Keren! UI Kolaborasi dengan Facebook Lawan Corona

Anak UI, Universitas Indonesia kini tengah menjalin kerja sama dengan Facebook Indonesia dalam pemanfaatan big data atau maha data guna menganalisis situasi di tengah pandemi COVID-19 nih. Data yang digunakan UI bukan data sembarangan. Controlled access data telah dibuka oleh Facebook untuk UI dan bersifat publik.


0

Anak UI, Universitas Indonesia kini tengah menjalin kerja sama dengan Facebook Indonesia dalam pemanfaatan big data atau maha data guna menganalisis situasi di tengah pandemi COVID-19 nih. Data yang digunakan UI bukan data sembarangan. Controlled access data telah dibuka oleh Facebook untuk UI dan bersifat publik.Mahadata ini tentunya sangat bermanfaat bagi peneliti UI yang sedang melakukan studi terkait COVID-19 dan dampaknya di Indonesia. Nantinya, mahadata tersebut akan dianalisis oleh peneliti lintas fakultas UI yang tergabung dalam tim Sinergi Mahadata UI Tanggap COVID-19 di bawah naungan Direktorat Inovasi dan Science Techno Park Universitas Indonesia (DISTP UI).

Delapan fakultas di UI akan menggunakan mahadata tersebut untuk keperluan studi, yakni Fakultas Kedokteran (FK UI), Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM UI), Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA UI), Fakultas Ilmu Komputer (Fasilkom UI), Fakultas Teknik (FT UI), Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB UI), Fakultas Ilmu Administrasi (FIA UI), dan Fakultas Psikologi (Fpsi UI).

Sumber: Dokumen UI

BACA JUGA: UI Punya PLTS Apung Pertama di Indonesia, PLTS Terapung Bifacial

Prof. Ari, Rektor UI turut menyatakan apresiasinya kepada Facebook sebagai mitra dalam Webinar bertemakan “Sinergi Mahadata UI Tanggap COVID-19: Menghadapi Pandemi di Era New Normal” Secara Daring. Dalam Webinar tersebut, Prof Ari mengatakan bahwa big data sangat diperlukan untuk menganalisis situasi terkini terkait COVID-19. Dengan terbukanya akses mahadata, UI siap memberikan sumbangsih pemikiran terkait dampak kebijakan yang telah dibuat pemerintah, seperti pemanfaatan mahadata spasial untuk memetakan perjalanan, social distancing, dan penyebaranCOVID-19, evaluasi PSBB dan kesehatan jiwa di Jabodetabek, dan dampak PSBB menuju era aman, sehat, dan produktif.

Adanya big data ini diharapkan mampu membantu UI dalam menciptakan kajian, riset dan inovasi yang lebih komprehensif dan mampu menjawab atau memprediksi perkembangan situasi COVID-19. Dengan demikian, sumbangsih pemikiran UI mampu memberikan masukan bagi pemerintah untuk membuat kebijakan dan peraturan serta membantu alokasi sumber daya baik pemerintah maupun swasta.

BACA JUGA: Geofast, Inovasi Anak UI Masuk Jajaran Top 52 Dunia


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

like like
0
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf
Ditha Adinda

Content Writer. Are you the end of my prayer? Because Amen love with you. Hit me on: Ditha Adinda

0 Comments

Leave a Reply