Ada dua tipe orang yang pasti kamu sering liat. Satu, orang yang banyak ngomong tapi semuanya omong kosong. Dua, orang yang jarang ngomong, tapi sekalinya ngomong bawa-bawa data yang lengkap dan omongannya tersusun rapi, argumentative, dan verifikatif. Orang yang pertama, mungkin gak selalu omong kosong dan mungkin memang bercanda doang. Tapi orang yang kedua, kemungkinan besar bukan orang sembarangan. Mungkin, orang yang kedua itu adalah anggota KSM Eka Prasetya Universitas Indonesia.

Ulang tahun ke-32 via @ksmepui

Ulang tahun ke-32 via @ksmepui

Hah? Gimana ceritanya?

Ya, mungkin aja. Buat yang belum tahu, KSM Eka Prasetya atau Kelompok Studi Mahasiswa Eka Prasetya adalah salah satu komunitas mahasiswa di UI yang udah ada sejak 32 tahun yang lalu. KSM Eka Prasetya ini mendefinisikan diri sebagai lembaga keilmuan multidisiplin. Maksudnya adalah mereka adalah lembaga yang sering meneliti tapi gak cuma mendasarkan penelitian pada satu disiplin ilmu saja, melainkan multidisiplin! Bacanya aja bikin kamu merasa itu adalah hal yang pinter gitu kan?

KSM Eka Prasetya ‘bermarkas’ di Pusgiwa lantai dua, di sekretariat KSM, dan punya agenda mingguan bahkan punya beberapa research project yang besar. Inti dari KSM Eka Prasetya ini memiliki 3 core, yaitu kajian, penelitian dan penulisan. Beuh, mahasiswa banget! Fakta itu data loh, bukan omong kosong doang!

Buat kamu yang baru aja masuk UI dan gak tau menahu perkara pengkajian, penelitian maupun penulisan (meskipun udah lama masuk UI pun gak selalu menjamin kamu tahu, siap atau aja kamu males), ide bagus banget untuk gabung sama KSM Eka Prasetya karena selain diajarin seluk-beluk penulisan dan penelitian, which is good for your life here in UI, kamu juga akan punya banyak kenalan yang tentunya cerdas dan kritis dan akan sering ketemu untuk membahas isu-isu aktual ataupun tema-tema yang disusun sebelumnya oleh departemen kajian penelitian dan penulisan KSM Eka Prasetya.

advertisement

Nerd, kamu bilang? Eits jangan small-minded gitu dong, katanya anak UI?

KSM Eka Prasetya ini pernah juga membahas tema-tema yang dekat dengan kehidupan mahasiswa ’small-minded’ (mudah-mudahan small minded-nya temporary deh) dengan pendekatan yang cerdas, misalnya mengkaji tentang cinta dilihat dari mahzab Frankfurt Erich Form. Keren, kan?

KSM ini sering ngadain diskusi via ciptamedia.com

KSM ini sering ngadain diskusi via ciptamedia.com

Lagian, memang sudah seharusnya mahasiswa gak menyia-nyiakan kecerdasannya dengan menerima gitu aja segala perkara di dunia tanpa berpikir kritis atau coba mempertanyakan kembali permasalahan-permasalahan yang ada di sekitar sebagai pengabdian terhadap masyarakat dan lingkungan. Salah satu bentuk pengabdian KSM Eka Prasetya dibuktikan melalui latest project mereka, yaitu Research Camp ke Kotabaru, Kalimantan Selatan dengan tema penelitian ekonomi maritim.

Perks lainnya, selain yang disebutin di atas, anggota-anggota KSM Eka Prasetya Universitas Indonesia ini langganan mapres loh! Nah, seru kan punya temen-temen yang pinternya setara mapres, atau malah kalau kamu gabung, kamu juga bisa jadi mapres!

Mau gabung? Siap-siap aja, KSM Eka Prasetya akan kembali melakukan oprec. Oprec mereka setahun sekali, dan biasanya awal tahun yaitu sekitaran bulan Februari. Eits, ini emang oprec, tapi tentu ada tesnya. Bukti lagi bahwa emang yang masuk sini bukan orang sembarangan. Tertarik?

advertisement

Ayo share tulisan ini via Facebook, Twitter, dan Line, supaya banyak orang yang tahu tentang KSM Eka Prasetya dan mungkin tertarik untuk bergabung!

Klo kamu adalah mahasiswa yang suka ikut komunitas, di AnakUI.com sendiri sudah ada tulisan tentang komunitas yang recommeded banget buat kamu ikutin, yaitu:

1. Oprec Mapala UI 2015: Daftar Sekarang atau Tunggu 2 Tahun Lagi!

2. Video-video Penampilan Terbaik Paduan Suara Paragita Universitas Indonesia

3. Komunitas Hijau UI, Green Community University of Indonesia

4. Komunitas Langit Sastra

5. Komunitas Online, Bikun Online



[reaction_buttons]