Kisah 11 Mahasiswa yang Melayani 25.926 Orang di Pemilu 2014


0

Halo anak-anak UI. Saya Robi Erwin Setiawan dari Web Administrator AnakUI.com ingin berbagi sedikit kisah inspiratif dari Komunitas mahasiswa UI. Ingat pemilu legislatif baru-baru ini kemarin? Saat kita disuruh memilih satu dari puluhan caleg yang tersebar di sepuluh partai. Pemilu yang memetakan siapa saja capres-cawapres yang akan kita pilih tanggal 9 Juli nanti.

Saya pribadi termasuk yang bingung mau memilih siapa waktu itu. Untungnya, beberapa hari sebelum pemilihan tanggal 9 April,  beberapa teman di social media menunjukan aplikasi online yang membantu pemilih “bingung” seperti saya. Ada bersih2014.net, ayovote.com, wikikandidat.com, dll.

Satu dari aplikasi-aplikasi tersebut ternyata 100% inisiatif mahasiswa seperti kita-kita ini loh. Yup. Wikikandidat namanya. Kerennya, Wikikandidat lebih visioner dibanding aplikasi-aplikasi lain. Mereka memiliki konsep yang tidak berhenti di pemilu. Bahkan bisa jadi sebuah pergerakan yang terus mengawal demokrasi di Indonesia. Tanpa didukung sumber daya pihak luar, tanpa tujuan untuk memenangkan hadiah perlombaan, teman-teman kita yang sama-sama masih kuliah ini bisa mewujudkan sesuatu yang visioner. Keren kan?

Coba dijelaskan secara singkat ya sejarahnya. Wikikandidat lahir sebagai proyek eksperimen untuk pemilu legislatif 2014. Tim dibentuk secara closed-recruitment yang berantai. Akibatnya anggota awal tim Wikikandidat berasal dari beberapa pengurus Kelompok Studi Mahasiswa Eka Prasetya UI, mahasiswa Sastra Prancis FIB UI, anggota Green Community UI. Terbuka lintas kampus, ada satu yang berasal dari TI Politeknik Negeri Jakarta.

Sepakat dengan visi-misi Wikikandidat, mereka sepakat mencobanya di satu proyek pemilihan dulu. Hasilnya cukup sukses. Tanpa geriliya marketing, Yahoo Indonesia sampai datang meliput mereka. Sepanjang perjalan, dengan benar-benar mencoba di lapangan, konsep dan lingkup Wikikandidat.com sendiri jadi berkembang makin matang. (Detailnya bisa dibaca langsung di http://wikikandidat.com).

Kebetulan saya sempat ngobrol-ngobrol dengan tiga orang dari Wikikandidat. Ada Rizky Syaiful dari FASILKOM, Aditiyo Haryadi dari FISIP, dan Feri Rahmat Chandra dari FIB. Rizky dan Aditiyo adalah co-founder dari Wikikandidat. Sedangkan Feri (biasa disapa Mike) adalah ketua Badan Operasional Wikikandidat 2014. Berikut sedikit cuplikan dari obrolan kami.

Bisa ceritakan kisah pertama kalian masing-masing dengan Wikikandidat?

Rizky : Dimulai dari ide dasar Wikikandidat.com yang saat itu masih hanya terpikir untuk caleg. Sebenarnya sudah menyerah untuk eksekusi Wikikandidat.com. Maklum, saya baru lulus dan bekerja penuh waktu. Baru setelah bertemu dan sepakat dengan Aditiyo, Wikikandidat.com ini akhirnya dieksekusi. Sampai teman-teman mahasiswa mengembangkan konsepnya seluas sekarang ini, lengkap dengan perangkat organisasinya. Untuk teknis, saya pribadi masih bantu-bantu. Khususnya di website.

Aditiyo : Mulanya ya sadar kalau aku butuh yang semacam Wikikandidat. Ini sesuatu yang baru. Jadi satu-satunya cara untuk memenuhi kebutuhan itu adalah dengan membuatnya. Merasa bisa dan sanggup, ya langsung bergerak membuatnya.

Feri : Keikutsertaan dengan team Wikikandidat karena diajak oleh Adit untuk bantu-bantu seleksi latar belakang kandidat anggota DPR, khusus untuk wilayah Sumatera Barat. Idenya positif dan mendapat tanggapan positif juga di dunia maya, akhirnya jadi keterusan berkecimpung di Wikikandidat.

Keberhasilan kalian di Pemilu Legislatif 2014 cukup membanggakan. Boleh cerita pengalaman yang paling berkesan?

Aditiyo : Saat pertama kali bisa yakin memilih kandidat. Saat selesai melihat latar belakang semua kandidat di dapilku satu persatu.

Rizky : Kenangan banyak banget. Paling suka kalau sedang jalan-jalan sama tim Wikikandidat. Kalau lagi rapat dan kerja bareng juga seru. Dan yang paling capek itu adalah saat H-10, malam mingguan, kerja dari sore sampai pagi, berdua ditemani Feri di kantin Fak. Psikologi UI. Hahaha.

Feri : Kesan manis yang saya dapat banyak sekali, terutama setelah berkonstribusi membantu para pemilih untuk wilayah Sumatera Barat dengan memberikan rekomendasi, setelah menelaah satu-persatu latar belakang mereka, dan rekomendasi saya itu diteruskan oleh puluhan media sosial lokal di sana.

Ada rencana untuk Pemilu Presiden 2014 ini?

Feri : Di pilpres informasi mengenai kandidat sudah banyak tersebar. Sedikit sekali kemungkinan ada yang asal pilih. Pilpres sendiri memang tidak pernah jadi pemicu lahirnya Wikikandidat. Namun kami merilis sedikit informasi inspiratif tentang masa lalu semua kandidat. Terima kasih untuk Tempo edisi 6 Juli 2014. Jarang ada media yang berimbang saat ini. Kami pikir, semua pemilih wajib membaca Tempo edisi 6 Juli 2014. Cuplikannya bisa dilihat di Wikikandidat.com.

Boleh beri sedikit bocoran rencana dan harapan kalian masing-masing terkait Wikikandidat?

Feri : Wikikandidat akan memulai periode tegar, kami berusaha untuk lebih profesional dalam merayakan pesta demokrasi di negeri ini. Tidak seluruh pemilihan akan kami rangkul, karena satu dan lain hal termasuk tenaga, namun kami berusaha untuk tetap memfasilitasi semuanya bagi khalayak ramai.

Aditiyo : Meski sudah lulus, aku ingin tetap terjun sebagai relawan di Wikikandidat. Masih banyak yang bisa dibantu di luar jadi admin Wikikandidat.com, yang memang hanya terbatas untuk mahasiswa. Kebetulan juga diajak jadi anggota tim penasihat. Untuk harapan. Semoga informasi yang tersedia di Wikikandidat.com terus berkembang dan membantu informasi yang beredar di publik jadi berimbang, dua arah, dan tidak asimetris.

Rizky : Untuk kali ini tidak bisa mengikuti Adit. Hahaha. Ke depannya aku cuma bisa bantu sebagai anggota tim penasihat Wikikandidat. Kalau harapan jangka pendek, migrasi data kandidat pemilihan legislatif 2014 rampung. Misal rangkaian pilkada jadi diundur Mendagri ke 2015, bagus karena bisa curi start kumpulkan data-data pemimpin daerah yang petahana. Kalau batal diundur, ya mudah-mudahan Wikikandidat.com bisa bantu mengawal demokrasi pilkada tersebut.

Ada pesan khusus untuk teman-teman mahasiswa lain?

Dengar penjelasan Rizky tadi? Ternyata bukan hanya Wikikandidat loh. Ada yang pernah dengar Dreamdelion? Kitabisa? Nalacity? Mereka semua juga berasal dari para mahasiswa yang punya visi sederhana. Namun mau konsisten membangunnya dari nol. Hingga akhirnya bisa bermanfaat buat orang banyak. Nalacity bahkan sampai pernah diundang ke Kick Andy. Kalau mereka bisa kenapa kamu enggak ikutan?

Kira-kira makin asik ga ya? Kalau makin banyak di AnakUI.com liputan kegiatan-kegiatan mahasiswa yang inspiratif dan memberi semangat macam ini? Bahas di sini yuk. Atau boleh kirim pesan langsung ke dedeobi@thegold.asia atau mention ke twitter saya di @Dedeobi


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

like like
0
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf
Robi Erwin Setiawan
Cuma seorang mahasiswa yang hobi nulis di Blog.SitusTarget.com | Panduan Teknologi untuk Pemula. Dan Anda dapat menghubungi saya melalui email di hello@robierwinsetiawan.com.

0 Comments

Leave a Reply

Choose A Format
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals