Uang Kuliah Tunggal (UKT) merupakan jenis biaya tunggal yang harus dibayarkan oleh mahasisiwa per semester di perguruan tinggi. Bicara soal biaya kuliah di UI pasti berkaitan dengan isu tentang UKT yang akan dinaikkan tahun ini. Ya, isu ini memang benar. Tapi baru sekadar isu. Sampai saat ini, belum ada pernyataan dari pihak UI mengenai keputusan tersebut. Meskipun isu ini sudah ramai dibicarakan sejak tahun lalu, tepatnya pada akhir tahun 2015.

Biaya kuliah akan naik?

Biaya kuliah akan naik?

Banyak yang harus dipikirkan mengenai keputusan kenaikan biaya kuliah, sehingga proses penentuan pun harus dibicarakan dengan matang. Beberapa pertemuan dilakukan oleh Rektor dan jajarannya serta perwakilan mahasiswa. Dalam hal ini, pihak Universitas tidak dapat mengambil keputusan tanpa adanya suara dari mahasiswa.

Berikut beberapa tanggal penting sebagai ajang diskusi antara pihak Mahasiswa dan Rektorat yang membahas kenaikan uang kuliah:

  1. Tanggal 23 Desember 2015, dilakukan diskusi antara Mahasiswa dengan pihak Rektorat untuk membicarakan rencana UI yang akan menaikkan biaya kuliah. Pada diskusi publik dengan Rektor ini, pihak Rektor telah menyampaikan rencana kenaikan batas atas biaya kuliah. Alasan utamanya adalah peraturan yang dikeluarkan dari Kemenristekdikti dan UI pun sedang membutuhkan uang.
  2. Tanggal 11 Januari 2016, Perwakilan mahasiswa diberikan info oleh Rektorat untuk berdiskusi tentang UKT serta membentuk tim perwakilan mahasiswa. Perwakilan Mahasiswa dalam Pembahasan UKT kemudian dibentuk. Tim ini akan mengikuti beberapa rapat Rektorat bersama dengan Dosen dan Karyawan sekaligus mewakili suara mahasiswa yang lain. Perwakilan mahasiswa tersebut antara lain, Amanda Delia, FPSI 2012; Denny Yusuf, Fasilkom 2012; Hafizh Nuur, FISIP 2012; Khansa Asikasari, FKM 201; Sandi Aria M, FISIP 2012; dan Massaid Bimo S, FEB 2012.
  3. Perwakilan mahasiswa dalam pembahasan UKT

    Perwakilan mahasiswa dalam pembahasan UKT

  4. Tanggal 13 Januari 2016, dilakukan forum terbuka di Taman Lingkar UI. Kegiatan ini dilakukan agar setiap mahasiswa yang memiliki pendapat atau unek-unek bisa langsung disampaikan.
  5. Beberapa perjalanan panjang, diskusi, forum, dan berbagai pertimbangan lainnya akan sampai pada titik penentuan. Pada Rabu, 27 Januari 2016, pukul 13.00—16.00 bertempat di Lorong Rektorat, BEM se-UI mengadakan Undangan Terbuka bagi seluruh mahasiswa UI untuk menghadiri agenda terpenting dalam penetapan biaya kuliah. Agenda pertemuan tersebut yaitu keputusan akhir, naik atau tidaknya batas biaya pendidikan di UI. Pihak Rektorat dan tim perwakilan mahasiswa dalam peyusunan UKT akan kembali bertemu. Masihkah UI dapat disebut sebagai kampus berkeadilan? Temukan jawabannya!
Undangan terbuka

Undangan terbuka

Nasib ribuan calon mahasiswa UI akan ditentukkan melalui rapat final ini. Mahasiswa dari berbagai kalangan, yang peduli terhadap nasib sesama mahasiswa, fakultas, dan kampus perjuangan ini. Inilah momen yang paling dinantikan sebagai masa depan kampus perjuangan.