Ketahui Badan Kelengkapan MWA UI UM lebih dalam bersama Hilmy


0

Di artikel sebelumnya kita sudah berkenalan dengan ka Hilmy selaku MWA UI Unsur Mahasiswa, nah sekarang ketahui lebih jauh yuk apa saja isu yang dibawakan oleh ka Hilmy tahun ini, sekaligus mengenal Badan Kelengkapan MWA UI UM.

Apa yang mendasari ka Hilmy untuk maju menjadi MWA UI UM?

Tahun 2020, terjadi pandemi yang membuka pandangan saya terhadap keadaan mahasiswa UI. Keadaan pandemi berdampak pada banyak mahasiswa UI yang orang tuanya terkena PHK atau gulung tikar. Keadaan ini menyebabkan mahasiswa tersebut sulit untuk membayar UKT di UI. Melihat keadaan ini, saya ingin memberikan yang terbaik untuk mahasiswa UI salah satu bentuk kontribusi saya adalah dengan menjadi MWA UI UM dan menyampaikan aspirasi mereka kepada pihak kampus mengenai keadaan pandemi dan UKT.

Apa saja program kerja/isu yang ka Hilmy bawa pada tahun ini?

Saya pada tahun ini mengangkat isu mengenai UKT mahasiswa, pengembangan situs, dan pembangunan fasilitas. Selain itu, saya ingin membawa Safari Fakultas, Vokasi, dan Salemba kembali pada tahun ini untuk memberitahu kepada mahasiswa mengenai RKAT UI. Saya juga ingin mengadakan RembugUI yang akan menyambungkan silaturahmi antara mahasiswa dengan pihak rektorat.

Lalu, bagaimana ka Hilmy mengerjakan program tersebut dalam 1 tahun?

Saya tidak bergerak sendiri, saya punya Badan Kelengkapan atau BK.  BK itu adalah badan yang akan mendukung kinerja saya dalam bekerja selama 1 periode. Seperti pada organisasi pada umumnya, BK memiliki bidang yang akan mendukung kepengurusan, yaitu ada Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM), Humas, Media, Kajian Kebijakan Kampus (K3), dan Penelitian dan Pengembangan (Litbang). Berbeda dengan BEM, BK akan berfokus pada isu yang terdapat pada internal kampus dan mengawal isu tersebut ke depannya.

Seberapa penting BK dalam mendukung kinerja ka Hilmy?

BK sangat penting dalam mendukung kinerja saya. Dalam pelaksanaannya BK akan membantu saya dalam mengkaji isu-isu yang ada UI, membantu mengumpulkan dan mengolah data-data yang relevan terkait suatu isu, membantu melakukan publikasi, dan membantu mengelola SDM yang ada. Tanpa kehadiran BK dan fungsionarisnya, saya tidak akan bisa membawa banyak isu dan program untuk kebaikan mahasiswa UI.

Lalu, bagaimana cara mengelola organisasi yang baik, khususnya BK agar setiap fungsinya dapat berjalan dengan baik?

Untuk menjalankan fungsinya, dibutuhkan perencanaan, kontrol, dan pengawasan yang baik. Semua perencanaan perlu ditinjau dengan baik oleh BPH dan PI agar sesuai dengan arah dan tujuan. Perencanaan sudah baik, maka saat eksekusinya perlu dikontrol dan diawasi juga agar tetap sesuai dengan rencana. Kalau ada masalah atau kendala, perlu dikomunikasikan dan dicari solusinya bersama-sama. 

Apakah ada yang berbeda dalam menjalankan organisasi dimasa pandemi?

Organisasi masa pandemi dan masa normal pastinya sangat berbeda. Sebuah tantangan untuk semua orang yang berorganisasi saat masa pandemi. Terasa sangat berbeda dimulai dari pertemuan, perencanaan, dan pola kerjanya. Pada kondisi normal setiap pertemuan bisa melalui tatap muka sehingga lebih mudah koordinasi dan pendekatan, sementara kondisi pandemi akan didominasi daring sehingga akan sering terjadi delay dan rentan terjadi miskomunikasi. Terlebih pada pola kerja yang akan lebih berubah karena saat di rumah masing-masing akan ada distraksi yang cukup sering. Pada masa pandemi ini, kedisiplinan setiap orang akan sangat diuji.

Kalau untuk ka Hilmy pribadi, seberapa penting kehadiran organisasi dapat memberi manfaat khususnya untuk IKM UI? 

Kehadiran organisasi yang dapat memberikan manfaat itu sangat penting, terkhusus untuk IKM UI. Mahasiswa memiliki tugas untuk belajar selama perkuliahan, selain itu mahasiswa juga perlu untuk mencari pengalaman di luar kuliah. Salah satu sarana mahasiswa untuk mencari pengalaman adalah berorganisasi. Selain itu, organisasi perlu memberikan manfaat kepada internal atau mahasiswa yang bergabung dengan cara upgrading atau pembinaan, dan memberikan pengalaman. Selain untuk internal, organisasi organisasi kampus juga perlu memberikan suatu hasil terhadap kampus dan IKM UI itu sendiri. Hal ini dikarenakan pembangunan organisasi tersebut diatas peraturan IKM UI dan mendapatkan dana yang berasal dari UKT IKM UI pula.

BACA JUGA: Berkenalan dengan Calon MWA UI UM dan Pasangan Calon Ketua-Wakil Ketua BEM UI 2021


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

like like
0
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf
Rahmadianty Alivia
Saya Rahmadianty Alivia. Dari program Vokasi prodi Komunikasi Penyiaran Multimedia (2019). Saya senang mempelajari hal baru dan memelihara hewan & tumbuhan liar di rumah. Satu fakta unik dari saya adalah saya alergi mi instan. Baca artikel lainnya dari saya.

0 Comments

Leave a Reply