KenalUI #2: Fakta FEB UI, Fakultas yang Sering Dipandang Elit di UI

FEB UI kerap kali dipandang sebagai fakultas elit yang ada di UI. Kira-kira benar seperti itu nggak, ya? Ketahui faktanya dalam artikel ini.


2
2 points

Apa yang kamu pikirkan ketika mendengar Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UI?

Umumnya, orang-orang beranggapan bahwa FEB UI merupakan tempat belajarnya anak-anak high class dan elit. Selain itu, ada pula jargon, “Kuliah di FE paling sial jadi menteri” Nggak heran kalau orang awam memandang lulusan fakultas ini sebagai lulusan yang patut diperhitungkan di dunia kerja.

Nah, buat kamu anak SMA yang bercita-cita masuk fakultas ini, seberapa banyak yang kamu tahu tentang fakultas dengan fakultas makara abu-abu ini? Kalau kamu masih clueless tentang fakultasnya Menteri Keuangan Sri Mulyani ini, berikut ini lima fakta FEB UI yang wajib kamu ketahui.

Dulu FEUI

fakta feb ui
Gedung Kuliah Nathanael Iskandar (Gedung A) FEB UI. Foto: Wikipedia

Sebelum menjadi FEB UI, fakultas ini dulunya bernama Fakultas Ekonomi (FE) UI. Pergantian nama yang dilakukan pada Februari 2015 ini dilatarbelakangi oleh perubahan yang semakin dinamis dan menuntut persaingan, baik di tingkat nasional maupun internasional. Dengan nama baru ini, diharapkan fakultas ini bisa beradaptasi dalam komunitas internasional, mengingat bahwa banyak universitas di luar negeri yang memiliki faculty of economics and bussiness.

Lembaga Pendidikan Ekonomi Tertua di Indonesia

fakta feb ui
 Taman Makara FEB UI. Foto: arsip anakui.com

Fakultas makara abu-abu merupakan lembaga pendidikan ekonomi tertua di Indonesia. Pada awalnya, pendidikan ekonomi merupakan bagian dari Jurusan Sosial Ekonomi di Fakultas Hukum dan Ilmu Pengetahuan Masyarakat di Balai Perguruan Tinggi Universitas Indonesia dan Universiteit van Indonesie. Pada tahun 1950, jurusan tersebut memisahkan diri dan dijadikan sebagai FEUI.

Berdirinya FEUI pada masa itu diharapkan dapat mencetak ahli-hali perekonomian dan pengelolaan perusahaan untuk membangun Indonesia pada masa awal kemerdekaan.

BACA JUGA: Buat Kamu Anak FEB UI; Mesti Bangga Nih, FEB UI Terbaik di Indonesia!

Pusat Ekonomi dan Bisnis Syariah

fakta feb ui
Salah satu kegiatan PEBS secara daring. Foto: FEB UI

FEB UI memiliki institusi bernama Pusat Ekonomi dan Bisnis Syariah (PEBS). Institusi tersebut difokuskan menjadi center of excellence untuk penelitian dan pelatihan di bidang ekonomi dan keuangan syariah sesuai kebutuhan akademik, industri, dan masyarakat.

PEBS memiliki aktivitas di bidang pelatihan akademik dan non-akademik untuk praktisi akademisi, industri, dan regulator. Selain itu, PEBS memiliki aktivitas penelitian dasar, terapan dan publikasi ilmiah, serta pengembangan akademik dan pendidikan tinggi formal. PEBS juga melayani konsultasi dan advokasi di bidang terkait.

PEBS mempunyai Indonesia Sharia Economic Outlook (ISEO) yang merangkumkan data-data statistik makro tahunan di berbagai industri ekonomi, bisnis, dan keuangan Islam. Selain itu, PEBS sering mengadakan kegiatan yang dapat diikuti masyarakat umum, seperti seminar, webinar, workshop, dan diskusi terbuka. PEBS juga membuat video edukasi seputar ekonomi, keuangan, dan bisnis Islam di YouTube.

Jazz Goes to Campus, Konser Musik Tahunan Andalan FEB UI

fakta feb ui
JGTC. Foto: arsip anakui.com

Apakah kamu pernah mendengar Jazz Goes to Campus (JGTC)? Konser musik tersebut merupakan acara tahunan yang diadakan oleh BEM FEB UI. Festival jazz yang diklaim tertua di Indonesia ini pertama kali diadakan pada tahun 1976 dengan konsep bringing jazz to campus. Hal ini karena pada masa itu, jazz dianggap sebagai aliran musik mahal yang hanya ditampilkan di hotel dan restoran mewah.

Karena pandemi, JGTC sempat ditiadakan pada tahun 2020. Hingga akhirnya, pada tahun ini JGTC mencoba beradaptasi dengan membuat konser virtual. Konser ke-43 tersebut diadakan pada 13-14 Februari 2021 lalu. Para pengisi acara tampil secara live, sedangkan penonton menyaksikannya secara virtual melalui GoPlay dan Loket Live.

Agenda UI, Produk Ikonik dari FEB UI

Salah satu produk mahasiswa FEB UI yang ikonik adalah Agenda UI. Produk ini merupakan planner book yang diproduksi oleh Badan Otonom (BO) Economica FEB UI. Sasaran penjualannya adalah mahasiswa dan masyarakat umum yang membutuhkan planner book.

Setiap tahunnya, Agenda UI dibuat dengan tema yang berbeda-beda. Kamu bisa cek produknya di Instagram @agenda_ui. Oh iya, kamu juga bisa menjadi reseller dan mendapatkan bonus khusus jika berhasil menjual produk dengan jumlah banyak, loh.

***

Itu tadi lima fakta unik FEB UI, fakultas yang sering dicap sebagai fakultas elit di UI. Walaupun terlihat high class, fakultas makara abu-abu ini tetap sama seperti fakultas yang lain, kok. Apapun latar belakangmu, kamu tetap bisa belajar di fakultas ini. Jadi, jangan minder kalau kamu pengin jadi bagian dari fakultas ini, ya!

Tunggu fakta unik dari fakultas lain di seri Kenal UI selanjutnya!

BACA JUGA: Kenal UI #1: Fakta FKUI, Dari Eksistensi Hingga Segudang Prestasi


Like it? Share with your friends!

2
2 points

What's Your Reaction?

like like
0
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf
Aniesa Rahmania Pramitha Devi
Language and Writing Enthusiast. Temui saya secara pribadi di aniesapramitha.medium.com . Baca artikel saya lainnya.

0 Comments

Leave a Reply