Bagi temen-temen yang anker (anak kereta) banget, pasti pernah ngalamin turun di stasiun UI dan menemukan antrian ngetap gate out kayak ngantri registrasi ulang di Balairung, khususnya mendekati pukul delapan pagi. Udah buru-buru, belum lagi ada orang yang kartunya gak bisa ditap atau macet-macet iseng gitu, jadi harus manggil petugas biar bisa keluar. Bete dong pasti udah ngantre panjang-panjang ternyata masih ada problem kayak gitu?

Nah, itu sih kalo orang lain yang ngalamin, jadi ya udah biarin aja urusan dia sama keluarganya yang metal metal. Kalo kamu sendiri yang ngalamin? Malu dong? Hahahaha apalagi di belakang kamu banyak banget orang-orang bermuka panik takut telat masuk kelas sambil dalam hatinya bergumam “Ah ini orang nyusahin aja sih udah ngantri panjang, pake bikin macet segala.”

Mau taro dimana mukaaaa? Hehehe.

Oleh karena itu, anakui.com hadir dengan memberikan solusi yang tidak solutif bagi kamu yang anker dan sangat mungkin mengalami kejadian hal tersebut. Check this out aja yuk, ini dia langkah-langkah yang bisa kamu gunakan ketika gak bisa ngetap kartu commuter line!

BACA JUGA: Gelang Multitrip Commuter Line pasti Keren Banget Kalo Bisa Ngelakuin Hal-Hal Ini

 

advertisement

Langkah 1: Stay Cool

Langkah 1: Stay Cool via cumacumae

Langkah 1: Stay Cool via cumacumae

Langkah pertama yang harus kamu lakuin kalo kartunya gak bisa ditap ya stay cool aja, siapa tau emang mesinnya butuh waktu untuk membaca kartu yang lain. Sama aja kayak masalah hati, kalo hati yang lama udah pergi, butuh waktu yang lama untuk membaca sinyal-sinyal dari hati yang baru, bukan? Halah.

Intinya jangan panik, apalagi teriak-teriak “BAPAAAAK INI KENAPA KARTU SAYA???? SAYA GA BISA KELUAR PAAAK” Sambil mengais-ngais tanah dengan dramatis. Jangan ya, apalagi sambil ngedorong-dorong nganuannya (jujur gue gak tau namanya apa itu pintu yang muter-muter otomatis). Kalo kamu maksa ngedorong pintunya nanti mesinnya bunyi-bunyi, berisik, semua panik deh. Jangan juga coba-coba keluar lewat kolong pintu atau lompat, emangnya situ spaydermen?

 

Langkah 2: Coba lagi

Langkah 2: Coba lagi via ade-supriyatna-smile

Langkah 2: Coba lagi via ade-supriyatna-smile

Setelah kamu tetap tenang dan stay cool, coba tap lagi aja setelah beberapa detik. Jangan nunggu satu jam juga kali, itu mah gak usah masuk kelas aja sekalian, nanti aja datengnya pas wisuda. Kalo kartu kamu emang sudah berumur renta, pusatkan pada bagian chipnya, biasanya terletak di ujung kanan atas kalo pake kartu Multi Trip, kalo THB ya jarang ada yang rusak sih chipnya. Beri sedikit hentakkan dan penekanan biar chip yang agak soak itu bisa kebaca lagi.

Inget: pantang menyerah, masa dikasih cobaan dikit aja langsung gak sanggup?

 

advertisement

Langkah 3: Geser-Geser Cantik

Langkah 3: Geser-Geser Cantik via gmanetwork

Langkah 3: Geser-Geser Cantik via gmanetwork

Kalo langkah 2 gak efektif juga buat ngetap kartu kamu, pura-pura geser aja HEHEHEHE siapa tau mesin sebelah bisa baca kartu kamu dengan optimal. Sekali-kali ngelanggar aturan  gak apa lah ya (sesat). Ya kali kamu mau ngegeser ke sebelah tapi ngantri dari belakang lagi, udah gitu pas nyampe depan mesinnya gak bisa juga, ampe dinosaurus reinkarnasi juga gak kelar-kelar ya.

 

Langkah 4: Panggil Petugas

Langkah 4: Panggil Petugas via jakartabytrain

Langkah 4: Panggil Petugas via jakartabytrain

Cara licik di atas gak bisa digunakan juga? Panggil pahlawan bertopeng aja, mereka siap sedia membantu kamu untuk mengatasi masalah ini. Tapi sih kalo kamu lagi sial, petugasnya akan berada nun jauh di sana yang mengharuskan kamu teriak-teriak “MAAAS TOLONG MAAAS KARTU SAYA, KARTU SAYA MAAAS”. Gitu. Baru deh doi dateng buat bantuin kamu keluar. Kadang kalo kartu kamu emang udah gak bisa diharapkan lagi, biasanya ada kartu khusus punya petugas buat ngetap di situ, warnanya putih. Gue mau deh beli kartu yang kayak gitu, gak ada saldonya, unlimited, pasti keren langsung jadi juragan Commuter Line.

 

Langkah 5: BUANG AJA KARTUNYA. GANTI YANG BARU

Langkah 5: BUANG AJA KARTUNYA. GANTI YANG BARU via suara

Langkah 5: BUANG AJA KARTUNYA. GANTI YANG BARU via suara

Ya ini cara terakhir kalo semua langkah di atas gak bisa dipenuhi. Apa boleh buat, sesuatu yang dipaksain itu emang gak baik, jadi ya udahin aja hubungan kamu sama kartu yang udah rusak itu. Gak selamanya prinsip nenek moyang yang mengatakan “Kalo ada barang yang rusak itu diperbaiki, bukan diganti” itu benar kok. Andaikan ada tukang reparasi kartu Commuter Line, mau aja deh gue benerin, sekalian modif tampilannya pake custom design muka gue sendiri biar kalo ilang gampang ditemuin.

Jadi, gitu aja sih langkah-langkah yang bisa kamu terapkan kalo kartu Commuter Line mu gak bisa ditap keluar ketika orang-orang lagi pada hectic takut telat sementara kamu cuma bisa cengar-cengir “Hehehe maap ya all lama, kartu gue emang rada soak”. Selamat berkereta!



[reaction_buttons]