Kontingen UI di PIMNAS XXIV: UI yang Terbaik

Oleh : Claudio Ananda Putra-PO OIM UI 2011, 24 Juli 2011

Menjadi nomor satu itu tidak mudah. Menjadi nomor 1 ketika di bangku SD, SMP, SMA hingga kuliah juga jelas tidak mudah. Butuh kualitas dan konsistensi. Tapi, ternyata tidak hanya 2 hal itu faktor penentu untuk menjadi yang nomor satu. Ada faktor lain, yaitu mental juara, suatu mental yang siap menang dan siap kalah. Saya yakin siapa pun diantara kita yang pernah menjadi juara kelas atau siswa terbaik di sekolahnya, pasti pernah mengalami saat-saat dimana prestasi akademik mengalami penurunan atau ada nilai salah satu mata pelajaran yang kurang bagus.

Tapi apa itu membuat kita lantas jadi hilang arah ? Saya yakin tidak. Karena buktinya teman-teman peserta PIMNAS XXIV semua kemarin dipertemukan selama 5  hari untuk membawa nama universitas terbaik di negeri ini: Universitas Indonesia.

Teman-teman semua jadi bukti bahwa UI memang nomor satu. Dengan jumlah kontingen kurang dari 30 orang (ditambah saya dan kak ayat yang bukan peserta) nyali kita tidak hilang melihat kontingen ITS, UGM, IPB, Unbraw, dsb. yang memang jauh lebih banyak. Kalau bukan karena mental juara yang telah teruji puluhan tahun mustahil UI, yang pada malam kamis itu diwakili teman-teman, tetap punya nyali dan semangat besar meneriakkan Pekik UI dengan jumlah orang yang sedikit.

Meskipun pada PIMNAS UI belum bisa berbicara banyak, namun UI tidak kehilangan arah dalam mengukir prestasi karena UI punya mental juara.Apakah jika universitas-universitas lain berada seperti pada posisi teman-teman malam itu yang menyandang status peringkat satu nasional tapi dengan jumlah kontingen yang sedikit, masih bisa seperti semangat teman-teman? Belum tentu. Tapi teman-teman telah buktikan mental juara UI tidak bisa diukur dengan jumlah.

Tetap semangat semuanya!! Ayo kita beri dorongan untuk mahasiswa UI yang lain untuk aktif membuat PKM karena UI punya potensi besar menjadi juara umum PIMNAS 😀

Info UI to PIMNAS:

Facebook: Group UI to PIMNAS
Twitter: @UItoPIMNAS
Website: uitopimnas.co.nr

Leave a Comment