Pasca wawancara dengan maba yang dilakukan oleh BMKG, beberapa orang berbagi pengalaman nyasar mereka pada BMKG dan berhasil merumuskan beberapa skenario nyasar di UI, as in senyasar apa yang pernah dialami di UI maupun menuju UI. Semua sudah sepakat bahwa kompleks ini bukan labirin, tapi ya gak cuma labirin yang bisa bikin nyasar. Buktinya si dia juga. Ah, udah mulai melenceng, langsung dijabarkan saja hasil rumusannya.

 

Nyasar as in gak nyampe-nyampe

"Ini di mana sih?" via suaramahasiswa

“Ini di mana sih?” via suaramahasiswa

Ini nyasar tipe satu, yang dialami oleh orang yang gak pernah ke UI dan gak tau jalan supaya nyampe UI. Entah gak tau atau gak ngeh bahwa mungkin mereka udah melewati UI atau malah mereka udah di UI tapi gak nyadar. Agak gila, tapi mungkin terjadi.

BACA JUGA: Kekonyolan Mahasiswa Pada Minggu Pertama Kuliah

Jenis nyasar ini juga mencakup mereka yang baru sampe di UI dan bingung harus ke mana, misalnya udah sampe stasiun UI, terus mau ke FMIPA, bingung deh tuh, gak ada papan petunjuknya dan jadi harus tanya sana-sini. Atau mau ke FIB tapi naik bikun yang merah. Atau mau ke FH tapi naik bikun biru. Atau mau ke asrama tapi naik dari sisi stasiun.

advertisement

 

Nyasar naik bikun

"Kayaknya gue salah naik bikun." via petrabarus

“Kayaknya gue salah naik bikun.” via petrabarus

Senyasar apa kamu di bikun? Bikun cuma muter-muter loh. Mungkin seperti yang dijabarin di atas, agak nyasar kalau misalnya ke asrama tapi naik bikun dari sisi stasiun. Mau lebih nyasar lagi adalah coba naik bikun PNJ padahal kamu mau ke FIB.

BACA JUGA: Something Missed in Our Lovely Bikun

Itu bikun lewat FH, dan entah kapan kamu nyampe FIB. Skenario paling epik adalah ketika kamu ketiduran di bikun, gak ada yang bangunin dan akhirnya ngikut bikun keluar UI untuk isi bensin. Tapi itu gak pernah kejadian, ‘kan? Iya,’kan?

 

Nyasar di dalam perpus

"Misi, Pak. Ini di mana ya?" via joehudijana

“Misi, Pak. Ini di mana ya?” via joehudijana

Ini… mungkin banget terjadi. Kamu bingung ini perpus atau mall, jadinya kamu seenaknya berkeliling lalu nyangkut entah di ruang bilik yang bisa di akses dari mac room, atau nyasar dalam labirin koleksi buku, atau lebih gila lagi kamu hilang ingatan gara-gara main ke ruang koleksi skripsi.

advertisement

BACA JUGA: Pedoman Kebijakan Penggunaan Fasilitas Perpustakaan UI

Skenario nyasar di dalam perpus yang lumayan parah adalah keliling ruang koleksi karena nyariin rak buku nomor 500-an atau 400-an. Kalau gak cermat, mungkin terlewat dan akhirnya kamu muter-muter selama satu jam di ruang koleksi lantai dua.

 

Nyasar masuk kelas

"Kok sepi? Apa salah masuk kelas?" via jekjeki

“Kok sepi? Apa salah masuk kelas?” via jekjeki

Ini lucu banget. Sering kejadian, entah itu mahasiswa ataupun dosen. Bahkan pernah kejadian nyasar kelas OBM dan malah nambah temen. Skenario paling keki adalah ketika kamu salah masuk kelas dan malah masuk kelas jurusan lain (kamu dan sekelas gak nyadar karena itu hari pertama kuliah semester satu), dan kamu ikut itu kelas selama setengah jam sampai akhirnya sadar salah kelas gara-gara ada temen yang nanyain keberadaan kamu.

“Lo di mana?”

“Lah, lo di mana? Gak jadi masuk?”

“Apaan sih, lo tuh di mana? Ini dosennya udah dateng.”

“Iya ini gue udah di kelas!”

*diem, noleh kiri-kanan* “Gak ada elo ah…”

“Iyalah, lu salah kelas beg*.”

Gak bisa sepik izin ke toilet karena kamu harus bawa tas keluar. Fix, gak ada cara yang bisa dilakukan kalau udah salah kelas. Pasti diketawain.

 

Nyasar tempat kuliah

yang sedih kalau kamu salah pilih jurusan via cs ui

Nah yang sedih itu kalau kamu salah pilih jurusan via cs ui

Ini tipe nyasar paling parah. Ini sering terjadi pada mahasiswa yang mentalnya gak kuat atau emang bukan passionnya, jadi mereka merasa nyasar, salah masuk jurusan. Memang lebih baik kalau udah berasa nyasar ya cepetan yakinkan diri untuk pindah, sih.

BACA JUGA: 13 Film Box Office yang Paham Gimana Rasanya Kuliah di Jurusan Kamu

Jangan sampai kaya dua skenario terburuk dari nyasar tempat kuliah: Baru sadar kamu nyasar setelah temen-temen seangkatan kamu wisuda, dan kamu belum. Skenario yang lebih gawat adalah ketika kamu nyasar dan di D.O., kamu berhasil pindah namun ternyata tetap merasa nyasar.

Hidup itu berat, Bung. BMKG turut berduka.

Nah, gimana, kamu gak nyasar kan? Ayo share tulisan ini via Facebook, Twitter dan Line, dan berharap temen-temen kamu gak ada yang benar-benar nyasar, selain nyasar ke hatinya si dia.

 



[reaction_buttons]