Setelah sukses menyelenggarakan Bawor Cup dua kali berturut-turut, Universitas Jenderal Soedirman di Purwokerto menjadi tuan rumah untuk Bawor Cup ketiga tahun 2012. Dengan format British Parliamentary, Bawor Cup merupakan salah satu ajang kompetisi debat antar universitas di tingkat nasional yang cukup ternama. Bawor Cup merupakan salah satu ajang kompetisi yang unik, karena pemenang dari kompetisi ini akan mendapatkan akomodasi gratis ke World Universities Peace Invitational Debate 2012 yang diselenggarakan di Malaysia, sebagai perwakilan dari Indonesia. Setelah menjuarai Bawor Cup dua tahun berturut-turut, tahun ini UI kembali membawa pulang trophy juara Bawor Cup 2012.

Diselenggarakan di Purwokerto, Bawor Cup 2012 diikuti oleh universitas-universitas ternama di Indonesia, seperti Universitas Binus Internasional, Universitas Atma Jaya, Institut Teknologi Bandung, Universitas Hasanuddin, Universitas Brawijaya, dan Universitas Padjajaran. EDS UI sendiri mengirimkan 3 tim debat, dengan 3 N1 adjudicator, yaitu Elghafiky Bimardhika (FE 2010) dan Dennys Kapa (FISIP 2010) sebagai tim UI A, Aulia Anggita (FISIP 2010) dan Egalita Irfan (FISIP 2010) sebagai tim UI B, Agita Nalsalia dan Iqbal (FE 2011), serta Terry M (FH 2011), Andrearto S (FE 2011), dan Wilson (FIB 2011) sebagai N1 Adjudicator. Ketiga tim dan adjudicator berhasil mencatatkan prestasi membanggakan dalam Bawor Cup 2012.

Ketiga tim debat UI berhasil lolos ke babak eliminary, diiringi dengan adjudicator dari UI. Tim UI B berhasil menduduki peringkat dua, UI A peringkat 5 dan UI C peringkat 10. Tim UI C gugur di babak quarter final setelah berhadapan dengan tim UI B, Teknokrat A, dan Unpar A. Sementara itu, tim UI A dan UI B berhasil lolos hingga ke babak final, dan melawan Unpar A dan Atmajaya A. Setelah berdebat dengan mosi “Given tech for full term pregnancy in incubators is possible, THBT humanity should seek to abolish natural pregnancy”, tim UI B berhasil menjuari kompetisi Bawor Cup 2012, dan memperkuat posisi EDS UI sebagai juara bertahan Bawor Cup tiga tahun berturut-turut. Aulia Anggita dari tim UI B dinobatkan sebagai Best Speaker pada babak Grand Final, dan keempat pembicara dari tim UI A dan UI B berada dalam jajaran sepuluh besar pembicara terbaik dalam kompetisi tersebut. Selamat tim EDS UI!