yang Melekat pada Mahasiswa FIB UI

Fakultas dengan Prodi S1 Terbanyak di UI

fakta fib ui
Potret mahasiswa FIB UI saat kuliah. Foto: dokumentasi pribadi

FIB merupakan fakultas dengan program studi (prodi) S1 terbanyak di UI. Total ada 15 prodi di fakultas makara putih ini.

Prodi-prodi tersebut antara lain Prodi Indonesia, Prodi Sastra Jawa, Prodi Cina, Prodi Jepang, Prodi Arab, Prodi Jerman, Prodi Belanda. Prodi Inggris, Prodi Prancis, Prodi Rusia, Prodi Arkeologi, Prodi Sejarah, Prodi Ilmu Filsafat, Prodi Ilmu Perpustakaan, dan Prodi Bahasa dan Kebudayaan Korea.

Prodi Belanda Satu-satunya di Asia

fakta fib ui
Ilustrasi Belanda. Gambar oleh Helena Jankovičová Kováčová dari Pixabay

Tahukah kamu, salah satu dari 15 prodi di FIB UI ada yang cuma satu-satunya di Asia Tenggara, loh! Prodi tersebut adalah Prodi Belanda. Prodi yang tahun ini berusia 51 tahun tersebut telah diakui secara internasional oleh Nederlandse Taalunie (Uni Bahasa Belanda) sebagai penyelenggara pendidikan jenjang sarjana studi Belanda.

Jika kamu menjadi mahasiswa Prodi Belanda, kamu tidak hanya akan belajar bahasanya, tetapi juga sastra dan kebudayaan Belanda. Selain itu, ilmu yang akan yang kamu dapatkan akan sangat bermanfaat jika kamu berminat untuk meneliti dan menguak peninggalan Belanda di Indonesia.

Memiliki Enam Seni Instalasi

fakta fib ui
Potret instalasi “Interkoneksi” bersama penciptanya. Foto: dokumentasi FIB UI

Namanya juga Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya, pasti tidak jauh-jauh sama kebudayaan, termasuk karya seni. Di fakultas ini, kamu akan menemukan enam seni instalasi di tersebar di berbagai titik di FIB. Masing-masing karya seni tersebut memiliki ceritanya tersendiri. Enam seni instalasi tersebut yaitu sebagai berikut.

  1. Interkoneksi karya Entang Wiharso
  2. Monumen Luka karya Hanafi
  3. Merasa Bebas karya Putu Sutawijaya
  4. Menu Hari Ini karya Irantine Karnaya
  5. Never Ending karya Irantine Karnaya
  6. Mencari Peluang karya Irantine Karnaya

BACA JUGA: 5 Rekomendasi Matkul Eksternal FIB UI yang Anti-Mainstream

Surganya Acara Mahasiswa

fakta fib ui
Festival Budaya (Fesbud) adalah salah satu acara di FIB UI. Foto: arsip anakui.com

Sebelumnya, sudah dijelaskan kalau fakultas makara putih ini merupakan fakultas dengan prodi S1 terbanyak di UI. Hal tersebut tentunya berpengaruh pada kegiatan mahasiswanya. Fakultas ini pun dikenal sebagai surganya acara mahasiswa. Bagaimana tidak, setiap prodi memiliki acara besarnya masing-masing. Belum lagi acara dari BEM FIB UI dan lembaga atau organisasi mahasiswa yang lainnya.

Hampir setiap bulan, selalu ada bazar dan konser musik di fakultas ini. Beberapa acara yang terkenal dari FIB UI yaitu Festival Budaya UI yang diadakan oleh BEM FIB UI, Gelar Jepang UI yang diadakan oleh Prodi Jepang, dan Korean Cultural Day yang diadakan oleh Prodi Bahasa dan Kebudayaan Korea.

Nah, itu tadi lima fakta unik dari FIB UI. Menarik dan seru banget, kan? Kalau mau kenal lebih dekat, ditunggu kehadiranmu di FIB UI, ya!

Sampai jumpa di Seri Kenal UI berikutnya.

BACA JUGA: Fakultas Teristimewa Di UI? Ya, FIB Jawabannya. Emang Ada yang Lain?


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

like like
0
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf
Aniesa Rahmania Pramitha Devi
Language and Writing Enthusiast. Connect with me on LinkedIn. Read my other articles.

0 Comments

Leave a Reply