Kenal UI #8: Fakta FKM UI, Juara Bertahan Parade Olimpiade UI

FKM UI adalah fakultas kesehatan masyarakat tertua di Indonesia. Simak berbagai fakta menarik dari FKM UI dalam artikel ini.


0

Kalau kamu pernah menonton berita di televisi atau berita di media massa dan daring, kamu pasti tidak asing pada narasumber yang merupakan seorang epidemiolog. Bahkan, beberapa epidemiolog tersebut merupakan sivitas akademika UI, loh. Mereka berasal dari Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) UI.

FKM UI merupakan salah satu fakultas di Rumpun Ilmu Kesehatan UI. Fakultas dengan makara ungu ini memiliki empat prodi S1, yaitu Kesehatan Masyarakat, Ilmu Gizi, Kesehatan Lingkungan, dan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3).

Lantas, seperti apa fakta unik yang dimiliki oleh fakultas ini? Yuk, simak artikel berikut ini.

Fakultas Kesehatan Masyarakat Tertua di Indonesia

fakta fkm ui
Gedung FKM UI. Foto: ui.ac.id

FKM UI disebut-sebut sebagai fakultas kesehatan masyarakat tertua di Indonesia. Awalnya, fakultas ini merupakan pecahan dari FKUI. Kepala Departemen Kesehatan Masyarakat dari FKUI Dr. Mochtar adalah sosok yang memprakarsai terbentuknya fakultas ini.

Mulanya, departemen tersebut membuka program Magister Kesehatan Masyarakat. Lalu, pada tahun 26 Februari 1965, diputuskan bahwa FKM dibentuk di bawah naungan UI. Kemudian, melalui Surat Keputusan Menteri Perguruan Tinggi dan Ilmu Pengetahuan No. 153 Tahun 1965, ditetapkan tanggal berdirinya FKM UI yaitu pada tanggal 1 Juli 1965.

BACA JUGA: FKM UI, Fakultas Kesehatan Masyarakat Tertua di Indonesia

Ikut Andil dalam Penanganan Pandemi di Indonesia

FKM UI merupakan salah satu fakultas di UI yang aktif berkontribusi dalam penanganan pandemi COVID-19 di Indonesia. Pada situs resminya, terdapat menu khusus yang menyediakan informasi mengenai COVID-19, seperti webinar, opini tentang COVID-19, kumpulan berita daring tentang COVID-19, dan publikasi mengenai COVID-19, baik nasional maupun internasional.

Fakultas ini aktif melakukan sosialisasi tentang pandemi COVID-19, terutama via daring. Salah satunya adalah rangkaian webinar yang diunggah di YouTube FKM UI. Selain itu, epidemiolog dari fakultas ini juga sering menjadi narasumber utama dalam berita yang membahas soal COVID-19.

Ciptakan Buku Saku Pencegahan COVID-19

fakta fkm ui
Cover buku saku pencegahan COVID-19

Selain dosen dan para pakarnya, mahasiswa fakultas makara ungu ini juga tidak ingin ketinggalan untuk berkontribusi dalam pencegahan COVID-19. Salah satu yang dilakukan adalah membuat Buku Saku Desa Tangguh Bencana Lawan COVID-19. Pembuatan buku saku ini dilakukan oleh 10 mahasiswa dari Prodi K3 dalam rangka Pengalaman Belajar Lapangan (PBL).

Buku saku yang merupakan kerja sama UI dengan Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Kesehatan, Badan Nasional Penanggulan Bencana, Direktorat Pusat Riset dan Respon Bencana UI, dan Perhimpunan Ahli Kesehatan Kerja Indonesia (PAKKI) tersebut akan didistribusikan pada lebih dari 74 ribu desa di Indonesia. Selain itu, versi digitalnya juga dapat diakses melalui tautan bit.ly/bukusakudestana.

BACA JUGA: Ciptakan Buku Saku, Mahasiswa FKM UI Sosialisasi Pencegahan COVID-19

Mendeklarasikan Diri sebagai Zona Integritas

fakta fkm ui
Maklumat Pelayanan FKM UI. Foto: laman resmi FKM UI

Pada 30 Juni 2020, Pj Dekan FKM UI beserta jajarannya menandatangani Maklumat Pelayanan. Maklumat tersebut merupakan pernyataan bahwa FKM UI menyelenggarakan pelayanan sesuai dengan standar pelayanan dalam mewujudkan Zona Integritas sesuai kaidah Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM).

Sebagai bentuk implementasi dari pernyataan tersebut, fakultas ini membuat aturan mengenai gratifikasi, Whistle Blowing System (WBS), dan benturan kepentingan. Jika terdapat tindakan yang dicurigai sebagai gratifikasi, kamu dapat melaporkan tersebut pada kontak yang tersedia di laman tersebut.

Juara Bertahan Parade Olimpiade

fakta fkm ui
Prajurit Ungu. Foto: laman FKM UI

Nah, fakta unik yang satu ini pasti sepertinya harus diketahui oleh mahasiswa FKM UI 2020 dan 2021 yang belum pernah kuliah offline deh, hehe.

Jadi, BEM UI memiliki tiga acara tahunan yang diadakan secara bersamaan, yaitu Olimpiade Ilmiah Mahasiswa (OIM), Olimpiade UI, dan UI Art War. Sebagai pembuka ketiga acara tersebut, setiap fakultas akan melakukan parade dari fakultas masing-masing sampai ke Balairung sebagai bentuk dukungan terhadap kontingen mereka yang berkompetisi pada tiga ajang tersebut.

Nah, rombongan parade fakultas makara ungu ini yang disebut sebagai Prajurit Ungu merupakan juara parade selama satu dekade, mulai tahun 2010-2019. Penetapan juara tersebut dilihat berdasarkan yel-yel, maskot, dan kekompakan suporter.

Semenjak pandemi melanda tahun 2020, parade tersebut tidak diadakan lagi. Untuk parade selanjutnya yang entah kapan, semoga FKM bisa juara lagi, ya!

Itu tadi lima fakta unik dari fakultas makara ungu. Menarik, kan? Semoga bisa menjadi motivasi kamu yang ingin jadi mahasiswa di fakultas ini, ya!

Sampai jumpa di Seri Kenal UI berikutnya.

BACA JUGA: Fakta FIB UI, Surganya Acara Mahasiswa di UI


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

like like
0
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf
Aniesa Rahmania Pramitha Devi
Language and Writing Enthusiast. Connect with me on LinkedIn. Read my other articles.

0 Comments

Leave a Reply