Keren, Mahasiswa UI Juarai Kompetisi MIT COVID-19 Challenge


0

Kuliah online tidak menyurutkan semangat AnakUI untuk terus berprestasi. Lagi-lagi, nama Universitas Indonesia kembali harum dalam kancah internasional setelah Adriana Viola Miranda berhasil meraih juara dalam kompetisi internasional bertajuk ‘MIT COVID-19 Challenge: Latin America VS COVID-19’.

MIT COVID-19 Challenge merupakan kompetisi daring beregu yang diselenggarakan oleh Massachusetts Institute of Technology, Amerika. Kompetisi ini memfasilitasi masyarakat agar turut andil dalam menangani pandemi COVID-19 yang melanda berbagai negara.

Dalam gelaran tersebut, Adriana yang merupakan mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FK UI) angkatan 2016 ini tergabung dalam tim bernama AMIGO yang berarti ‘Teman’ dalam bahasa Spanyol. AMIGO menawarkan solusi berupa pelayanan melalui sistem telemedicine berbasis WhatsApp atau SMS bagi yang tidak memiliki akses ke internet. Tujuannya untuk memastikan pelayanan kesehatan dapat diakses bagi populasi yang rentan dengan kondisi kronis.

Sumber: dok. humas FKUI

Saat ini, tim AMIGO yang berasal dari berbagai negara dan profesi ini sedang dalam proses kerja sama untuk pilot study dengan sebuah rumah sakit di Chili. Ke depannya, AMIGO akan dikembangkan untuk dapat men-triase kebutuhan pasien berdasarkan gejalanya. Selain itu, AMIGO diharapkan mampu menjadi teman bagi para pasien kondisi kronis, sehingga pasien dapat menginformasikan gejala, konsumsi obat, hingga mengatur jadwal konsultasi ke rumah sakit.

Kegiatan yang didukung lebih dari 70 mitra, termasuk UNESCO dan European Institute of Innovation & Technology (EIT) Health pertama kali digelar pada awal April 2020. Total keseluruhan kegiatan ini sebanyak lima kali kompetisi, yaitu Beat the Pandemic, Africa Takes on Covid-19, MIT Covid-19 Datathon, Beat the Pandemic II, dan yang terbaru adalah Latin America vs Covid-19.

Nah, Adriana terpilih menjadi satu dari 1.500 peserta pada kompetisi yang diadakan, yaitu Beat the Pandemic, Beat the Pandemic II dan Latin America vs Covid-19. Untuk mengikuti setiap lomba tersebut, Adriana telah mengikuti seleksi berdasarkan keterampilan dan motivasi bersama 5.000 pendaftar lainnya yang berasal dari 90 negara.

Adriana Viola Miranda (Sumber: dokumentasi humas FKUI)

AMIGO berhasil meraih juara dalam kategori ‘Track B. New Ways to Deliver Care in a Covid-19 World’. Kompetisi MIT Covid-19 Challenge menggunakan sistem hackathon, yakni kolaborasi dalam pengembangan ide dan prototipe startup kesehatan berbasis teknologi dalam 48 jam, di mana setiap tim akan berkompetisi di treknya masing-masing, mulai dari trek A hingga trek J.

Pada hackathon ini, setiap peserta diminta membentuk tim multidisipliner dengan peserta lain dari berbagai negara. Selama prosesnya, setiap tim dibimbing berbagai mentor yang memiliki kepakaran di bidang kesehatan, teknologi dan bisnis. Pemenang dipilih berdasarkan proses pitching, dengan kriteria penilaian berupa impact ke masyarakat, inovasi, implementasi dan efektivitas presentasi.


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

like like
0
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf
Ditha Adinda

Content Writer. Are you the end of my prayer? Because Amen love with you. Hit me on: Ditha Adinda (Vokasi, Administrasi Rumah Sakit 2017). Baca artikel Ditha Adinda lainnya.

0 Comments

Leave a Reply