Saya termasuk pelanggan setia Perpustakaan UI yang baru. Hampir setiap hari saya selalu sempatkan datang ke tempat tersebut. Salah satu tempat yang cukup saya datangi tersebut adalah ruang komputer & internet mac di lantai satu.
Tempat tersebut cukup futuristik, komentar saya, apalagi dengan hadirnya fasilitas komputer mac. Untuk ukuran para mahasiswa yang tidak mampu membeli komputer mac, tempat tersebut bisa jadi semacam ruang “pelatihan” dalam beradaptasi dengan segala konten dan aplikasi yang tentu saja berbeda dengan komputer berbasis windows.

Karena setiap hari saya bekerja untuk analisis pemberitaan media, komputer tersebut cukup membantu saya dalam mengakses beragam koran edisi e-paper dengan cukup mudah. Apalagi beberapa aplikasinya membantu mempercepat jika kita ingin menyimpan dalam format pdf.

(Cat: Belum semua komputer memiliki aplikasi flash. Jadi jika kawan-kawan menjumpainya, dapat segera meminta bantuan kepada bapak-bapak administrator di depan untuk membantu menginstalnya)

Pada awalnya ruang komputer & internet ini masih cukup sepi pengunjung. Terutama pada minggu-minggu pertama dibukanya perpustakaan baru tersebut. Seiring dengan hadirnya aktivitas mahasiswa baru, lonjakan pengunjung pun tidak bisa dihindarkan.

Nah, yang ingin saya bagi dengan kawan-kawan disini adalah kondisi beberapa komputer mac yang sungguh memprihatinkan. Layar komputer tersebut sepertinya “rusak” sehingga menampilkan visual semacam goresan pelangi. Saya sudah menjumpai dua komputer yang berbeda dalam kasus yang sama. Secara personal, saya sungguh sangat menyayangkan atas kondisi tersebut. Fasilitas yang baru hadir lebih kurang sebulan, ternyata sudah ada saja kasus seperti ini. Saya tidak mempermasalahkan siapa pelaku “banal” atas komputer-komputer tersebut. Sekalipun amat bijaksana juga jika para pelaku tersebut mampu mepertanggungjawabkan semuanya.

Dengan post ini saya ingin mengajak kawan-kawan yang menggunakan fasilitas komputer mac tersebut agar mampu bijaksana menggunakannya. Paling tidak sikap kehati-hatian dalam menjaga dan merawat fasilitas kampus itu menjadi sikap utama kita. Kawan-kawan semua pastilah sudah mampu untuk disebut dewasa, sehingga tindakan yang bertanggung jawab semstinya lahir dalam setiap laku.

advertisement

iMac yang Rusak

iMac yang Rusak

iMac yang Rusak

http://www.flickr.com/photos/gerakankemanusiaan/6079500882/in/photostream
http://www.flickr.com/photos/gerakankemanusiaan/6078962699/in/photostream
http://www.flickr.com/photos/gerakankemanusiaan/6078962587/in/photostream



[reaction_buttons]

advertisement