Mau Lanjut Kuliah di Luar Negeri? Ini Manfaat yang Akan Kamu Dapatkan!

Selain karena alasan pribadi, sebenarnya kuliah di luar negeri juga memiliki banyak manfaat, lho! Apa saja ya? Simak ulasan di bawah ini!


0

Manfaat melanjutkan kuliah di luar negeri. Setelah lulus kuliah, setiap orang memiliki beragam pilihan untuk melanjutkan karirnya. Ada yang memutuskan untuk bekerja, ada yang membuka usaha, ada yang akhirnya berkeluarga dan ada juga yang memilih untuk melanjutkan studinya.

Melanjutkan kuliah merupakan impian bagi banyak orang, termasuk untuk melanjutkan kuliah di luar negeri. Meskipun institusi pendidikan di dalam negeri juga tidak kalah dengan luar negeri, namun banyak orang yang menginginkan untuk melanjutkan kuliah di dalam negeri.  Hal ini dipilih pastinya karena berbagai alasan seperti ingin mencoba hal baru, bidang studi yang lebih spesifik, fasilitas pembelajaran yang lebih lengkap, ingin memiliki pengalaman internasional, dan lain-lain.

Selain karena alasan pribadi, sebenarnya kuliah di luar negeri juga memiliki banyak manfaat, lho! Apa saja ya? Simak ulasan di bawah ini!

1. Belajar Hidup Mandiri

Belajar hidup mandiri

Salah satu manfaat yang pastinya akan terlihat signifikan adalah kamu akan menjadi lebih mandiri. Hidup jauh dari tempat tinggal bahkan negaramu dan juga jauh dari orang tuamu akan membuatmu harus berusaha beradaptasi dengan cepat dan mengurus dirimu sendiri. Kamu harus belajar mulai dari mengatur makanan kamu atau mungkin belajar memasak, belanja bulanan, belajar membersihkan rumah sendiri seperti menyapu, mengepel hingga belajar mencuci atau menyeterika baju kamu. Kamu juga harus bisa mengatur sendiri setiap harinya bagaimana pakaian kamu, kebersihan tempat tinggal kamu, makanan kamu, dan juga tugas kuliah kamu.

Tapi, pastinya belajar hidup mandiri akan bermanfaat untuk kamu nantinya dan akan menjadi pengalaman yang berharga karena kamu benar-benar bisa belajar bagaimana cara mengatur hidup kamu sendiri. Selain itu, kamu juga akan lebih terbiasa untuk melakukan segalanya sendiri.

BACA JUGA: Tips Mengelola Keuangan Untuk Mahasiswa, Wajib Coba!

2. Mengenal kebudayaan baru

Kebudayaan Baru (sumber: umn.ac.id)

Berada di negara berbeda pastinya memiliki kebudayaan yang berbeda pula. Hal ini akan sangat menarik karena kamu bisa mengetahui mulai dari kebiasaan, sejarah bahkan makanan yang unik di negara yang kamu tinggali. Selain itu, saat kuliah nanti kamu juga pasti akan menemui berbagai orang dengan berbagai kebudayaan yang berbeda sehingga bisa memperluas wawasan kamu dan juga jika ada kebiasaan yang baru kamu ketahui dan merupakan kebiasaan yang positif untuk kamu, kamu dapat mengikutinya.

3. Lebih fleksibel belajar mengelola uang

Mengelola uang kuliah luar negeri (sumber: thepennyhoarder.com)

Hidup sendiri akan membuat kamu harus mengatur segalanya sendiri, termasuk keuangan kamu. Mungkin selama ini kamu juga diberikan uang saku bulanan dan biasa mengelolanya, tapi hal ini akan berbeda karena kamu tinggal jauh dari orang tua sehingga kamu harus benar-benar mengelola keuangan kamu dengan baik. Apalagi jika kamu juga mengandalkan uang saku dari part time atau beasiswa, pasti kamu akan lebih berusaha mengelola uang dengan baik. Hal ini akan baik untuk kamu termasuk saat nanti bekerja karena mengelola uang adalah hal yang penting juga dalam pekerjaan.

BACA JUGA: Yuk Intip Kiat Sukses Jadi Mahasiswa Rantau

4. Meningkatkan kemampuan bahasa

Meningkatkan kemampuam bahasa (sumber: somecards.com)

Berada di luar negeri akan membuat kamu lebih terbiasa untuk berbahasa inggris, jadi secara tidak langsung selain belajar sesuai studi kamu, kamu juga bisa mengasah kemampuan bahasa inggris kamu lebih baik lagi secara gratis. Hal ini akan bermanfaat nantinya saat di dunia kerja, karena saat ini di Indonesia pun sudah banyak perusahaan yang terbiasa menggunakan bahasa inggris sehingga ini akan lebih mempermudah kamu mulai dari nanti saat interview ataupun saat bekerja. Selain itu, jika negara yang kamu tinggali memiliki bahasa sendiri kamu juga bisa mempelajarinya dengan mudah mulai dari melalui teman atau melihat lingkungan sekitar. Hal ini akan menambah juga kemampuan bahasa kamu.

5. Memperluas relasi

Manfaat lain yang bisa kamu dapatkan adalah kamu bisa memperluas relasi kamu jika kamu kuliah di luar negeri. Kamu akan menemui banyak teman dari berbagai negara sehingga bisa memperluas koneksi kamu. Selain itu, jika kamu memang juga memimpikan untuk bekerja di negara tersebut kamu bisa lebih mudah membangun relasi mulai dari saat kuliah karena kamu telah berada di negara tersebut.

Itu dia beberapa manfaat yang bisa kamu peroleh jika kamu kuliah di luar negeri. Jadi,sudah yakin untuk melanjutkan studi ke luar negeri?

BACA JUGA: Informasi Lengkap Beasiswa Australia Awards 2020

[zombify_post]


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

like like
0
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf
Matary Puspita Gatot
Orang-orang biasa memanggilku Tary. Aku lulusan Teknik Metalurgi dan Material angkatan 2015. Selain menulis, aku tertarik mempelajari hal-hal baru dan tertarik pada dunia beauty dan entertainment.

0 Comments

Leave a Reply