Khusus Buat Mahasiswa UI: Aplikasi Premium Berbayar yang Bisa Diakses Secara Gratis Tis

Menjadi mahasiswa UI memiliki banyak keuntungan, salah satunya bisa mendapatkan akses ke berbagai platform berguna premium tapi gratis karena difasilitasi UI. Wah baik banget kan UI! Apa aja si premium tapi gratis tersebut? Yuk simak!


1
1 point

Sebagai Anak UI Kamu Wajib Manfaatkan Hal Ini Selama Kuliah! Kamu sebagai mahasiswa UI pasti pernah kan, merasa kesulitan nugas, mau menggunakan suatu website atau aplikasi tapi ternyata harus berlangganan dahulu, atau bahkan sulit mencari jurnal-jurnal yang bisa kamu akses secara gratis sebagai referensi tugas-tugas kamu. Akhirnya jadi demotivasi deh…

Sumber: usatoday.com

Eits, jangan sampai demot, dong! Universitas Indonesia sebenarnya menyediakan banyak media pembelajaran secara gratis, lho, untuk mahasiswanya. Semuanya bisa kamu dapatkan free, hanya dengan modal akun SSO kamu! Pastikan kamu manfaatkan semua fasilitas ini sebelum lulus, ya, totally worth it! 

1. Cek Turnitin gratis

Sumber: 97unique.com

Sebagai mahasiswa UI, kamu pasti tahu kan, kalau plagiarisme itu dilarang keras? Nah, UI menyediakan layanan uji kemiripan (similarity index) untuk publikasi ilmiah mahasiswa melalui aplikasi berbasis web, salah satunya adalah Turnitin.

Aplikasi Turnitin sebenarnya berbayar, memiliki masa tenggat pemakaian, dan juga kuota unggah. Tapi, jangan khawatir! Kamu bisa akses dan cek Turnitin secara free dengan cara akses link bit.ly/ujikemiripan, lalu isi seluruh requirements yang diperlukan dan upload tugas/karya ilmiah kamu yang ingin kamu uji, dan tinggal tunggu, deh! Hasil uji kemiripan akan dikirimkan oleh Layanan Pencegahan Plagiarisme Perpustakaan UI ke email kamu.

2. Akses dan download Microsoft Office 365 gratis

Sumber: winpoin.com

UI telah berlangganan aplikasi Microsoft Office 365 untuk dapat digunakan oleh para sivitas akademika UI, loh! Office 365 ini berisikan banyak aplikasi, seperti Word, Power Point, Excel, One Note, Skype for Business dan lainnya, yang bakal bantu kamu banget untuk bisa kolaborasi online ngerjain tugas bareng teman-teman! Untuk dapatkan lisensinya, kamu bisa langsung akses link office365.ui.ac.id, lalu sign in menggunakan akun SSO kamu, beres deh, tinggal download dan install!

3. Grammarly Premium

Sumber: grammarly.com

Kamu pernah dengar Grammarly, tidak? Grammarly adalah aplikasi yang dapat membantu kamu untuk menulis dalam bahasa inggris. Umumnya kita menulis dengan memanfaatkan Google Translate, koreksi dari Microsoft Word, ataupun dengan cara mencari kata-kata secara manual di kamus. Namun, tidak perlu susah-susah lagi, nih! UI memberikan kita akses free ke aplikasi Grammarly yang dapat mengoreksi tidak hanya grammar, namun juga pemilihan kata dan penempatan kata dari kalimat yang kita susun.

Kamu tinggal buka Grammarly, lalu sign up dengan menggunakan akun Google dengan akun UI kamu. Setelah itu buka link https://www.grammarly.com/enterprise/signup, kemudian klik log in pada bagian kanan atas. Jadi, deh!

4. Notion Personal Plan gratis

Sumber: notion.so

Apakah kamu pernah bingung untuk menyusun semua pekerjaan kamu ke dalam satu workspace? Kamu bisa banget pakai aplikasi Notion untuk membuat proyek, catatan harian, to-do list, reminder, dan banyak lagi, deh! Dengan menggunakan akun UI, kamu bisa dapatkan Notion Personal Plan secara gratis, loh. Caranya adalah dengan membuka link notion.so/student, kemudian sign up menggunakan akun SSO kamu. Setelah itu, Notion akan mengirimkan email verifikasi dan kamu tinggal verifikasi akun kamu saja, tada! Notion sudah bisa digunakan secara gratis.

5. Canva Pro

Sumber: canva.com

Sering, tidak, sih, kamu mendapatkan tugas infografis, video, poster, dan lain-lain yang butuh sarana desain? Pasti sudah pada tahu Canva, kan? Canva adalah sebuah tools untuk desain grafis secara online. Ternyata, dengan akun UI kita bisa mendapatkan akses Canva Pro secara cuma-cuma, sehingga sebagai mahasiswa UI kita bisa menggunakan fitur-fitur desain di Canva lebih banyak.

Caranya dapetin Canva gratis bagi AnakUI adalah dengan mendaftar melalui GitHub Student Developer Pack melalui link https://github.com. Setelah itu, jangan lupa sign up menggunakan akun SSO dan verifikasi email kamu, ya. Lalu, setelah verifikasi selesai kamu tinggal buka link https://education.github.com/pack/offers dan pilih opsi Canva. Selesai, deh!

BACA JUGA: Ini Dia Cara Aktifkan Akun Google UI dan Google Drive Super Unlimited


Like it? Share with your friends!

1
1 point

What's Your Reaction?

like like
1
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf
Andreas Chrisdikananda
insert bio here

0 Comments

Leave a Reply