Kenal UI #9: Fakta FMIPA UI, Punya Kantin dengan Nama Unik

FMIPA UI adalah fakultas tertua ketiga di UI. Fakultas ini punya kantin dengan nama paling unik se-UI, loh. Penasaran? Yuk, cari tahu!


0

Kalau ditanya soal rumpun sains dan teknologi, bayangan orang-orang pasti tidak jauh dari jurusan yang berbau saintis, matematis, dan sesuatu yang berkaitan dengan alam dan makhluk hidup. Hal-hal seperti itu dapat kamu temukan di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) UI.

Fakultas makara biru hitam ini merupakan fakultas tertua ketiga di UI. Di dalamnya terdapat sembilan prodi S1, yaitu Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, Geografi, Geofisika, Geologi, Statistika, dan Ilmu Aktuaria.

Ingin tahu fakta dan informasi lain dari FMIPA UI? Simak ulasan berikut ini.

Dulu Bernama Fakultas Ilmu Pasti dan Ilmu Alam

fakta fmipa ui
Gedung FakuItas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UI. Foto: sci.ui.ac.id

Sebelum menjadi FMIPA UI, pada awal pendiriannya tahun 1959, fakultas ini bernama Fakultas Ilmu Pasti dan Ilmu Alam (FIPIA). Lokasinya pun bukan di Depok, melainkan Bandung. Namun, fakultas tersebut diserahkan ke Institut Teknologi Bandung (ITB) dan UI mendirikan FIPIA di Jakarta pada tahun 1960

Akhirnya, pada tahun 1982, FIPIA berubah nama menjadi FMIPA. Perubahan nama ini didasarkan pada Peraturan Pemerintah No.27 tahun 1981, tertanggal 14 Agustus 1981 (Lembaga Negara RI No. 41) tentang Penataan Fakultas pada Universitas dan Institut Negeri. Lima tahun kemudian, tepatnya tahun 1987, semua kegiatan FMIPA pun pindah dari Salemba (Jakarta Pusat) ke Depok.

Punya Prodi Baru pada Tahun 2018

Tahukah kamu kalau fakultas ini memiliki prodi terbaru? Pada tahun ajaran 2018/2019 lalu, FMIPA UI membuka prodi S1 Ilmu Aktuaria. Itu berarti, angkatan pertamanya akan lulus pada tahun 2022 mendatang.

Prodi yang berada di bawah naungan Departemen Matematika FMIPA UI bekerja sama dengan institusi-institusi yang berkaitan dengan bidang aktuaria, seperti Persatuan Aktuaris Indonesia, untuk mengembangkan profesi aktuaris yang tersertifikasi. Dalam salah satu mata kuliahnya, terdapat penyetaraan ujian profesi Aktuaris

Layanan Sains Terapan (LST)

fakta fmipa ui
Lab Riset Multidisiplin FMIPA UI. Foto: sci.ui.ac.id

Sama seperti fakultas lainnya, fakultas ini juga memiliki unit khusus yang menyediakan jasa bagi sivitas akademika UI, institusi pemerintah dan swasta, serta masyarakat umum. Unit tersebut yaitu Lembaga Sains Terapan (LST).

Lembaga yang berada di Lantai 6 Gedung Laboratorium Riset Multidisiplin Pertamina FMIPA UI tersebut didirikan dengan fokus pada kegiatan konsultasi, pelatihan, uji laboratorium, dan sertifikasi di bidang sains terapan. LST menjadi wadah bagi kolaborasi antara FMIPA UI, pemerintah, dan industri. Selain itu, keberadaan LST juga diharapkan mampu meningkatkan kapasitas SDM FMIPA UI dan penciptaan inovasi sains untuk masa mendatang.

BACA JUGA: UI Punya Laboratorium Baru di FMIPA, Hasil Kerja Sama dengan Mercks

Alumni Lounge

fakta fmipa ui
Peresmian Alumni Lounge FMIPA UI (06/21). Foto: sci.ui.ac.id

Pada Juni 2021 lalu, FMIPA UI meresmikan Alumni Lounge di Lantai 3 Gedung Laboratorium Riset Multidisiplin Pertamina FMIPA UI. Fasilitas baru ini digunakan sebagai co-working space dan tempat pertemuan, diskusi, dan silaturahmi alumni fakultas makara biru hitam ini. Selain itu, tempat ini juga dilengkapi dengan kursi dan meja rapat, layar proyektor, sofa, wifi, dan pantry.

Selain untuk alumni, tempat ini juga dapat dimanfaatkan oleh lulusan baru yang akan memulai karir. Mereka akan difasilitasi berbagai pelatihan untuk dunia kerja dan pembekalan menjadi enterprenuer. Pihak fakultas berharap para alumni terdahulu dapat berkontribusi untuk alumni juniornya.

Nama Kantin yang Unik

fakta fmipa ui
Kantin Dallas. Foto: sci.ui.ac.id

Hampir semua fakultas di UI memiliki kantin. Namun, hanya fakultas ini yang memiliki kantin dengan nama yang unik, yaitu Dallas. Dallas adalah singkatan dari “Di bawah lindungan Allah SWT”. Unik, kan?

Pemberian nama tersebut bukan tanpa alasan. Lokasi kantin yang berada di bawah Musala membuat kantin tersebut dinamai seperti itu. Jadi, orang-orang yang makan di sana seakan-akan dilindungi Allah karena hampir setiap waktu salat pasti mendengar azan dan doa-doa lainnya, hehe.

Itu tadi lima fakta menarik dari fakultas makara biru hitam. Semoga bisa jadi motivasi kamu yang sedang berjuang untuk jadi bagian dari fakultas ini, ya!

Sampai jumpa di Seri Kenal UI berikutnya.


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

like like
0
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf
Aniesa Rahmania Pramitha Devi
Language and Writing Enthusiast. Connect with me on LinkedIn. Read my other articles.

0 Comments

Leave a Reply