Komputer Mac Perpustakaan UI: Riwayatmu kini . . . : (


0

Saya termasuk pelanggan setia Perpustakaan UI yang baru. Hampir setiap hari saya selalu sempatkan datang ke tempat tersebut. Salah satu tempat yang cukup saya datangi tersebut adalah ruang komputer & internet mac di lantai satu.
Tempat tersebut cukup futuristik, komentar saya, apalagi dengan hadirnya fasilitas komputer mac. Untuk ukuran para mahasiswa yang tidak mampu membeli komputer mac, tempat tersebut bisa jadi semacam ruang “pelatihan” dalam beradaptasi dengan segala konten dan aplikasi yang tentu saja berbeda dengan komputer berbasis windows.

Karena setiap hari saya bekerja untuk analisis pemberitaan media, komputer tersebut cukup membantu saya dalam mengakses beragam koran edisi e-paper dengan cukup mudah. Apalagi beberapa aplikasinya membantu mempercepat jika kita ingin menyimpan dalam format pdf.

(Cat: Belum semua komputer memiliki aplikasi flash. Jadi jika kawan-kawan menjumpainya, dapat segera meminta bantuan kepada bapak-bapak administrator di depan untuk membantu menginstalnya)

Pada awalnya ruang komputer & internet ini masih cukup sepi pengunjung. Terutama pada minggu-minggu pertama dibukanya perpustakaan baru tersebut. Seiring dengan hadirnya aktivitas mahasiswa baru, lonjakan pengunjung pun tidak bisa dihindarkan.

Nah, yang ingin saya bagi dengan kawan-kawan disini adalah kondisi beberapa komputer mac yang sungguh memprihatinkan. Layar komputer tersebut sepertinya “rusak” sehingga menampilkan visual semacam goresan pelangi. Saya sudah menjumpai dua komputer yang berbeda dalam kasus yang sama. Secara personal, saya sungguh sangat menyayangkan atas kondisi tersebut. Fasilitas yang baru hadir lebih kurang sebulan, ternyata sudah ada saja kasus seperti ini. Saya tidak mempermasalahkan siapa pelaku “banal” atas komputer-komputer tersebut. Sekalipun amat bijaksana juga jika para pelaku tersebut mampu mepertanggungjawabkan semuanya.

Dengan post ini saya ingin mengajak kawan-kawan yang menggunakan fasilitas komputer mac tersebut agar mampu bijaksana menggunakannya. Paling tidak sikap kehati-hatian dalam menjaga dan merawat fasilitas kampus itu menjadi sikap utama kita. Kawan-kawan semua pastilah sudah mampu untuk disebut dewasa, sehingga tindakan yang bertanggung jawab semstinya lahir dalam setiap laku.

iMac yang Rusak

iMac yang Rusak

iMac yang Rusak

http://www.flickr.com/photos/gerakankemanusiaan/6079500882/in/photostream
http://www.flickr.com/photos/gerakankemanusiaan/6078962699/in/photostream
http://www.flickr.com/photos/gerakankemanusiaan/6078962587/in/photostream


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

like like
1
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf
gerakan

Sedang melakukan penelitian mengenai seni & transformasi masyarakat. Penyuka diskusi filsafat, kebudayaan, teknologi dan segala hal tentang lika-liku manusia.

28 Comments

Leave a Reply

  1. Bdasarkan pngalaman saya dan teman2 yg mggunakan mac, lcd mac emang cepet rusak. Macbook saya aja baru 3 bulan dipake udah rusak total n harus ganti hardisk. 3 bulan kmudian rusak lagi. Aduhay.. Hilang smua data2. Untung masih garansi, kalo ngga biaya reparasinya bs mahal bgt (><). Jadi gunakan mac dgn lembut n hati2. Biar awet..

  2. Berdasarkan pengalaman saya membangun dan mengelola lab yang menggunakan mac (imac), masih jauh lebih efisien jika dibandingkan menggunakan PC. Meski tidak bisa dipungkiri yang namanya alat elektronik dapat mengalami gangguan (malfungsi), dan biasanya jika ada gangguan kami tinggal menghubungi pihak penjual (jika masih terdapat garansi) mereka akan datang atau jika sudah tidak bergaransi lagi kami membawanya langsung ke Apple Service.

    Dari sekian banyak produk yang dihasilkan, meskipun sudah diterapkan Quality Control yang tinggi, biasanya masih ada yang lolos juga. Sebagai bukti saya pernah membeli iPad di singapura dan ternyata setelah digunakan baru ketahuan terdapat jamur diantara touch screen dan lcd. Dan pengalaman saya juga untuk proses klaim dari produk Apple cukup cepat dan tidak bertele-tele. iPad yang cacat tersebut ditukar baru olah mereka, dan kejadian ini tidak hanya sekali saja, bahkan saya juga mengalami untuk beberapa produk lainnya. Sehingga meskipun beberapa kali saya menemukan cacat pada produk Apple yang saya beli, tapi hal tersebut tidak membuat saya kapok karena adanya jaminan dari pihak Apple untuk produk yang saya beli, ditambah Apple juga menyediakan tambahan garansi yang dapat kita perpanjang.

    Menurut hemat saya, kerusakan yang dialami seperti pada artikel masih wajar, mengingat jumlah iMac yang digunakan ada ratusan, dan juga yang menggunakan bukan satu user. Tapi bukan berarti kita tidak menjaga dan berhati-hati dalam menggunakan. Meskipun Apple sudah menerapkan Standard Quality Control yang tinggi, kemungkinan rusak tetap bisa terjadi. Karena kalau memang produk Apple anti rusak, buat apa Apple menyediakan layanan garansi? πŸ™‚

    1. sepertinya yang menarik memang, sampai berapa lamakah kondisi itu dibiarkan.. karena layanan purna jual Apple memang sangat terkenal cepat tanggap. tinggal dari pihak perpus UI nya aja nih. apakah terbelit birokrasi kampus??

  3. FYI, setau saya iMac yg ada di perpus pusat bukanlah iMac keluaran terbaru. imac jenis itu adalah imac pertama yg berprosesor intel dan dilaunching sekitar awal 2008, dan produksinya udah discontinued sejak lama. jdi dont expect too much.

      1. Jika diakses data hardwarenya, akan tertulis prosesor yang digunakan adalah Intel Core 2 Duo, dan graphic nVIDIA GeForce 9400M. Ini adalah keluaran 2009. Sejak 2010 sudah digunakan Core i dan graphic ATI Radeon.

  4. Intinya, Pastikan Anda Membeli Produk2 Rilisan Apple.inc Dari Para Distributor Resmi, Karena Masing2 Authorised Reseller Tsb Punya Kebijakan & Prioritas Yg Berbeda2, Sesuakan Dgn Karakter Anda Sbg Customer, Jgn Sampai Bermasalah Krn Membeli Apple Dr Distributor Lepasan Yg Tidak Dijamin Secara Ketat Oleh Apple.inc Mengingat Yg Resmi & Terjamin Saja Ada Banyak.

    Tapi Satu Hal Yg Malah Menjadi Pertanyaan Saya, Benarkah Ini Semata Kesalahan Teknis Akibat Pemakaian? Ataukah Juga Ada Kesalah Manufaktur Scr Fisik Pada Saat Pabrikasi? Perlu DIingat Bahwa iMac Tsb Masuk Dalam Proyek / Tenderisasi Dmn Mungkin Saja Terjadi Lolosnya Beberapa Unit iMac Yg Tidak Layak Produksi, Tetapi Dipaksakan Demi Penihi Kuota Kebutuhan Laboratorium Komputer Perpustakaan Pusat UI Yg Baru Ini.

    *Allahua’lam bishawab.

  5. Terima kasih atas komentar dan masukannya. Sebagai pengelola kami sangat berharap mahasiswa UI dapat bersama-sama menjaga fasilitas (sekaligus perilaku) yang ada di Perpustakaan UI. Sekedar informasi saja, gedung itu dilengkapi dengan CCTV di tiap sudut sehingga kami bisa memantau perilaku pengguna selama berada di gedung Perpustakaan UI.

    Satu hal yang perlu juga kami himbau, sikap kritis tentulah penting dipelihara, tapi mohon bedakan kritis dengan sinis dan curiga… πŸ™‚

    Cukup melelahkan juga ya…. jika segala apa yang terjadi di Perpustakaan UI dikait-kaitkan dengan hal-hal yang tidak ada kaitannya…. πŸ™‚

    Salam

    Clara Naibaho
    Humas Perpustakaan UI

  6. Temen-temen yb
    Terima kasih atas masukannya. Beberapa komputer (2 buah) yang mengalami “nasib” seperti dalam gambar di atas sudah saya tarik untuk diperbaiki. Kami sudah berusaha untuk memberikan yang terbaik semampu yang kami bisa, tapi jika ada kerusakan yang membuat anda tidak nyaman tolong disampaikan ke kami (pawoko@ui.ac.id). Mohon maaf atas ketidak nyamanannya
    Salam
    Sony Pawoko
    (Koordinator TI Perpustakaan)

  7. Ass. wr. wb.

    Perkenalkan, gw Abraham dari Manajemen FEUI 2008, sekitar setahun yang lalu gw selaku Marketing Manager myCampus UI (Apple Campus Experience Center, Gedung Pasca Sarjana FEUI lt. 1) dan rekan kerja & atasan2 gw yg jg mhsw UI beberapa kali mendatangi perpus baru.

    Setiap kunjungan, kami telah memberi saran ke pihak pengelola u/ membuka lapisan plastik yg menutupi iMac. Hal ini dikarenakan fungsi dari lapisan tersebut hanyalah u/ melindungi ketika produk berada di kemasan, bukan untuk screenprotector ketika masa penggunaan.

    Penyalahgunaan lapisan plastik ini telah kami komunikasikan sebelumnya ke pihak pengelola bisa menjadi perangkap panas sehingga membuat suhu iMac meningkat drastis karena tertutupnya ruang2 sirkulasi. Salah satu dampak dari overheat ini adalah rusaknya LCD karena memang bagian tersebut merupakan salah satu yg paling peka terkait isu suhu berlebih. Kemungkinan yang lebih fatal adalah kerusakan pada internal processor.

    Respon dari pengelola pada setiap kunjungan kami hanyalah ‘instruksi dari atas (untuk menutup iMac dengan lapisan tersebut)’ dan ‘belum ada instruksi (untuk melepas lapisan tersebut)’. Salah satu argumen yang dilontarkan adalah keprihatinan terhadap debu yang pada saat tersebut masih banyak karena perpustakaan belum sepenuhnya rampung dibangun sehingga lapisan plastik tersebut dipakai untuk mencegah adanya debu yang masuk ke celah2 iMac.

    Berikut adalah kutipan dari [http://www.apple.com/imac/specs.html]
    iMac Electrical and Operating Requirements
    Operating temperature: 50Β° to 95Β° F (10Β° to 35Β° C)
    Storage temperature: -4Β° to 116Β° F (-20Β° to 47Β° C)

    Untuk membantu memantau suhu iMac, pengguna dan pengelola mungkin bisa menggunakan aplikasi2 dan widgets yg disediakan Apple seperti Temperature Monitor

    Untuk teman2 UI lainnya, bila ada pertanyaan mengenai produk2 Apple seperti iMac, MacBook, iPad dan lainnya dapat langsung mengunjungi store myCampus UI (Gdg Pasca Sarjana FEUI lt. 1). Apple menyediakan layanan klaim garansi selama 1 tahun berlaku di semua Authorized Reseller di seluruh dunia, syarat & ketentuan berlaku.

    Saat ini gw sudah non-aktif di myCampus, namun merasa perlu untuk mengajukan hal-hal yang gw tau selama periode aktif gw tahun lalu.

    Terima kasih

  8. quote: “Saya tidak mempermasalahkan siapa pelaku β€œbanal” atas komputer-komputer tersebut. Sekalipun amat bijaksana juga jika para pelaku tersebut mampu mepertanggungjawabkan semuanya.”

    Dari mana Anda tau bahwa komputer2 tsb dengan sengaja dirusak?. Atas dasar apa Anda langsung menjustifikasi hal tsb secara demikian?. Where’s the proof?. So, think twice before you speak. That’s very not so smart of you. Shame on you.

Choose A Format
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals