Kenal UI #7: Fakta Psikologi UI, Pionir Berdirinya Fakultas Psikologi di Indonesia

Fakultas Psikologi (FPsi) UI adalah pionir berdirinya fakultas psikologi di Indonesia. Simak fakta menarik tentang FPsi dalam artikel ini.


0

Kalau kamu pernah naik bikun (bis kuning), fakultas apa yang pertama menjadi tempat pemberhentian bikun jalur biru? Ya, tepat sekali, Fakultas Psikologi UI. Fakultas ini letaknya memang cukup strategis karena dekat dengan Stasiun UI dan Bundaran Makara. Jadi, kamu tidak akan bingung kalau mencari fakultas makara biru muda ini.

Selain tempatnya yang strategis, Psikologi UI juga menyimpan fakta-fakta unik, loh! Mau tahu seperti apa? Simak penjelasan berikut ini.

Awal Pendirian

fakta fpsi ui
Taman Akademos, taman yang ada di Psikologi UI. Foto: istimewa

Psikologi UI berdiri pada tahun 1960. Fakultas ini menjadi salah satu pionir dari berdirinya fakultas psikologi di Indonesia. Lahirnya fakultas ini berawal dari pidato ilmiah Prof. Dr. Slamet Iman Santoso dalam pengukuhannya sebagai Guru Besar UI.

Pada momen yang sekaligus merupakan Dies Natalis UI tersebut, beliau mengemukakan penggunaan pemeriksaan psikologis untuk mendeteksi the right man on the right place, dan menghindari the right man on the wrong place, the wrong man on the right place, serta the wrong man on the wrong place.

Pada tahun 1953, Kementerian Pendidikan, Pengajaran, dan Kebudayaan mendirikan Lembaga Psikologi. Lembaga tersebut kemudian diubah namanya menjadi Pendidikan Asisten Psikologi dan berada di bawah pimpinan UI. Pada tahun 1955, lembaga pendidikan tersebut menjadi Pendidikan Sarjana Psikologi yang berada di bawah naungan FKUI.

Hingga akhirnya, pada 1 Juli 1960 Fakultas Psikologi UI didirikan secara resmi oleh Menteri Pendidikan, Pengajaran, dan Kebudayaan RI.

Termasuk dalam Rumpun Soshum

fakta fpsi ui
Potret mahasiswa Psikologi UI. Foto: istimewa

Buat yang masih beranggapan kalau psikologi itu selalu berhubungan sama hal klinis, anggapan kamu tidak sepenuhnya benar. Buktinya, Psikologi di UI dan beberapa universitas di Indonesia termasuk dalam rumpun sosial humaniora, loh! Jadi, kamu yang berasal dari jurusan IPS di SMA punya peluang untuk jadi mahasiswa psikologi.

Sebagai informasi, perbedaan psikologi soshum dan saintek terletak pada fokus studinya. Psikologi soshum fokus pada permasalahan sosial dalam individu atau masyakarat yang dikaitkan dengan psikologi. Sementara psikologi saintek fokus pada keadaan psikologis seseorang dilihat dari sudut pandang kesehatan.

BACA JUGA: Selain Klinik Satelit, Kamu Bisa Konsultasi Psikologis Di Sini Lho!

Tempat Pengembangan Anak Makara

Kalau kamu keliling-keliling di fakultas ini, jangan kaget kalau lihat ada banyak anak kecil, ya. Pasalnya, di sini terdapat Tempat Pengembangan Anak Makara (TPAM). Tempat ini sejenis daycare atau tempat penitipan anak usia 2—4 tahun, tetapi dengan model yang sesuai dengan kaidah ilmu kesehatan dan psikologi untuk balita.

Tempat yang juga merupakan Laboratorium Perkembangan dan Pendidikan Anak Usia Dini tersebut didirikan pada tahun 2008 di bawah Program Studi Magister Psikologi Terapan. TPAM merupakan bentuk kolaborasi dengan FKUI, FKG UI, dan FIK UI. Mahasiswa fakultas ini juga bisa magang di sini, loh.

Klinik Terpadu Psikologi

fakta fpsi ui
Salah satu kegiatan di Klinik Terpadu Psikologi UI. Foto: istimewa

Selain TPAM, Psikologi UI juga punya Klinik Terpadu Psikologi. Klinik yang didirikan pada tahun 2008 tersebut merupakan teaching clinic yang bertujuan untuk memberikan pelayanan psikologi yang komprehensif, profesional, dan terintegrasi dengan masyarakat luas.

Layanan yang disediakan oleh klinik ini yaitu konseling dan psikoterapi untuk individu dan pemeriksaan psikologis. Selain itu, Klinik Terpadu Psikologi juga melayani kerja sama dengan berbagai institusi yang ingin mengadakan pemeriksaan psikologis dan Tes Potensi Akademik (TPA) untuk kebutuhan seleksi dan asesmen.

Lembaga Psikologi Terapan

Layanan lain yang dibuka oleh Psikologi UI untuk masyarakat luas adalah Lembaga Psikologi Terapan (LPT) UI. Lembaga ini berdiri sejak 1970 membuka layanan psikologi untuk pengembangan individu dan organisasi, di antaranya talent mapping, personal empowerement, workplace learning, dan organizational assessment and human performance system.

Di masa pandemi ini, LPT UI juga sering mengadakan webinar yang dapat diakses oleh masyarakat umum. Lembaga ini juga sudah menangani berbagai jenis klien dari perusahaan terkemuka. Jadi, sudah pasti berkualitas tenaga profesionalnya.

Itu tadi lima fakta unik dari Psikologi UI yang jarang diketahui orang banyak. Semoga bisa menjadi tambahan referensi buat kamu yang ingin menjadi mahasiswa di fakultas makara biru muda ini atau sekadar butuh layanan psikologi dari fakultas ini, ya!

Sampai jumpa di Seri Kenal UI berikutnya.

BACA JUGA: Kenal UI #6: Fakta FIB UI, Surganya Acara Mahasiswa di UI


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

like like
0
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf
Aniesa Rahmania Pramitha Devi
Language and Writing Enthusiast. Connect with me on LinkedIn. Read my other articles.

0 Comments

Leave a Reply